Market News

Simak Keuntungan Punya Usaha Sampingan beserta Rekomendasinya!

Published

on

Saat ini, side job atau usaha sampingan menjadi salah satu yang banyak dicari orang. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi karena tuntutan biaya kehidupan sehari-hari yang semakin mahal dan menuntut kita untuk mencari sumber dana yang lain. Selain itu, usaha sampingan juga sering dijadikan ‘pelarian’ oleh mereka yang memiliki keahlian di satu bidang tertentu, tetapi tidak bisa disalurkan dalam pekerjaan utamanya. 

Namun, sebenarnya apa sih usaha sampingan, lalu apa keuntungannya, dan apa saja pekerjaan yang sedang populer dicari orang? Yuk, baca artikel ini selengkapnya!

Mengenal Usaha Sampingan

Usaha sampingan merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang di luar pekerjaan utama yang dimilikinya. Misalnya, seseorang bekerja sebagai pegawai kantoran. Kemudian, setelah pekerjaan tersebut selesai, ia pun melaksanakan pekerjaan lain. Nah, pekerjaan ini biasanya bersifat lebih ringan dan tidak memakan banyak waktu seperti pekerjaan utamanya, sebab porsi yang dibebankan juga berbeda. 

Sistem yang digunakan oleh pekerjaan sampingan biasanya berupa part-time atau paruh waktu juga freelance atau lepas. Jika part-time harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu, freelance sifatnya lebih bebas mengikuti kemampuan si pekerja, selama tetap mematuhi deadline.

Lalu, bagaimana sih cara memilih usaha sampingan?

Biasanya, seseorang memilih suatu pekerjaan sebagai usaha sampingan karena sesuai dengan hobi dan keahlian yang dimilikinya, tetapi tidak bisa disalurkan melalui pekerjaan utama. Misalnya, seseorang tersebut berbakat di bidang editing, ilustrasi, hingga membuat musik, tetapi pekerjaan utamanya tidak mencakup tugas tersebut.

Jadi, banyak orang memutuskan untuk memiliki usaha sampingan untuk menyalurkan bakat yang dimilikinya. Meski begitu, tidak sedikit pula yang memiliki pekerjaan sampingan karena dapat dijadikan sumber pendapatan tambahan. Lumayan, kan, selain dari pekerjaan utama, pekerjaan sampingan juga bisa membuat dompet semakin menghijau.

Advertisement

3 Keuntungan Punya Usaha Sampingan

Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang akhirnya memilih untuk bekerja sampingan karena hal tersebut membawa banyak keuntungan bagi mereka. Berikut di antaranya:

Passive income

Yep, seperti yang telah dibahas di atas, usaha sampingan bisa memberikan Anda passive income. Kini, sumber pendapatan Anda tidak hanya berasal dari pekerjaan utama yang Anda jalankan, tetapi juga dari pekerjaan-pekerjaan yang Anda lakukan secara sampingan. Anda pun dapat mengalokasikan pendapatan ke pos lain, seperti menabung dan investasi.

Baca juga: Inilah Tips Sebelum Memulai Investasi bagi Anak Muda

Berkat hal tersebut, Anda juga bisa menghasilkan uang dengan lebih cepat. Sebagai contoh, Anda memiliki kemampuan menulis yang baik dan memiliki pekerjaan sampingan sebagai penulis blog. Dengan demikian, tiap kali sejumlah tulisan Anda submit dan disetujui, Anda akan langsung mendapatkan pembayaran. Tidak perlu menunggu selama satu bulan seperti yang terjadi pada pekerjaan utama Anda.

Jam kerja lebih fleksibel

Keuntungan lainnya adalah dalam hal jam kerja. Jika pekerjaan utama mengharuskan Anda bekerja di kantor selama 8 jam setiap harinya, berbeda dengan usaha sampingan. Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sampingan Anda sesuka hati, selama masih sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan. Bahkan, Anda pun bisa menyelesaikannya di akhir pekan.

Akan tetapi, hal ini tidak terlalu berlaku bagi pekerjaan sampingan yang bersifat part-time. Sebab, biasanya jam kerja part-time sudah ditentukan jangka waktunya, misalnya 4 jam bekerja pada hari Sabtu dan Minggu. Walaupun begitu, tetap saja jam kerjanya bisa disesuaikan dengan pekerjaan utama Anda.

Menambah relasi dan pengalaman

Terakhir, tentunya dengan memiliki usaha sampingan akan secara otomatis menambah relasi juga pengalaman. Pekerjaan sampingan pasti mengharuskan Anda berinteraksi dengan klien dan pihak lain yang baru Anda kenal. Dari sana, Anda akan menjalin hubungan profesional dan akan lebih banyak orang yang mengetahui kemampuan Anda.

