Connect with us

Tips & Tricks

Pahami Apa Itu Deposit dan Penerapannya dalam Aset Kripto!

Published

on

Ilustrasi aset kripto.

Deposit tentu sudah menjadi istilah yang tak asing lagi di telinga Anda. Istilah ini banyak digunakan dalam industri keuangan seperti perbankan. Namun, tak hanya perbankan, kripto juga mengenal istilah deposit. Sebenarnya, apa itu deposit secara umum dan bagaimana penerapannya dalam aset kripto? Temukan jawabannya berikut ini!

Apa Itu Deposit?

ilustrasi menarik uang deposit

Sebelum membahas apa itu deposit dalam aset kripto, mari kita bahas secara umum terlebih dahulu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), deposit adalah tindakan menyimpan sejumlah uang dalam rekening bank. Ini berarti Anda memiliki hak tersendiri atas sejumlah uang yang berada dalam rekening bank Anda. Dari pengertian tersebut, dapat pula disimpulkan bahwa Anda telah menyetujui tindakan menyimpan uang di suatu bank tertentu.

Namun, bukan hanya Anda yang dimintai persetujuan, tapi juga pihak bank. Jika Anda ingin melakukan deposit di sebuah bank tertentu, pihak bank tentu telah mengetahui niat dan tujuan Anda. Mereka juga akan melakukan verifikasi data terlebih dahulu sebelum akhirnya memberikan izin penyimpanan uang Anda.

Baca juga: Yuk, Ketahui Apa itu Peer to Peer dan Penerapannya dalam Kripto

Apa Manfaat Deposit?

Adapun manfaat dari deposit bisa sebagai setoran minimum ketika kita hendak menyetorkan sejumlah uang untuk membuka rekening baru. Ini tak berlaku hanya di perbankan saja, melalui pada aset kripto juga. 

Manfaat deposit lainnya adalah jaminan atau sebagai itikad baik ketika kita hendak melakukan pembelian tertentu. Pembeli harus menyetorkan sejumlah dana tertentu sebagai tanda jadi ketika hendak melakukan pembelian. Nah, uang jaminan ini tidak bisa dikembalikan apabila pembelian dibatalkan oleh pembeli. Atau cara lainnya hanya dikembalikan separuhnya saja. 

Apa Contoh Deposit?

Inilah beberapa contoh deposit yang umum dijumpai. 

  • Demand Deposit

Jaminan yang bisa diambil tanpa perlu pemberitahuan sebelumnya. Contoh dari deposit ini adalah rekening tabungan. 

  • Time Deposit

Merupakan rekening bank dengan bunga yang dikenai tanggal jatuh tempo. Mudahnya bisa disebut dengan bunga deposito. Adapun beberapa contohnya antara lain: Certificate of Deposit, Pas Book, dan Deposito Berjangka dan Rekening Terbuka. 

  • Saving Deposit

Nah, kalau saving deposit ini merupakan salah satu jenis dari demand deposit. Anda bisa menarik dananya tanpa batas. Namun, pada saving deposit ini akan dikenai bunga, tapi memang dalam jumlah yang kecil. 

  • Refundable Deposit

Jaminan atau deposit yang bisa ditarik kembali setelah jangka waktu tertentu. Contoh deposit ini umum  kita temui di perhotelan. Biasanya, saat akan menyewa kamar, Anda diminta untuk menyerahkan uang deposit sebagai jaminan atas fasilitas hotel yang akan Anda gunakan. Namun, apabila terdapat suatu fasilitas yang rusak, uang deposit tersebut tidak dapat dikembalikan lagi.

Deposit dalam Aset Kripto

Setelah mengetahui apa itu deposit secara umum, pahami juga bahwa deposit ini turut diterapkan dalam aset kripto. Bagaimana maksudnya? Sebenarnya, deposit dalam aset kripto juga sama halnya dengan deposit dalam industri perbankan dan perhotelan yang telah dijelaskan di atas.

Advertisement

Intinya adalah pengguna melakukan penyetoran sejumlah uang pada pihak tertuju untuk alasan penyimpanan, jaminan, pembelian aset, dan sebagainya. Dalam hal kripto, tentu saja tujuan deposit di sini adalah seputar pembelian aset kripto, seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Ripple, dan lainnya.

Sebelum melakukan deposit, pastikan Anda sudah mengunduh platform exchange aset kripto-nya.alah satu exhchange aset kripto terpercaya adalah Tokocrypto Anda perlu menyelesaikan rangkaian proses Know Your Customer (KYC) level 1. Apabila pengguna belum menuntaskan rangkaian tersebut, Anda tidak akan diizinkan untuk melakukan deposit.

Jika bingung tentang KYC, tonton penjelasan singkatnya melalui video di bawah ini:

Cara Deposit Aset Kripto

Deposit dalam aset kripto bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari transfer bank, e-wallet, hingga menggunakan aset kripto itu sendiri. Nominal deposit yang bisa dilakukan juga beragam, sesuai dengan keinginan pengguna. Namun, biasanya, tiap-tiap broker kripto telah menyediakan jumlah minimal deposit yang harus dilakukan pengguna. Lalu, bagaimana cara depositnya?

  1. Menggunakan aset digital

Cara deposit aset kripto yang pertama adalah melalui aset digital kripto itu sendiri, mulai dari Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Ripple, dan sebagainya. Anda bisa melakukan deposit dengan cara memilih aset kripto mana yang akan didepositkan. Setelah itu, pilih tujuan deposit. Umumnya, deposit dilakukan sebelum melaksanakan trading, jadi Anda bisa memilih tujuannya untuk trading. Sebab, tidak jarang dalam trading dibutuhkan sejumlah biaya tambahan.

Saat ingin melakukan deposit, pastikan juga Anda tahu jumlah saldo Anda dalam exchange tersebut. Jangan sampai Anda mengaku tidak bisa melakukan deposit, padahal sebenarnya saldo memang tidak mencukupi untuk dikirimkan. Pastikan juga pihak penerima mengetahui tindakan Anda agar bisa dicek dari dua belah pihak.

  1. Menggunakan mata uang Fiat

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk deposit aset kripto adalah dengan menggunakan fasilitas transfer bank atau dompet digital, seperti OVO dan GoPay. Jika Anda ingin menggunakan fasilitas transfer bank, pastikan Anda tahu virtual account yang dibuat oleh exchange yang Anda gunakan.

Namun, jika Anda ingin melakukan deposit lewat dompet digital, Anda bisa memilih dua e-wallet yang tersedia bagi broker Tokocrypto, yakni OVO dan GoPay. Masukkan nomor tujuan pengisian dan nominal deposit yang Anda inginkan. Proses deposit lewat dompet digital juga cukup cepat karena hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3-5 menit saja.

Itulah penjelasan tentang apa itu deposit secara umum dan bagaimana penerapannya dalam aset kripto. Jika Anda ingin mulai bertransaksi aset digital, gunakan platform Tokocrypto dan ikuti info lengkap seputar perkembangan dunia kripto di website, Twitter, serta Instagram Tokocrypto.

Advertisement

Anda juga bisa melakukan deposit aset kripto di Tokocrypto dengan minimal Rp50.000 saja. Untuk metode depositnya, Anda bebas memilih akan menggunakan transfer bank lewat virtual account Mandiri maupun Permata atau melalui dompet digital, OVO dan GoPay. Yuk, jual-beli aset kripto di Tokocrypto dan selesaikan KYC Anda sekarang juga!

Continue Reading
Advertisement

Popular