Dilansir dari InsideBitcoins, Denis Baykov, pria Rusia yang baru-baru ini bekerja di fasilitas hulu ledak nuklir yang dimiliki oleh pemerintah Rusia, didenda oleh pihak berwenang karena menjalankan operasi penambangan Bitcoin ilegal di tempat kerjanya.

Menurut sebuah pengumuman dari pengadilan Rusia minggu lalu, Baykov dan dua karyawan lainnya ditangkap Februari lalu ketika mencoba menambang Bitcoin di All-Russian Scientific Research Institute of Experimental Physics di Sarov, Wilayah Nizhny Novgorod, fasilitas nuklir era Stalin, tempat hulu ledak atom pertama untuk Uni Soviet dikembangkan.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa orang-orang itu ditangkap tahun lalu ketika mencoba menambang Bitcoin dengan menggunakan komputer di fasilitas tersebut. Mereka dituduh melanggar hak-hak karyawan mereka dengan mencoba mengambil keuntungan dari manfaat tertentu, termasuk kelimpahan listrik dan fasilitas superkomputer. Menurut banyak laporan, fasilitas superkomputer itu didukung oleh sistem yang berjalan pada satu petaflop (setara dengan 1.000 triliun transaksi per detik).

Fasilitas itu biasanya dikunci, atau dalam akses terbatas untuk anggota masyarakat. Selain pagar yang kokoh di sekitarnya, fasilitas ini juga dijaga ketat 24 jam.

Selain mengeksploitasi akses mereka, Baykov dan teman-temannya, yang awalnya disewa untuk membantu memelihara fasilitas, juga dituduh secara ilegal mendapatkan akses ke superkomputer dan melanggar peraturan fasilitas tentang penyimpanan informasi. Tatyana Zalesskaya, juru bicara lembaga itu, mengatakan kepada media Rusia RBCbahwa para penjahat tersebut secara ilegal menggunakan kekuatan komputasi pemerintah untuk keperluan pribadi, termasuk untuk penambangan kripto.

Atas kejahatannya, Baykov kini telah didenda 450.000 rubel (sekitar US$7.000). Media Rusia Meduza juga mengungkapkan bahwa dua pria lain saat ini sedang menunggu hukuman mereka.

Penggunaan fasilitas pemerintah dalam operasi penambangan bukanlah hal yang baru. Pada bulan Agustus 2019 lalu, sebuah laporan dari UNAIN mengungkapkan bahwa Dinas Keamanan Ukraina (SBU), agen kontra intelijen terkemuka di negara itu, merusak fasilitas penambangan ilegal. Menurut laporan itu, operator SBU ditangkap di pembangkit listrik tenaga nuklir yang berlokasi di Yuzhnoukrainsk. Orang-orang itu dilaporkan ingin mendapatkan koneksi Internet untuk menjalankan peralatan mereka, dan untuk mendapatkan koneksi internet itu, mereka membahayakan keamanan umum pabrik.

Advertisement

Pada hari yang sama, cabang Pengawal Nasional Ukraina menemukan banyak peralatan penambangan di pabrik. Setelah pencarian, pejabat dilaporkan menemukan tujuh hard drive, dua solid-state drive, 17 kartu video GPU, dan sebuah router. Satu kesamaan yang dimiliki oleh pembangkit nuklir dan penambangan mata uang kripto adalah ketersediaan listrik. Pada dasarnya, fasilitas ini menghadirkan tempat persembunyian yang sempurna bagi siapa saja yang ingin menambang mata uang kripto secara ilegal dan anonim.

Sumber: InsideBitcoins