Selain relasi, pengalaman yang Anda miliki pun akan bertambah. Hal ini tak kalah penting, sebab pengalaman bisa Anda jadikan track record untuk melamar ke pekerjaan yang selanjutnya. Baik itu pekerjaan utama, ataupun pekerjaan sampingan yang lain. Alhasil, semakin banyak pula nilai tambah yang Anda punya.

Advertisement

Rekomendasi Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan Hanya dari Rumah

Sekarang, mungkin Anda bertanya-tanya apa saja sih pekerjaan sampingan yang bisa Anda coba? Jangan khawatir, kami sudah merangkum tiga pekerjaan yang populer dan bisa dilakukan secara remote alias dari mana saja, yaitu:

Dropshipper

Salah satu rekomendasi pekerjaan sampingan yang bisa Anda coba adalah dropshipper. Cara kerja dropshipper memang 11:12 dengan reseller, tetapi mereka yang bekerja sebagai dropshipper hanya ditugaskan untuk mempromosikan produk dari suatu bisnis. Sehingga, para dropshipper tidak perlu melakukan kegiatan transaksi dengan pembeli.

Saat mereka berhasil mempromosikan produk dan membuat calon pelanggan tertarik, komunikasi akan dilanjutkan ke supplier. Setelah supplier mengkonfirmasi dan terjadi transaksi pembelian, produk akan dikirimkan langsung ke pelanggan oleh supplier dengan mencantumkan nama dropshipper sebagai penjual.

Freelance digital marketing

Tak kalah populer, pekerjaan sampingan selanjutnya adalah freelance digital marketing. Pekerjaan ini masih terus dicari karena saat ini hampir semua kegiatan marketing dilakukan secara online. Komponen digital marketing pun beragam, sehingga banyak orang yang bisa mencoba peruntungan di bidang tersebut.

Mulai dari penulis artikel, graphic designer, atau bahkan strategic planner yang menyusun strategi marketing suatu brand atau produk. Tentunya, semua kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong aktivitas pemasaran brand, sehingga brand bisa lebih dikenal luas dan menciptakan pembelian. 

Investasi aset kripto

Ide usaha sampingan yang juga sedang menarik perhatian banyak orang adalah dengan berinvestasi aset kripto. Investasi aset kripto memang sedang booming terutama di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, investasi yang dilakukan dengan benar sudah terbukti bisa membawa keuntungan. Selain itu, karena seluruh kegiatan dilakukan secara digital, para investor bisa melakukannya dari mana saja.

Meski bisa dijadikan alternatif untuk usaha sampingan, perlu diingat untuk tetap menggunakan uang dingin sebagai modal awal, ya. Maksudnya, modal tersebut harus terdiri dari dana yang memang sengaja disisihkan untuk berinvestasi dan bukan untuk operasional. Hal ini agar Anda bisa lebih tenang apabila dihadapkan dengan risiko investasi.

Nah, untuk memulai investasi aset kripto juga tidak sulit. Ada tiga hal utama yang harus dipersiapkan oleh pemula sebelum berinvestasi. Pertama adalah dana investasi, yang berasal dari uang dingin. Kedua yaitu aset kripto yang akan diinvestasikan, di mana bisa diketahui melalui riset pasar. Ketiga atau yang terakhir yaitu exchange kripto yang akan dipilih untuk jual-beli.

Advertisement

Sama seperti memilih aset kripto mana yang potensial dan bisa membawa keberuntungan, dalam memilih exchange kripto juga diperlukan perhatian khusus. Sebab, exchange yang digunakan harus terpercaya dan resmi terdaftar di Bappebti, seperti Tokocrypto. Lalu, setelah registrasi dan menyelesaikan KYC, barulah bisa mulai investasi aset kripto.

Baca juga: Ikuti 3 Tips Ini untuk Dapatkan Manfaat Investasi Kripto!

Ternyata, salah satu usaha sampingan yang sedang diminati adalah investasi aset kripto, ya. Meski dianggap menguntungkan, investor juga tetap harus selalu menggunakan strategi agar investasi terus berjalan dengan lancar dan tentunya bawa cuan, ya. Tunggu apa lagi? Segera selesaikan KYC Anda dan mulai investasi aset kripto di Tokocrypto! Kunjungi Tokonews dan gabung di Komunitas Tokocrypto untuk informasi dan tips and trick terlengkap seputar aset kripto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version