Connect with us

Bitcoin News

Harga Bitcoin Melemah? Ternyata Ini Penyebabnya

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Baru-baru ini Bitcoin melemah, disusul juga dengan harga aset kripto lainnya yang kompak menunjukkan tren pelemahan. Setelah mengalami sedikit kebangkitan harga di awal pekan, harga aset kripto yang populer kembali merosot dalam beberapa hari terakhir. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui informasi tentang Bitcoin dan Dominasi Bitcoin!

Bitcoin: Pionir Aset Kripto

Bitcoin merupakan aset kripto yang menjadi pionir munculnya berbagai macam koin lainnya. Bitcoin diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto dan pertama kali muncul ke publik pada tahun 2009. Transaksi Bitcoin menggunakan teknologi bernama blockchain membuat setiap orang dapat melihat transaksi tersebut sehingga menjadi lebih transparan.

Selain sebagai pionir di dalam dunia aset kripto, Bitcoin juga memiliki kapitalisasi pasar (market cap) yang paling besar di dunia diantara koin lainnya. Di awal tahun 2013 dominasi Bitcoin di market cap sebesar 95,92%, kemudian pada tahun 2017 dominasi Bitcoin 86,06%.

Saat ini, total kapitalisasi pasar btc usd mencapai angka 671,78 miliar USD atau jika dikonversi menjadi rupiah sekitar 9.673,63 triliun dalam kurs rupiah 14.400.

Bitcoin Dominance Turun, Bitcoin Mengalami Pelemahan

Pernahkah Anda mendengar tentang Bitcoin Dominance? jika Anda belum pernah mendengar mengenai Bitcoin Dominance ialah jumlah persen market cap Bitcoin terhadap total seluruh aset kripto. 

Contoh sederhananya, ketika Anda membuka web coinmarketcap jika seluruh aset kripto di dunia digabungkan maka total market cap-nya sebesar $ 1.67 triliun. Jika market cap Bitcoin bernilai seharga $ 679 miliar, nominal $ 679 miliar tersebut dibagi dengan 1.67 triliun maka hasil yang didapat sebesar 40,91%. Nilai 40,91% adalah nilai dari dominasi Bitcoin.

Kebijakan keras yang dilakukan oleh pemerintahan China terhadap larangan penambangan Bitcoin berimbas pada melemahnya harga Bitcoin. Selain itu, faktor lain yang sangat mempengaruhi harga Bitcoin adalah penurunan dominasi Bitcoin pada market cap. Di awal tahun, Bitcoin masih mendominasi kapitalisasi pasar aset kripto pada kisaran 50%. Saat ini, dominasi Bitcoin terhadap pasar aset kripto sebesar 43,77%.

Advertisement

Tergerusnya dominasi Bitcoin di kapitalisasi pasar terjadi setelah Ethereum menembus level 3.000 USD untuk pertama kalinya. Berdasarkan data statistik yang diambil dari coinmarketcap.com dominasi Bitcoin dari tahun 2013 semakin mengalami penurunan. Sedangkan dominasi Ethereum meskipun sideways, namun batas bawahnya semakin tinggi. 

Hal ini menandakan bahwa dominasi Ethereum semakin mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Tidak menutup kemungkinan dominasi Ethereum akan menyalip dominasi dari Bitcoin di market cap.

Penurunan Bitcoin: Berdampak Negatif atau Positif?

Penurunan harga Bitcoin yang terjadi karena menurunnya dominasi Bitcoin pada market cap, tidak selalu menghasilkan dampak yang buruk. Pasalnya, penurunan dominasi Bitcoin membuat sejumlah alternative coin justru mengalami kenaikan harga. 

Di lain sisi, harga Bitcoin juga menjadi semakin murah. Tentunya hal ini dapat dijadikan kesempatan, jika Anda berminat untuk membeli Bitcoin dan menjualnya kembali saat mengalami kenaikan harga.

Penurunan harga Bitcoin mengharuskan Anda untuk tetap tenang, agar Anda dapat berpikir rasional sehingga mampu melihat peluang. Selain itu,  juga mengharuskan Anda untuk tetap disiplin dalam melakukan analisis teknikal, agar Anda dapat menentukan strategi yang melahirkan profit.

Bitcoin melemah, membuat kenaikan harga pada alternatif coin. Membeli sejumlah alternatif coin mungkin dapat menghasilkan profit pada aktivitas trading Anda. Alternatif lainnya, Anda dapat memulai untuk berinvestasi di Tokocrypto. Tidak mahal, hanya dengan Rp 50.000 Anda sudah dapat memulai investasi. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai investasi di Tokocrypto!

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular