Connect with us

NFT

Ini Dia 5 Aplikasi Edit Foto Hanya Lewat Smartphone, Gampang Dipakai!

Published

on

aplikasi edit foto mobile

Aplikasi edit foto merupakan tools yang sangat penting untuk menghasilkan foto yang ciamik. Teknik fotografi saja tidaklah cukup. Ada banyak pilihan untuk aplikasi edit foto, mulai dari aplikasi berbayar khusus di PC, aplikasi edit foto online, hingga aplikasi edit gratis dan bisa dipakai hanya dengan smartphone! Lalu, dari banyaknya pilihan, manakah yang merupakan aplikasi edit foto terbaik?

Biar gak bingung, nih, kami hadirkan rekomendasinya!

2 Aplikasi Edit Foto Online Terbaik Tanpa Perlu Download Aplikasinya

  1. Canva
aplikasi edit foto canva

Siapa sih, yang gak kenal sama aplikasi edit foto satu ini? Yap, Canva bisa dibilang aplikasi edit foto online penyelamat sejuta umat karena mudah dipakai dan bisa digunakan tanpa mengunduh aplikasinya di PC atau handphone. Cukup kunjungi https://www.canva.com/ dan buat akun milik Anda sebelum memulainya. 

Ada banyak template dengan berbagai gaya dan format yang siap penuhi kebutuhan edit Anda. Nah, jika Anda mau edit foto manual pun bisa! Karena Canva juga menyediakan banyak pilihan filter dan elemen tambahan. Menariknya lagi, di Canva Anda juga bisa membuat banyak pekerjaan lainnya seperti: membuat slide untuk presentasi, resume, portofolio, hingga mock-up

  1. Pixlr
aplikasi pixlr

Source by Pixlr

Selanjutnya ada Pixlr yang punya dua pilihan yang bisa disesuaikan dengan penggunanya. Kunjungi https://pixlr.com/ dan di sana akan ada 2 pilihan yang terdiri dari Pixlr Express buat Anda yang butuh pengeditan simple dan Pixlr Editor buat Anda yang punya kebutuhan advanced

Tampilannya yang jelas dan lebih clear memang menjadi salah satu alasan orang-orang menyukai edit foto online ini. Terlebih Pixlr punya fitur yang sama dengan Photoshop, sehingga orang yang terbiasa menggunakannya akan suka juga dengan Pixlr. Sama dengan sebelumnya, Anda bisa menyimpan foto yang sudah diedit melalui online tanpa harus mengunduh aplikasinya. 

Aplikasi Edit Foto PC Terbaik, Adobe Photoshop

aplikasi edit foto adobe photoshop

Setelah membahas aplikasi yang bisa diakses online tanpa harus punya aplikasinya, kini saatnya kami membahas yang aplikasi edit foto untuk komputer atau laptop Anda. Adobe Photoshop memang sudah dikenal sebagai spesialis dalam urusan edit foto. Aplikasi ini memang cocok bagi profesional karena kualitas hasilnya yang memang bagus. 

Adapun tools yang memudahkan Anda ketika mengedit antara lain: layer yang merupakan lapisan dari foto yang sedang Anda edit, eyedropper yang berfungsi untuk meng-copy warna yang ada pada layer untuk di-paste ke bagian manapun, hingga select and mask yang bisa menghapus background pada foto untuk kemudian digabungkan dengan foto lainnya. 

Selain itu, Adobe Photoshop juga punya fitur unggulan yakni terhubungnya dengan Adobe Font yang memungkinkan Anda tak perlu lagi mencari-cari font ketika mengedit foto. 

Advertisement

5 Aplikasi Edit Foto Hanya dari Smartphone Saja

Nah, sekarang saatnya kami membahas aplikasi edit foto hanya dari smartphone saja. Apalagi ini bisa membuat hasil jepretan handphone-mu lebih ciamik. Ini dia daftarnya:

  1. Adobe Lightroom 
aplikasi edit foto adobe lightroom

Source by Adobe Lightroom

Masih dari satu keluarga Adobe, Adobe Lightroom bisa Anda unduh di smartphone melalui Play Store dan App Store. Menawarkan pengalaman antarmuka yang baik bagi para penggunanya membuat ia dapat mudah digunakan bagi Anda yang tengah belajar edit foto. 

Ciri khas dari Adobe Lightroom adalah aplikasi ini dapat mudah digunakan dalam membuat foto lebih ciamik dengan fitur filter yang dapat diatur intensitas, kecerahan, bayangan dan paling utama spektrum warnanya. Bagi Anda yang suka mengotak-atik tone color dari foto, Adobe Lightroom adalah pilihan yang pas!

