Bea Cukai Finlandia Enggan Jual 1.666 Bitcoin Hasil Sitaan

0
27
Bea Cukai Finlandia yang dikenal sebagai Tulli telah mengumpulan 1.666 Bitcoin sitaan sejak 2016.  Namun Tulli tidak menjual Bitcoin itu karena ditakutkan akan digunakan untuk aksi kejahatan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sebetulnya pihak Bea Cukai sudah menyusun rencana pada September 2018 untuk melakukan pelelangan, tetapi para pejabat khawatir jika proses tersebut bisa membuat banyak aksi kejahatan dan menjadi boomeran bagi Bea Cukai

“Dari sudut pandang kami, masalahnya secara khusus terkait dengan risiko pencucian uang. Pembeli [cryptocurrency] jarang menggunakannya untuk usaha normal,” ujar Direktur Tulli Pekka Pylkkanen, dikutip dari Coindesk.

Tulli menyita banyak Bitcoin sebagai barang bukti aksi dark net, saat itu Bitcoin diperdagangkan sekitar $570, artinya 1.666 BTC bernilai sekitar $950.000. Jika berdasarkan harga Bitcoin sekarang yang bernilai $8.784 maka sitaan Bitcoin yang dimiliki Finlandia memiliki harga $14,6 juta setara dengan Rp208 milliar.

Baca juga: Harga Bitcoin Capai $9.400 di Rally Berbasis Asia

Pada tahun 2018, pemerintah Finlandia pun  melarang pejabat bea cukai untuk mencoba menjual bitcoin yang disita di bursa atau platform perdagangan, sebagai gantinya memerintahkan agen untuk memegang aset digital yang disita dalam solusi penyimpanan dingin yang aman.

Klaim Pylkkanen bahwa sebagian besar pemegang crypto menggunakannya untuk tujuan terlarang tidak didukung oleh angka. Sebuah laporan November dari perusahaan analitik blockchain Elliptic menyarankan $ 829 juta dalam bitcoin, hanya 0,5 persen dari semua transaksi, terkait dengan web gelap.

Negara lain yang Menyita Bitcoin

Tulli bukan satu-satunya otoritas pemerintah yang harus memutuskan apa yang harus dilakukan dengan bitcoin yang disita, biasanya dengan nilai dolar beberapa kali lebih besar daripada ketika mereka pertama kali disita.

Pemerintah A.S, yang telah menyita bitcoin bernilai jutaan dolar selama bertahun-tahun, telah menyelenggarakan beberapa lelang online untuk bitcoin yang disita.

Bitcoin yang disita oleh otoritas Belgia dijual oleh sebuah rumah lelang online pada awal tahun 2019. Kemudian pada tahun itu, polisi AS menggunakan pelelang yang sama untuk menjual cryptocurrency senilai lebih dari $ 290.000 yang disita dari peretas remaja.

Sumber