Connect with us

NFT

Portofolio adalah Kumpulan Karya.  Apa yang Perlu Diketahui Pemula?

Published

on

Bagi para seniman, desainer grafis, dan artis visual, menunjukkan hasil kerja mereka sangatlah penting. Maka dari itu, untuk menunjukkan karya-karya yang telah mereka hasilkan, diperlukan portofolio. Pada dasarnya, portofolio adalah kumpulan hasil pekerjaan atau karya yang dilakukan oleh seorang pekarya. 

Kumpulan hasil karya atau portofolio ini bisa ditunjukkan melalui format daring maupun luring. Karena pesatnya perkembangan teknologi hari ini, menunjukkan karya seorang pekerja seni visual melalui platform online sangatlah perlu. Mengapa portofolio online begitu perlu bagi seniman hari ini? Yuk, kita bahas!

Apa itu Portofolio?

Sebelumnya, kita sudah menjelaskan mengapa para pekerja kreatif di bidang visual butuh menunjukkan karyanya melalui portofolio online. Hal ini dikarenakan, Portofolio adalah kumpulan hasil karya seseorang yang nantinya akan dijadikan pertimbangan bagi orang lain yang akan menggunakan jasa atau membeli karya mereka. Dengan portofolio ini, seorang pekarya tak hanya bisa menunjukkan hasil pekerjaannya, namun juga bisa menjadi salah satu cara untuk memiliki daya tawar terhadap klien atau orang yang akan menggunakan jasanya.

Apa Beda CV dan Portofolio?

Beberapa orang masih belum tahu apa perbedaan antara Curriculum Vitae atau CV dengan Portofolio. Pasalnya, keduanya sama-sama penting, terlebih untuk Anda yang ingin melamar pekerjaan atau ingin menunjukkan hasil kerja Anda. Ada beberapa perbedaan yang signifikan antara keduanya, di antaranya:

Isi atau Konten

Hal pertama yang membedakan antara CV dengan portofolio adalah dari segi konten atau isinya. Apabila portofolio adalah kumpulan hasil karya seseorang, Curriculum Vitae merupakan informasi yang diberikan oleh sang pemberi CV yang memberitahukan tentang pengalaman kerja, latar pendidikan dan juga pengalaman lainnya yang berhubungan dengan bidang yang ditekuni secara lengkap. Ditambah lagi, di dalam CV terdapat kontak berupa surel ataupun nomor ponsel. 

Fungsi 

Selain itu, yang membedakan CV dengan portofolio adalah fungsinya. Fungsi dari CV adalah untuk menarik minat para perekrut. Sedangkan, portofolio adalah untuk membuktikan bahwa seorang kandidat memiliki nilai di mata perekrut atau klien.

Kelengkapan Data

Perbedaan lain yang bisa kita lihat antara keduanya adalah dari kelengkapan datanya. Meski dalam CV para kandidat harus menunjukkan informasi secara lengkap, mereka harus menunjukkannya dengan singkat. Sementara itu, semakin banyak hasil karya yang ditunjukkan para pekarya dalam portofolionya, semakin tinggi peluang kerja atau diterima oleh klien.

Bagaimana cara membuat portofolio?

Tentu untuk menunjukkan hasil karya Anda, ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan agar klien atau perekrut bisa tertarik dengan Anda. Berikut beberapa cara yang bisa Anda implementasikan untuk menunjukkan portofolio Anda.

Menggunakan media sosial

Seperti yang kita ketahui, media sosial kini semakin berkembang. Di sini Anda tak hanya bisa berinteraksi dengan orang lain, namun bisa menunjukkan karya Anda. Platform seperti Instagram memungkinkan Anda menunjukkan hasil karya seni visual dengan mudah. 

Menggunakan situs untuk portofolio online

Bagi para pekarya visual, Anda bisa menggunakan situs-situs seperti Behance untuk menunjukkan hasil karya Anda. Di samping itu, dengan mengunduh hasil karya Anda ke situs tersebut, klien atau perekrut bisa dengan mudah mencari hasil karya Anda.

Menggunakan situs marketplace NFT

Di era Web3 yang kini sedang berkembang, NFT bisa menjadi tempat untuk Anda yang ingin menunjukkan hasil karya Anda. Tak hanya itu saja, Anda bisa menjual secara langsung hasil karya Anda. 

Situs tempat membuat portofolio online

Selain itu, sudah banyak website yang bisa digunakan untuk para pekarya untuk menunjukkan karya mereka, seperti Instagram, Behance, dan masih banyak lagi. Ditambah lagi, di era Web3 di mana sistem blockchain sudah semakin berkembang, para seniman visual juga bisa menjadikan NFT sebagai portofolio untuk hasil-hasil karya mereka. Berikut situs untuk Anda yang ingin membangun portofolio online Anda:

1. Instagram

Siapa yang tidak kenal dengan media sosial satu ini. Tak hanya sebagai tempat orang-orang untuk memamerkan foto-fotonya, Instagram kini bisa menjadi tempat para pekarya atau seniman visual untuk menunjukkan hasil karyanya.

