Connect with us

Blockchain

Bagaimana Cara Menggunakan BscScan Yang Benar

Published

on

mengenal apa itu BscScan

Sudahkah anda mengenal istilah BscScan? BscScan merupakan sebuah alat untuk melakukan pencarian blockchain yang cukup terkemuka untuk keperluan Binance Smart Chain. Ia dibangun oleh sebuah tim yang sama dengan yang ada di belakang Etherscan. Fitur ini bisa digunakan untuk melakukan pelacakan transaksi, melakukan verifikasi kontrak pintar serta berbagai fitur canggih lainnya. Dalam dunia cryptocurrency, penjelajah blockchain ini memiliki peran yang sangat penting. Namun, sudahkah anda memahami tentang bagaimana cara menggunakan BscScan yang benar? Simak ulasan berikut untuk belajar memahaminya!

Tentang BscScan

Bisa dikatakan bahwa fitur BscScan ini mirip dengan mesin pencarian blockchain yang lainnya. Anda bisa menggunakannya untuk mencari alamat dompet, transaksi, kontrak pintar serta berbagai fitur lain. Dengan menggunakan bilah pencarian di bagian atas atau melakukan navigasi menu maka anda akan menemukan berbagai fitur tersebut. Untuk memahami tentang Binance Smart Chain ini sangatlah mudah. 

Antarmuka visual BscScan sangat mirip dengan Etherscan karena kedua layanan dibuat oleh tim yang sama. Tidak ada lonceng atau peluit yang tidak perlu untuk memberi sebanyak mungkin akses pemula ke platform. Saat fiturnya tumbuh dan terus meningkat, Blockchain Explorer akan memberi pengguna lebih banyak manfaat dan kegunaan.

Dengan mengindeks Binance Smart Chain dan membuatnya dapat dicari melalui antarmuka yang ramah pengguna, setiap orang memiliki akses transparan ke ekosistem. Seperti pada Etherscan, Anda juga dapat membuat akun di BscScan. Ini dapat berguna untuk pengembang, tetapi tidak diperlukan untuk mengakses fitur. Selain itu, BscScan tidak bertindak sebagai layanan dompet karena pengguna harus menemukan solusi eksternal untuk ini. Namun, dengan BscScan, Anda dapat menghubungkan dompet yang ada seperti MetaMask, TrustWallet, dll.

Menemukan Transaksi di BscScan

Selanjutnya cara menggunakan BscScan yang benar pertama adalah tentang menemukan transaksi di BscScan. Mencari transaksi dengan BscScan tidak berbeda dengan browser blok lainnya. Menggunakan ID transaksi atau alamat dompet yang terkait dengan transaksi akan mencapai hasil yang diinginkan. Setelah memasukkan informasi ke dalam kotak pencarian, BSCScan meminta rincian termasuk jumlah transaksi, tanggal, nomor blok, saldo, biaya transaksi, status, dan banyak lagi. Pengguna akan dapat melihat saldo mereka saat memasukkan informasi alamat dompet mereka berdasarkan nilai BNB Binance Coin dan USD. Namun, BscScan juga mendukung saldo token BEP20 dan ERC721, yang dapat ditemukan di bidang token.

Mencari Transaksi Menggunakan ID atau Hash

Kemudian cara menggunakan BscScan yang benar selanjutnya adalah tentang bagaimana mencari transaksi menggunakan ID atau Hash. Cara yang sangat umum untuk memindai transaksi melalui BscScan adalah dengan menggunakan hash transaksi. Hash ini adalah string huruf dan angka untuk melacak status transaksi Binance Smart Chain. Memasukkan hash transaksi ke BscScan memberikan banyak informasi berguna, seperti:

  • Status Transaksi: Tertunda, Berhasil, atau Gagal.
  • Tinggi Blok: Berfungsi sebagai ID jaringan untuk verifikasi saat penambang menulis transaksi ke blockchain.
  • Jumlah Transaksi: Ditampilkan di BNB dan USD.
  • Biaya Transaksi: Gagasan tentang biaya pelaksanaan transaksi di Binance Smart Chain.
  • Catatan Pribadi: Pengirim dapat menyertakan pesan pribadi dalam transaksi yang dapat dilihat pengguna BscScan setelah masuk ke akun mereka. 

Detail tersebut adalah aspek penting dari transparansi teknologi blockchain yaitu Binance Smart Chain.

Tentang Papan Peringkat Validator

Berbeda dengan blockchain proof-of-stake lainnya, di mana node kustom memverifikasi transaksi, Binance Smart Chain membutuhkan validator. Kini sudah ada 43 validator, yang menunjukkan beberapa derajat sentralisasi. Setiap validator juga memiliki hak suara, yang ditunjukkan dengan jumlah BNB yang dimiliki oleh simpulnya. 

Advertisement

Para pengguna bisa melihat kapan validator aktif dan blok terakhir dilihat di papan peringkat validator, seperti yang dijelaskan di header blok. Papan peringkat di bawah ini menunjukkan jumlah blok yang diproses oleh validator pada hari, minggu, dan bulan terakhir. Ini juga menunjukkan jika Anda aktif di jaringan. 

Terdapat 21 Validator BNB terbaik dipilih sebagai validator aktif. BscScan adalah validator teratas dengan 745.525 BNB yang dipertaruhkan dan memiliki hak suara terbanyak. Pemegang dapat mendelegasikan BNB ke BscScan dan mendapatkan 13,8% per tahun.

Tentang Verifikasi Kontrak

Fitur Binance Smart Chain telah tmendukung kontrak pintar. Pengguna BscScan dapat memasukkan alamat kontrak untuk memverifikasi dan memastikan bahwa kode yang dikompilasi cocok dengan kode yang sedang berjalan di blockchain itu. Memberi pengguna audit independen dan tinjauan kode adalah fitur yang berguna karena berkontribusi pada transparansi seluruh ekosistem Binance Smart Chain.

Benarkah BscScan Kompatibel dengan NFT?

BscScan memungkinkan pengguna untuk melacak token ERC721, membuatnya sepenuhnya kompatibel dengan token atau NFT yang tidak dapat ditukar. Seperti Ethereum, Binance Smart Chain adalah rumah bagi beberapa proyek yang berfokus pada NFT karena biayanya yang rendah dan efisiensi dan throughput keseluruhan yang tinggi. Pengguna dapat memindai NFT dengan BscScan melalui hash transaksi, kontrak pintar NFT, atau alamat dompet. Namun, peneliti blockchain tidak dapat menjelaskan seni yang ditemukan dalam token yang tidak dapat dipertukarkan. Pengguna harus terhubung ke pasar atau penyedia layanan lain yang mendukung standar token NFT dan dapat memproyeksikan dan melihat pekerjaan yang telah mereka peroleh. Namun, BscScan menjelaskan ID token, proyek NFT, riwayat transaksi, dan interaksi dengan kontrak pintar.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular