Outlook Pasar Crypto di Quarter 2 2020

0
62

Bulan Maret merupakan bulan yang sangat spektakuler bagi aset crypto. Setelah hampir 2 bulan penuh sejak awal tahun 2020 hampir semua harga aset crypto naik, di awal Maret harga sempat anjlok hampir 50%, hanya untuk kembali naik ke zona yang sama dengan akhir 2019. Akankah harga aset crypto kembali naik dan mengembalikan optimisme para investor?

Gambar: Setelah turun, Bitcoin mencoba naik ke posisi yang sama dengan akhir 2019

Mari kita lihat harga dari raja aset crypto: Bitcoin. Selama bulan Maret harga Bitcoin sempat turun dari 9200-an USD ke 3800-an USD, turun lebih dari 50% hanya dalam beberapa hari saja, hanya untuk memantul ke zona 5900-an USD. Sejak hampir 2 minggu yang lalu, harga Bitcoin mulai memperlihatkan mulai adanya kenaikan secara bertahap menuju 7000-an USD.

Bagaimanakah kira-kira pergerakan harga Bitcoin di Quarter 2 2020?

Sepintas, optimisme dirasa akan kembali menjelang adanya event halving Bitcoin di minggu kedua bulan Mei dan ada 2 aset crypto lainnya yang akan mengalami halving lebih awal (BCH dan BSV). Namun, tidaklah bijak jika investor langsung masuk tanpa pertimbangan yang matang.

Pertama, aset crypto BCH dan BSV yang akan segera mengalami halving di bulan April, baru akan mengalami halving pertamanya, sehingga belum ada data yang bisa memberikan gambaran ke mana arah pergerakannya nanti.

Kedua, kondisi dunia di tengah pandemi virus corona (penyakit COVID-19) sekarang masih penuh dengan ketidakpastian. Jika kita melihat pasar ekonomi yang lain, memang sudah ada “recovery” contohnya di pasar saham IHSG dan DJIA

Gambar: Dow Jones Industrial Average sudah menunjukkan kenaikan

Jika diperhatikan, pergerakan harga aset crypto juga meniru pergerakan harga kedua index saham tersebut

Yang perlu kita waspadai adalah adanya “bull-trap” atau kenaikan harga sebentar di tengah-tengah “badai bearish” yang terjadi. Hal ini bisa menjebak para trader dan investor dan membuat mereka mengalami kerugian yang besar

Gambar: Skema siklus pasar dan bull trap

Apakah sekarang waktu yang tepat untuk beli aset crypto?

Tergantung manajemen uang dan resiko, sekarang bisa jadi saat yang tepat, bisa juga tidak. Walaupun harga masih ada potensi turun, jika manajemen uang dan resiko dilakukan dengan baik, kita masih bisa mendapatkan keuntungan yang cukup memuaskan.