  1. Picsart 
aplikasi picksart untuk edit foto

Source by Picsart

Selanjutnya ada Picsart yang merupakan aplikasi jawaban untuk semua kebutuhan edit foto di smartphone Anda! Mulai dari pengeditan yang mudah hingga rumit bisa dilakukan di Picsart. Untuk mendapatkan fitur yang maksimal, Anda juga bisa membeli Picsart Gold agar lebih bisa mengeksplorasi kreativitas dalam pengeditan foto. 

Di sana, Anda bisa mengedit sesuai dengan template dan format yang ditawarkan, menambahkan clip art atau stiker yang estetik maupun bergaya nyentrik, dan bahkan bisa mengedit video juga. Selain itu, Anda juga bisa menghapus background foto dengan mudah di aplikasi ini. 

  1. Adobe Photoshop Express
hasil aplikasi edit foto adobe photoshop express

Source by Adobe Photoshop Express

Nah, jika dibandingkan Adobe Lightroom, Adobe Photoshop Express menghadirkan pengeditan foto yang lebih cepat dan memang spesial untuk fotografi pada perangkat seluler. Terlebih jika Anda ingin mengedit foto dalam format RAW, atau TIFF. Dengan fitur pada aplikasi ini, Anda pun bisa membuat watermark pada foto Anda, lho!

  1. VSCO
aplikasi vsco

Source by VSCO

Jika menggunakan aplikasi satu ini, rasanya Anda tidak akan kehabisan pilihan preset filter. Bagaimana tidak, VSCO mengklaim dirinya jika ia menyediakan hingga lebih 200 preset filter. Namun untuk menikmati banyaknya pilihan filter tersebut pastikan Anda membeli VSCO Membership terlebih dahulu, ya! Menariknya lagi, Anda juga bisa meng-post hasil editan foto Anda ke VSCO-nya langsung, karena mereka memang mempunyai akses eksklusif ke konten editorial tersendiri.

Advertisement
  1. Snapseed
menu aplikasi snapseed

Source by Snapseed

Snapseed merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini memang menghadirkan antarmuka yang mudah bagi penggunanya sehingga memang cocok bagi Anda seorang pemula atau Anda yang gak suka ribet

Snapseed menghadirkan banyak tools dan juga filter untuk hasil foto yang sempurna. Fitur unggulan yang bisa dicoba adalah Double Exposure yang merupakan fitur untuk menggabungkan dua foto sekaligus menjadi satu foto. Untuk hasil yang natural pastikan Anda mengatur tools darken, lighten, subtract, add, dan overlap-nya terlebih dahulu, ya!

Buat NFT dengan Mudah melalui Aplikasi Edit Foto di Smartphone

Gak cuma untuk kebutuhan iseng-iseng saja, aplikasi edit foto yang ada bisa Anda gunakan untuk mendapatkan cuan, lho! Yap, salah satunya dengan membuat NFT foto. 

NFT foto adalah karya seni berupa foto yang dijual dalam bentuk NFT. Sebagai contoh berikut beberapa creator dunia dan karyanya yang sukses menjual fotonya sebagai NFT.

  1. Justin Aversano – Twin Flame #49
nft twin flames di opensea

Source: Twin Flames #49 on OpenSea

Justin Aversano adalah seorang fotografer dan juga creative director yang tinggal di Los Angeles. Ia juga menjabat co-founder dari Quantum Art, sebuah platform yang fokus mengkurasi digital culture melalui NFT. 

Karya NFT menarik yang pernah diciptakan adalah Twin Flame. Di mana project tersebut berisikan 100 potret orang kembar. Adapun karya termahal yang berhasil ia jual adalah “Twin Flame #49 – Alyson & Courtney Aliano”. Tak tanggung-tanggung karya tersebut berhasil menyentuh harga 871 ETH!

  1. Elise Swopes – Where Focus Goes, Energy Flows
swopes waterfall nft

Source: Where Focus Goes, Energy Flows on Instgram

Elise adalah seorang seniman, dan juga pencipta NFT. Adapun yang jadi ciri khas Elise ialah foto pemandangan gedung-gedung bertingkat. NFT milik Elise Swopes ini sangatlah menarik. Artwork ini berhasil menyentuh harga  107 ETH.

Advertisement

Di postingan Instagramnya sendiri ia menyebut, jika foto yang terinspirasi dari kecintaannya terhadap air dan surrealisme tersebut hanya dibuat dengan smartphone saja. 

Baca juga: Apa itu Foto NFT dan Tips Membuatnya Agar Lebih Menarik
Gimana, sudah siap edit foto dan menjadikannya sebagai NFT photography? Pastikan Anda menjualnya di NFT marketplace terpercaya seperti TokoMall, ya! Yuk, daftarkan diri Anda sebagai Official Partner di TokoMall dan gabung di Komunitas TokoMall Discord dan Telegram.

Continue Reading
Advertisement

Popular