Litecoin Geser XRP dalam Kapitalisasi Pasar, Ini Penyebabnya

0
131
litecoin dan xrp

Litecoin dan XRP terlihat baru saja bertukar posisi dalam urutan kapitalisasi pasar setelah Litecoin naik secara signifikan. Apresiasi dari Litecoin terlihat terjadi bersama dengan XRP yang masih terus turun walau saat ini sudah berkonsolidasi.

Banyak pihak yang terlihat senang dan terkejut akibat kabar pertukaran posisi ini akibat sentimen XRP yang masih negatif. Namun banyak pihak yang masih bertanya, apa penyebab dari pertukaran posisi ini.

Baca Juga: Riset: Hanya 4,2 Juta Bitcoin yang Likuid, Tanda Kenaikan Besar Lagi?

Litecoin Menggeser XRP

Secara singkat, pertukaran posisi ini terjadi akibat adanya apresiasi pada Litecoin dan depresiasi pada XRP. Pertukaran ini terlihat terjadi pada Hari Minggu kemarin, dimana Litecoin naik sekitar 12% dan XRP turun sekitar 25%.

Saat itu, kapitalisasi pasar Litecoin naik menjadi $9,95 Miliar yang membawanya untuk mengalahkan kapitalisasi pasar XRP. Pada saat itu, perbedaan kapitalisasi pasar hanya berbeda $1 Juta yang membuat kondisinya rentan.

Baca juga:XRP Makin Terpuruk, Adakah Harapan Untuk Bangkit?

Hasilnya, pergantian posisi ini tidak bertahan lama akibat saat ini kapitalisasi pasar XRP sudah naik kembali. Saat ini perbedaan kapitalisasi sudah terlihat signifikan, dimana kapitalisasi XRP berada di $10,4 Miliar dan Litecoin di $9,86 Miliar.

Hasilnya saat ini urutan kembali normal dimana XRP menduduki peringkat ke empat dan Litecoin menduduki peringkat ke lima. Kembalinya bergeser posisi ini terlihat terjadi akibat XRP yang naik dan mulai berkonsolidasi.

Dikabarkan bahwa pergantian posisi ini disebabkan oleh adanya dua sentimen yang berbeda sehingga kedua koin terpengaruh secara signifikan. Perbedaan kedua sentimen ini diakibatkan satu sentimen berasal dari fundamental dan satu sentimen dari eksternal.

Sentimen Pengaruh Pergeseran Posisi

Untuk XRP sentimen yang terlihat masih sama yaitu kasus persidangan dengan SEC atau Securities and Exchange Commision. Hingga saat ini mayoritas pasar masih menunggu keputusan tuntutan dan nasib XRP ke depannya.

Nasib XRP juga dibuat semakin buruk akibat banyaknya perlakuan delisting dari beberapa bursa besar secara internasional. Hasilnya saat ini sentimen terhadap XRP masih sangat negatif, namun harganya berhasil konsolidasi setelah turun sekitar 73% sejak adanya tuntutan.

Untuk Litecoin, saat ini harganya masih terlihat positif walau sedang terkoreksi. Apresiasinya yang membawa posisinya naik diprediksi pasar terjadi akibat sentimen positif yang dibawa Bitcoin.

Baca juga:Michaël van de Poppe: Bitcoin Berpotensi Mengangkat Altcoins

Saat Bitcoin naik, dari $20.000 hingga saat ini, Cointelegraph menemukan bahwa terjadi apresiasi yang cukup signifikan dalam pasar crypto. Signifikansi ini terlihat dari volume perdagangan yang terus naik terutama di akhir Desember 2020.

Oleh karena itu, mengingat Bitcoin masih punya kekuatan untuk naik setelah pemulihannya kemarin dan XRP yang masih terjerat kasus, kemungkinan Litecoin geser XRP kembali masih dapat terjadi. Tetapi kemungkinan besar hal ini dapat terjadi setelah Bitcoin naik kembali melewati $34.000.

sumber.