2. Dribble

Dribble merupakan salah satu situs yang memungkinkan para desainer grafis, ilustrator atau seniman visual bisa menunjukkan hasil karyanya. Terlebih lagi, Dribble menyediakan layanan portofolio online dengan gratis.

3. Tokomall.io 

Sistem blockchain tak hanya memungkinkan Anda untuk berinvestasi aset kripto, namun juga memudahkan Anda dalam menjual karya seni Anda melalui NFT. Salah satu tempat untuk menjual NFT Anda adalah Tokomall. Tokomall adalah marketplace NFT pertama di Indonesia. Dengan menjual hasil karya Anda di Tokomall, Anda tak hanya mendapatkan pundi-pundi dengan menjual hasil karya Anda, namun juga bisa dijadikan portofolio online.

4. Behance

Situs ini tidak asing lagi bagi para desainer ataupun ilustrator. Hal ini disebabkan oleh komunitas desainer yang besar di situs ini. Dengan demikian, Anda tak hanya bisa memamerkan hasil karya Anda, namun juga bisa berjejaring dengan seniman lainnya. 

Contoh Portofolio Desain

Portofolio Desain Grafis: 

contoh portfolio desain grafis

Source: Marta Gawin Behance Account

Anda ingin memperlihatkan hasil karya desain grafis Anda? Anda bisa menjadikan akun Behance dari seorang art director dan desainer grafis asal Polandia bernama Marta Garwin ini sebagai referensi Anda. Di situ ia menunjukkan berbagai hasil karya yang sudah ia kerjakan.

Portofolio Desain Interior atau Arsitektur

contoh portfolio artistektur

Source: Mojtaba Ashour Behance Account

Tak hanya desain grafis saja yang bisa Anda tunjukkan di Behance. Anda juga bisa memamerkan hasil karya desain interior Anda melalui situs ini seperti seorang desainer interior asal Turkey bernama Mojtaba Ashour ini. 

Portofolio Fotografi

contoh portfolio fotografi

Source: Andrea Jelić Dribble Account

Anda ingin bekarier sebagai fotografer profesional? Tentu dengan menunjukkan portofolio online, Anda bisa memamerkan hasil karya Anda di depan klien atau perekrut. Sebagai referensi, Anda bisa melihat akun situs Dribble seorang fotografer terkenal bernama Andrea Jelić ini. 

Portofolio Ilustrasi

contoh portfolio illustrator

Source: Si Juki Tokomall Account

Tokomall tak hanya bisa menjadi tempat Anda menjual karya dalam bentuk NFT, namun juga bisa Anda jadikan sebagai tempat portofolio online Anda, contohnya seperti Si Juki ini. Nah, Anda tertarik mencoba membuat portofolio online Anda melalui NFT? Maka dari itu, buat akun Tokomall Anda!

Baca Juga: Si Juki: Berawal Dari Webtoon Hingga Ke NFT

Mengapa Menggunakan NFT Menjanjikan sebagai Kreator?

Secara teknis, NFT adalah token digital yang tersimpan dalam jaringan blockchain yang mana hampir mustahil dapat diretas. Sehingga, pemilik karya digital menyimpan sebuah tautan berbentuk file digital pada jaringan blockchain sebagai bukti atas kepemilikan karya-karya tersebut.  

Karya seni yang terdigitalisasi menjadi NFT melalui proses minting, karya tersebut bersifat unik dan tidak dapat diduplikasi kembali. 

Sistem teknologi ini yang menguntungkan kreator karena tidak perlu khawatir karya-karya yang ditampilkan portofolio akan dicuri maupun dipakai tanpa izin.

ilustrasi konsep nft

Tak hanya itu, para kreator juga dapat menjual karya seni mereka dan berhak mendapat royalti atas penjualan kembali karya mereka sehingga dapat menjadi sumber penghasilan yang berkelanjutan. 

Karya-karya yang dapat di-mint NFT tidak terbatas pada karya seni berupa gambar saja. Namun juga dalam bentuk karya seni dalam bentuk musik, sneakers, video, benda koleksi, hingga barang-barang dalam permainan (in-game item).

Beberapa kelebihan NFT Pada Dunia Karya Seni

1. Para kreator dan artis memiliki kendali atas karya mereka

Teknologi NFT mengizinkan artis untuk memiliki kendali atas karya mereka dengan kemampuannya menjadikan sebuah karya seni unik dan tidak dapat diduplikasi. 

