Connect with us

Crypto

NFT Sudah Diadopsi oleh Tattoo Artist? Simak Selengkapnya!

Published

on

illustrasi tattoo artist

Anda pasti sudah tidak asing ketika mendengar pemanfaatan NFT pada karya seni visual maupun musik. Tapi, pernahkah Anda terpikir jika NFT bisa dimanfaatkan oleh tattoo artist ketika membuat tato pada tubuh Anda? Ya, hal ini sudah terealisasi oleh Scott Campbell, seorang tattoo artist asal Amerika, lho

Dilansir The New York Times, Scott Campbell telah meluncurkan All Our Best pada Juli 2021 silam. All Our Best ini ialah sebuah marketplace di mana tattoo artist dapat memamerkan serta menawarkan desain tato mereka menjadi komoditas permanen yang diperdagangkan dalam bentuk NFT. 

Wah, penasaran kan bagaimana tato bisa menjadi NFT? Simak terus artkel ini, ya!

Siapa sih Tattoo Artist itu?

Pembuatan tato tentunya tidak bisa lepas oleh ‘orang’ yang menggambarnya. Orang ini umumnya disebut dengan istilah tattoo artist atau seniman tato. Tattoo artist dapat diartikan  seorang individu yang biasa menggambar atau menerapkan tato dekoratif permanen untuk pelanggan mereka melalui desain tato asli dari pelanggan, menggunakan stok desain yang ada, atau menggunakan desain dari tattoo artist itu sendiri.

Bagaimana Tato Bisa Menjadi NFT?

contoh tattoo artist

Kita semua dipastikan sudah tak asing dengan tato fisik. Tato yang memang tergambar di kulit kita sendiri. Namun, seperti apa tato yang berbentuk NFT? Nah, tato NFT yang dimaksud adalah hak eksklusif atas desain tato tersebut. 

Lalu, bagaimana merubah tato fisik menjadi NFT?

Melansir Cyberscrilla.com, langkah awal yang dilakukan adalah seniman akan membuat konsep desain yang akan diusulkan kepada klien sebelum membuatnya. Ketika klien menyetujuinya, draf ini melewati proses digitalisasi dan kemudian dicetak di blockchain (minting) menjadi NFT. Setiap tato NFT ini akan memuat berbagai ciri maupun informasi yang tentunya otomatis akan tertulis ke dalam kontrak pintarnya. 

Advertisement

Mudahnya, seniman akan menggambar flash atau karya seni buatan tangan yang dipindah, dibingkai, serta dicetak menjadi NFT. Tak hanya dapat dibuat oleh seniman pemilik desain, flash ini dapat dibawa ke seniman manapun untuk digambarkan secara langsung ke kulit Anda. Namun tetap, keaslian dari tato NFT ini akan selalu dipegang oleh seniman tato atau tattoo artist yang pertama. 

Pertanyaan selanjutnya yang akan terlintas pastilah, berapa biaya pembuatan tato NFT ini, ya?

Biaya tato NFT

Harga yang ada tentunya akan bervariasi. Namun, setidaknya dalam sumber yang sama disebutkan, untuk setiap desain tato NFT yang bagus bisa merogoh kocek antara US$50 sampai US$350. Biaya ini meliputi proses yang panjang, antara lain biaya minting, supplies, dan tentunya desain itu sendiri. 

Lantas, mengapa Anda harus punya tato NFT?

Alasan Punya NFT Tato

Kembali lagi, karena tato NFT ini tersimpan ke dalam blockchain dan berbentuk digital, Anda bisa menjadikannya sebagai warisan kepada anak, investasi, atau mungkin dapat menjual kembali tato NFT di secondary market.  Atau setidaknya cara ini bisa digunakan bagi mereka yang ingin tetap punya tato bernilai seni, namun belum bisa atau belum mau menorehkannya secara langsung di kulit mereka, mereka dapat mengoleksinya dengan bentuk digital. 

Baca juga Terus Berkembang, Masa Depan NFT Akan Hadir di Sektor Ini!

Keuntungan yang Didapat oleh Tattoo Artist

Rasanya hal ini akan sama perlakuannya dengan seniman lain. Tattoo artist akan mendapatkan royalti atas tiap desain tato mereka. Saat seniman pertama kali membuat desain tato, mereka dapat memilih seberapa besar royalti yang nantinya akan mereka dapatkan ketika desain tersebut terjual di secondary market. Hal ini tak dirasakan ketika mereka menjajakan jasanya melalui cara yang konvensional.

Advertisement

Selain itu, ketika tattoo artist menjual tato NFT-nya, maka potensi untuk memasuki pasar yang lebih global akan terbuka. Karena seperti yang kita ketahui bersama, NFT saat ini menggila di hampir semua negara dan tentunya ini tak menutup kemungkinan untuk tattoo artist mendapatkan eksposur dari berbagai pasar dan platform yang ada di dunia. 

Terakhir, di dunia serba digital dan kita bisa membagikan semuanya di social media, tattoo artist pun bisa membangun reputasi yang baik bagi diri mereka. Tattoo artist bisa mempromosikan serta mengunggah NFT ke social media milik mereka. Hal ini tentunya meninggalkan cara lama, yang mungkin pada awalnya hanya melalui mulut ke mulut menjadi media promosi yang lebih luas. 

Pengadopsian NFT di berbagai ranah pun tak bisa dipungkiri terus berkembang. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi kolektor atau mencari tahu tentang NFT, yuk, kunjungi Tokomall hanya di www.tokomall.io ​​sekarang juga!

Ingin belajar NFT? Segera bergabung dengan komunitas resmi NFT Tokomall di Discord ataupun Telegram!

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular