Dilansir dari CryptoGlobe, beberapa merek olahraga profesional, seperti halnya merek lain, telah mengeksplorasi penggunaan kripto untuk meningkatkan keterlibatan penggemarnya. Artikel ini membahas beberapa contoh menarik dari hal tersebut.

American Football

Pada 12 Juli 2019, Litecoin Foundation mengumumkan bahwa Litecoin (LTC) telah menjadi Mata Uang Kripto Resmi Miami Dolphins. Kolaborasi ini, yang akan diluncurkan pada awal musim National Football League (NFL) 2019, akan memberikan Litecoin kemampuan untuk memasuki salah satu basis penggemar NFL terbesar dan paling bersemangat melalui peluang branding dan pengiklanan dalam game di Hard Rock Stadium, serta penyertaan di berbagai properti online tim dan konten digital.

Siaran pers itu juga menyebutkan bahwa Miami Dolphins, Litecoin Foundation, dan Aliant Payments (pemroses pembayaran yang berbasis di Florida) bergabung untuk memberi peserta permainan “kemampuan bermain di rumah dengan Litecoin dan Bitcoin” ketika membeli tiket. Setengah dari hasilnya akan disalurkan ke Miami Dolphins Foundation dan tujuan amal mereka.

Bola basket

Pada 15 Juli 2019, The Cleveland Cavaliers (alias “The Cavs“), tim bola basket profesional Amerika yang berbasis di Cleveland, Ohio, yang bersaing di National Basketball Association (NBA), serta klub olahraga yang berafiliasi dengan Cavs Legion GC (NBA2KL), mengumumkan bahwa mereka telah bermitra dengan penyedia mata uang kripto UnitedCoin. Kemitraan ini akan membawa kesadaran terhadap merek dan platform UnitedCoin, sambil memberikan Cavs sumber daya untuk memanfaatkan lanskap teknologi keuangan yang sedang berkembang tersebut.

UnitedCoin adalah platform transaksi multi mata uang yang menggunakan teknologi blockchain untuk menawarkan kepada para anggotanya layanan yang sepenuhnya diatur dan diasuransikan, serta mereka dapat berdagang kripto dan mata uang tradisional.

Sebagai hasil dari kemitraan ini, UnitedCoin menjadi “Mitra Mata Uang Kripto Resmi” dari Cavs Legion, yang berarti visibilitas merek UnitedCoin berada di saluran media sosial tim dan pengadilan rumah virtual selama bermain game di NBA 2K League. Kemitraan ini juga mencakup iklan (signage) LED di dalam Rocket Mortgage FieldHouse selama pertandingan Cavs dan peluang branding lainnya di seluruh aktivasi tim dan konten selama musim 2019-20 mendatang.”

Kickboxing

Pada tanggal 27 Desember 2018, Litecoin Foundation mengatakan bahwa Litecoin telah menjadi sponsor kripto pertama untuk sebuah acara yang diselenggarakan oleh perusahaan promosi seni bela diri campuran Ultimate Fighting Championship (UFC): UFC 232 (JONES vs. GUSTAFFSON 2), yang merupakan acara utama dalam pertandingan ulang antara mantan juara kelas berat ringan UFC Jon Jones melawan kelas berat ringan UFC Alexander Gustafsson yang berlangsung pada 29 Desember 2018.

Advertisement

Dua bulan kemudian (pada 26 Februari 2019), Litecoin Foundation mengeluarkan siaran pers yang mengatakan kepada dunia bahwa mereka telah bermitra dengan Glory Kickboxing (“GLORY”), yang mengoperasikan salah satu liga kickboxing profesional terkemuka dunia. Sebagai hasilnya Litecoin menjadi mata uang kripto resmi liga tersebut.

Sepak Bola

Pada tanggal 6 Juni 2019, sebuah putusan melaporkan bahwa Sport Lisboa and Benfica(alias “SL Benfica“, alias “SLB“, alias “Benfica“) melakukan kemitraan dengan prosesor pembayaran kripto UTRUST. SLB menjadi tim sepak bola Eropa besar pertama yang memungkinkan para penggemarnya membayar tiket dan memperdagangkannya dengan kripto. SLB adalah klub olahraga yang paling dihiasi dan paling populer di Portugal.

Laporan itu mengatakan bahwa lebih dari 14 juta penggemar SLB di seluruh dunia dapat membayar menggunakan Bitcoin (BTC) atau Ether (ETH) di seluruh jajaran produk yang tersedia di toko online Benfica.

Sumber: CryptoGlobe