Connect with us

Highlight 1

Cryptocurrency dan 6 Jenis Aset Crypto Lainnya

Published

on

jenis cryptocurrency

Istilah “cryptocurrency” dan “cryptoassets” sering digunakan secara bersamaan. Namun faktanya, cryptocurrency hanyalah salah satu dari tujuh jenis cryptoassets yang berbeda satu sama lain. Untuk menjadi investor crypto terdidik, Anda harus memperhatikan lebih dari sekadar cryptocurrency.

Tujuh jenis cryptocurrency yang harus diperhatikan oleh investor.

Berikut ini tujuh jenis cryptocurrency yang harus diperhatikan oleh investor.

1. Cryptocurrency

Mari mulai dengan cryptoassets terbesar dan paling terkenal, cryptocurrency. Cryptocurrency seperti Bitcoin dirancang memang untuk bertransaksi dengan cara yang mirip dengan mata uang tradisional. Mereka bertindak sebagai penyimpan nilai dan media transfer. Anda dapat mengirim Bitcoin kepada seseorang dengan imbalan barang atau jasa. Anda dapat menyimpan kekayaan Anda dalam bentuk Bitcoin. Bitcoin dan cryptocurrency lainnya tidak menunjukkan tanda-tanda melambat, dan cryptocurrency kemungkinan akan terus menjadi kelas cryptoasset terbesar yang bergerak maju.

2. Platform Token

Platform token adalah cryptoasset yang memiliki kelas besar lainnya. Eter (ETH) dari blockchain Ethereum adalah token platform crypto terbesar di dunia. ETH dan token serupa memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan platform. Dalam kasus ETH, Anda dapat menggunakan ETH untuk berinteraksi dengan aplikasi yang didesentralisasi di jaringan Ethereum. ETH secara tradisional juga digunakan untuk berpartisipasi dalam ICO (Initial Coin Offering), karena saat ini semakin banyak perusahaan meluncurkan token mereka, seperti token ERC20. Cosmos, Aion, dan ICON adalah token platform serupa.

3. Token Utilitas

Advertisement

Token Utilitas adalah istilah lain yang banyak digunakan di seluruh komunitas crypto tanpa pemahaman yang sempurna tentang apa itu token utilitas. Secara umum, token utilitas adalah aset blockchain yang dapat diprogram dan diklaim dalam suatu aplikasi. Golem, misalnya, adalah token utilitas. Anda dapat menggunakan Golem untuk mengakses kekuatan gabungan banyak smartphone di dunia — yang secara efektif menjadi superkomputer global yang dapat diakses siapa pun menggunakan token Golem.

Cryptocurrency (mata uang kripto) dan cryptoassets (aset kripto) adalah dua hal yang berbeda, tetapi tidak mengherankan jika banyak orang yang sering keliru dengan satu sama lain. Hal ini dikarenakan keduanya diperdagangkan pada platform yang sama dan mereka dapat ditukarkan satu sama lain. Untuk membantu Anda memahami lebih jelas mengenai perbedaan keduanya, berikut ini penjelasan empat aset kripto. Artikel ini lanjutan penjelasan tiga jenis aset kripto dan jenis jenis cryptocurrency yang harus diperhatikan oleh para investor yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

4. Token Sekuritas

Token sekuritas merupakan cryptoasset utama dan menjadi yang paling kontroversial. Sekuritas perlu diatur di bawah hukum sekuritas nasional, misal SEC yang bertanggung jawab mengatur penjualan dan pertukaran sekuritas di Amerika Serikat. Token sekuritas harus berada di bawah yurisdiksi SEC, meskipun tidak sepenuhnya jelas seperti apa bentuknya. Namun secara umum, token sekuritas adalah obligasi digital asli, ekuitas, dan sekuritas lain yang tersedia untuk peer-to-peer trading tanpa perantara keuangan.

5. Token Aset Alami

Beberapa jenis cryptoasset mewakili barang fisik dan aset alami. Anda dapat menemukan representasi berbasis blockchain dari berbagai macam barang berwujud seperti emas, minyak, dan karbon, misalnya. Aset berbasis blockchain ini dapat diperjual belikan dan diperdagangkan semudah token berbasis teknologi blockchain. Royal Mint dari Inggris, misalnya, baru-baru ini bermitra dengan Chicago Mercantile Exchange untuk menciptakan Royal Mint Gold. Ini adalah token emas digital yang didukung oleh cadangan emas batangan asli di brankas Royal Mint.

6. Cryptocollectibles

Advertisement

Cryptocollectibles (kripto yang dapat dikoleksi) adalah jenis cryptoasset populer lainnya, meskipun bisa dibilang termasuk yang paling dihargai oleh investor. Meskipun demikian, sama seperti koleksi dunia nyata, cryptocollectibles dapat mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu dan dapat menghadirkan peluang yang baik. CryptoKitties, misalnya, memungkinkan pengguna untuk membeli, membesarkan, dan membiakkan hewan peliharaan virtual yang unik. Aplikasi berbasis Ethereum itu menjadi berita utama di tahun 2017 karena hampir membuat mati jaringan Ethereum akibat volume transaksi yang berlebihan. Setiap aset digital berbasis teknologi blockchain yang unik dapat diubah menjadi cryptocollectible.

7. Crypto-fiat Currencies

Crypto-fiat Currencies (mata uang fiat kripto) mungkin terdengar seperti oxymoron(kontradiksi). Fiat currency adalah mata uang yang nilai tukarnya dikendalikan pemerintah, misal uang kertas rupiah. Saat ini terlihat semakin banyak bank nasional yang menawarkan representasi berbasis teknologi blockchain dari mata uang fiat nasional mereka. Pada 2017, misalnya, Venezuela meluncurkan cryptocurrency yang disebut Petro. Ini adalah mata uang yang dikendalikan oleh pemerintah yang berbasis blockchain yang didukung oleh cadangan minyak besar negara. Tujuan crypto-fiat currencies adalah untuk membuat pasar lebih efisien, merangkul manfaat aset blockchain sambil mengurangi kerugian dari aset fiat. Dengan berinvestasi pada berbagai jenis crypto-fiat currencies ini, maka Anda akan mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia – meskipun secara teoritis crypto-fiat currencies akan lebih cocok dengan sesama fiat dunia nyata.

Itulah 7 jenis cryptoassets yang harus diperhatikan oleh para investor, khususnya untuk Anda yang baru ingin berinvestasi dalam cryptoassets atau jenis cryptocurrency lainnya. Berbagai jenis cryptoassets ini telah mengubah industri di seluruh dunia – dari layanan keuangan, logistik, hingga manufaktur. Beberapa perubahan dunia itu terkait dengan cryptocurrency seperti bitcoin, dan perubahan lain terkait dengan salah satu dari enam jenis cryptoassets lainnya yang dibahas dalam dua artikel. Untuk itu, bagi Anda, para investor harus membiasakan diri dengan semua cryptoasset yang tercantum di atas untuk memastikan bahwa Anda benar-benar memahami pasar kripto. Anda dapat memperoleh lebih banyak lagi informasi seputar dunia kripto melalui portal berita crypto di www.coindaily.co.id.

 

 

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular