Connect with us

Blockchain

Berikut Rekomendasi Investasi yang Cocok Untuk Anak Muda!

Published

on

Ilustrasi investasi aset kripto.

Dahulu investasi identik hanya dilakukan oleh orang tua saja. Namun, kini banyak anak muda yang sudah melek investasi. Semakin berkembangnya teknologi informasi yang masif saat ini membuat informasi semakin mudah untuk diakses. Mencari dan mempelajari informasi investasi mana yang cocok untuk anak muda sangatlah mudah dilakukan. Cukup bermodalkan seperangkat laptop atau smartphone dengan koneksi internet saja, semua informasi sudah bisa didapatkan. 

Tapi, jika Anda ingin memulainya, diperlukan beberapa pertimbangan untuk memilih instrumen investasi mana yang cocok bagi Anda. Yuk, simak selengkapnya!

Alasan Kenapa Anak Muda Perlu Investasi Sedari Dini

Menghadapi masa depan yang serba tidak pasti merupakan hal yang wajib dipersiapkan. Makanya, investasi perlu dilakukan sedari dini. Menyisihkan sedikit dari pendapatan untuk membeli aset instrumen investasi di masa muda akan membantu Anda di masa tua. Dengan berinvestasi dari muda, Anda dapat menjaga nilai uang Anda untuk tetap bertambah mengimbangi pergerakan inflasi yang juga terus bertambah. 

Selain itu, dengan berinvestasi juga bisa membuat Anda dapat menggapai mimpi-mimpi yang ingin dikejar. Seperti mempunyai usaha sendiri, memiliki rumah, atau berjalan-jalan keliling dunia tentunya membutuhkan dana yang tak sedikit kan. Nah dengan berinvestasi, Anda berpeluang dalam menambah nilai uang dan dapat menyisihkan tambahan dana untuk mengejar impian. 

Cara Memulai Investasi Di Usia Muda

Anda masih bingung harus memulainya dari mana? Tak perlu khawatir. Berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan sebagai persiapan dalam memulainya: 

  • Buat Tujuan serta Rencana Jangka Panjang

Langkah pertama yang dilakukan adalah susun tujuan dan rencana. Anda bisa sisihkan sebagian waktu untuk mencari tahu tujuan keuangan yang ingin dicapai. Setelahnya, buat juga rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan itu. Beberapa indikator dalam rencana yang bisa diperhatikan adalah berapa besar keuntungan yang ingin didapatkan dan kapan waktu mendapatkannya. 

  • Tentukan Budget Investasi

Untuk mendukung langkah pertama yang telah disusun, Anda juga perlu menentukan budget investasi. Ada berapa banyak dana yang harus dialokasikan agar dapat mencapai target waktu dan keuntungan yang diinginkan. Tapi satu yang perlu diingat, Anda tetap harus menghitung dan mempertimbangkan kebutuhan sehari-hari dan bulanan. Nah biasanya, dana yang bisa dialokasikan sekitar 20-40% dana dari pendapatan. 

  • Pilih Jenis Investasi yang Sesuai

Setelah mengetahui tujuan dan menyusun rencana, sudah juga menetapkan besar alokasi dana investasi, kini saatnya untuk mempelajari jenis instrumen investasi yang ada dan memilih jenis investasi yang sesuai. Dengan ini, Anda bisa menemukan jenis investasi yang sesuai dengan tujuan, kebutuhan, budget, dan profil risiko. 

Rekomendasi Investasi Yang Cocok Untuk Anak Muda

Berikut rekomendasi instrumen investasi yang cocok untuk anak muda:

  • Reksa dana

Reksa dana merupakan produk investasi yang mana dana investor nantinya akan dikelola oleh manajer investasi agar memperoleh keuntungan. Instrumen investasi ini seringkali menjadi opsi yang bagus bagi pemula yang baru mau memulai berinvestasi. 

Kini investasi reksadana dapat sangat mudah dibeli oleh berbagai kalangan, apalagi banyaknya sudah banyaknya platform online yang memudahkan anak muda untuk mengakses informasinya. 

Advertisement
  • Saham

Beli saham menjadi salah satu alternatif yang menguntungkan meski risikonya pun cukup tinggi. Keuntungan dari beli saham bisa didapat dari dua cara, yaitu capital gain (margin yang diperoleh dari harga jual dan harga beli) dan dividen (pembagian keuntungan bagi para pemegang saham yang diberikan oleh perusahaan).

  • P2P Lending

P2P Lending merupakan platform yang mempertemukan antara peminjam atau debitur dengan pemberi pinjaman alias kreditur. Kreditur dapat membantu para peminjam dengan menyediakan dana yang mereka butuhkan. Nantinya debitur akan mencicil pinjamannya tiap bulan, nah dari sinilah keuntungan dapat diterima cukup cepat. 

  • Aset Kripto

Aset kripto merupakan mata uang digital yang dipakai untuk bertransaksi virtual dalam jaringan internet. Instrumen investasi satu ini memang sedang hype di kalangan anak muda. Dilansir dari Ajaib.co.id, telah dilakukan survei dan menemukan bahwa 44% dari milenial berpikir aset kripto akan diterima di masa depan.

Mudahnya dalam pencarian informasi serta kemudahan transaksi yang bisa dilakukan melalui smartphone saja merupakan alasan yang tepat bagi anak muda untuk memilih investasi ini. Apalagi banyaknya campaign-campaign yang dilakukan oleh exchange aset kripto dapat memberikan keuntungan bagi mereka. 

Yang terbaru, Tokocrypto yang merupakan exchange terpercaya Indonesia melakukan campaign #1TKO1INDONESIA. Dimana nantinya, jika register di Tokocrypto, Anda akan mendapatkan aset kripto (TKO) secara gratis. Wah menguntungkan kan?

Tunggu apa lagi? Pilih aset kripto sebagai investasi yang cocok bagi Anda dan daftarkan diri segera di www.tokocrypto.com untuk dapatkan keuntungannya!

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular