Dubai: Fintech Wethaq Bermitra dengan R3 untuk Mengembangkan Platform Pasar yang Sesuai Syariah

0
58

Perusahaan fintech yang berbasis di Dubai, Wethaq, telah menandatangani kemitraan strategis dengan perusahaan perangkat lunak perusahaan R3, dalam rangka menciptakan platform untuk penerbitan dan perdagangan sekuritas sukuk berdasarkan penawaran R3 Corda.

Menurut siaran pers pada 28 Agustus, platform Wethaq dibangun di atas platform blockchain perusahaan sumber terbuka R3 Corda, dan perusahaan telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa itu juga sesuai dengan Hukum Syariah.

Platform Wethaq dilaporkan dirancang untuk meningkatkan infrastruktur pasar untuk penerbitan dan perdagangan sekuritas sukuk. Sukuk sangat diatur dan menuntut banyak waktu untuk penerbitan. Wethaq berharap untuk mengotomatisasi dan merampingkan proses ini, serta seluruh siklus hidup sukuk.

Sukuk adalah jenis sertifikat keuangan yang mirip dengan obligasi yang sesuai dengan Hukum Syariah Islam. Sukuk berbeda dari obligasi tradisional dalam hal itu menunjukkan kepemilikan parsial dalam suatu aset, sedangkan obligasi adalah kewajiban utang. Karena sukuk berbagi risiko dengan aset pendukung, pemegang tidak dijamin untuk menerima kembali investasi awal mereka.

CEO R3 David Rutter berbicara tentang kemitraan ini, mengatakan bahwa R3 percaya Corda dapat memodernisasi ekonomi di Saudi Arabia dan Timur Tengah pada umumnya. CEO Wethaq, Mohammed Alsehli, juga mengomentari kemitraan tersebut, membahas tujuan menyeluruh dari kedua perusahaan dengan mengatakan:

“Fokus bersama kami adalah membangun infrastruktur keuangan kelas dunia di Arab Saudi, sejalan dengan Visi Kerajaan 2030, dan Uni Emirate Arab, sesuai dengan agenda fintech ambisius mereka, sebelum kami berekspansi ke seluruh Timur Tengah dan Asia Tenggara.”