Sebelum teknologi karya seni dalam bentuk NFT ada, para kreator dan artis memasarkan karya mereka di berbagai platform jual beli, namun orang dapat menyalin dan bahkan menjual kembali karya seni yang mereka pasarkan. 

Hal ini dikarenakan tidak adanya bukti atas kepemilikan karya yang menjadikan karya tersebut unik dan tidak dapat diduplikasi kembali.

2. Mengurangi praktik ‘calo’ karya seni

Dengan adanya platform jual beli NFT, para artis dan kreator tidak lagi perlu bertransaksi dengan para calo karya seni yang cenderung memainkan harga. 

Artis dan kreator dapat menjangkau para pembeli secara langsung melalui marketplace. Hal ini menguntungkan baik bagi kreator maupun kolektor dengan valuasi seni yang lebih adil.

Potensi Pasar NFT di Indonesia

contoh digital art nft

Bagaimana dengan potensi pasar NFT bagi para artis yang memiliki portofolio digital di Indonesia?

Berdasarkan riset internal Tokocrypto ke berbagai platform pasar NFT global, total kunjungan dari Indonesia telah mencapai 1 juta penjunjung pada tahun 2021. 

Data ini didukung dengan adanya 11 juta investor aset kripto di Indonesia per 2021.

Baca Juga: Masih Tentang Game NFT, Begini Fitur dan Cara Kerja Game Upland!

Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat di Indonesia akan aset digital kripto, potensi pertumbuhan pasar NFT juga meningkat. 

Implementasi NFT ke dalam berbagai platform seperti Metaverse yang menjanjikan dunia virtual tanpa batas tentunya juga akan mendorong peningkatan permintaan aset digital yang menjadi peluang bagi para kreator untuk berkembang secara karya dan finansial.

Bagi kamu para kreator dan artis yang ingin menjual karyamu dalam bentuk NFT, yuk bergabung menjadi Official Partner dari Toko Mall. Kalau kamu kolektor yang suka mengoleksi karya seni NFT, kamu bisa membeli dan mengoleksi NFT dari berbagai artis terkemuka di Toko Mall.

Biar nggak ketinggalan berita seputar NFT, join komunitas Discord atau Telegram TokoMall.

NFT

Porsche Optimis Masuk Dunia Web3 Rilis Koleksi NFT Pertama

Published

on

Ilustrasi NFT Porsche. Foto: Porsche.

Pabrikan mobil sport, Porsche mulai bergerak untuk secara resmi masuk ke industri blockchain dan meluncurkan rencana awal untuk masa depannya di dunia web3. Sebagai langkah pertama, Porsche dikabarkan akan merilis koleksi NFT pertamanya.

Proyek web3 pertama yang direncanakan Porsche adalah koleksi NFT 7.500 bagian berdasarkan model Porsche 911 klasik. NFT dijadwalkan akan dirilis pada Januari 2023, dan Hamburg designer serta artis 3D, Patrick Vogel akan membuat setiap bagian dari koleksi tersebut.

Setelah melakukan pembelian, pemegang akan membantu membentuk desain NFT masing-masing. Secara khusus, individu akan dapat memilih “route” atau kategori untuk NFT mereka — Performance, Lifestyle, atau Heritage.

Utilitas Porsche NFT

Ilustrasi NFT Porsche. Foto: Porsche.
Ilustrasi NFT Porsche. Foto: Porsche.

Baca juga: World Blockchain Summit Bangkok 2022 Digelar Desember Mendatang

Setiap route mewujudkan aspek tertentu dari identitas merek premium Porsche dan akan memengaruhi keseluruhan desain dan karakter NFT. Selama beberapa bulan berikutnya, Vogel akan bekerja dengan masukan pengguna ini yang berasal dari penjualan awal untuk menyiapkan setiap NFT sebagai aset 3D khusus di Unreal Engine 5.

Selain membantu membentuk estetika NFT mereka, pemilik juga akan mendapatkan akses eksklusif ke pengalaman di dunia maya dan nyata. Namun, koleksi NFT ini hanyalah awal dari rencana Web3 Porsche.

“Kami telah membuat komitmen untuk jangka panjang, dan tim Web3 kami juga memiliki kebebasan untuk mengembangkan inovasi dalam dimensi ini,” kata Lutz Meschke, Porsche’s Deputy Chairman dan anggota dewan eksekutif untuk keuangan dan TI.

Porsche, Web3 dan Blockchain

Ilustrasi NFT Porsche. Foto: Porsche.
Ilustrasi NFT Porsche. Foto: Porsche.

Baca juga: Raja Kripto Hong Kong Tiantian Kullander Meninggal Dunia

Porsche juga bekerja untuk mengintegrasikan teknologi blockchain ke dalam proses yang ada (dan yang akan datang). Secara khusus, perusahaan mencatat bahwa tim manajemen inovasi melihat janji dalam memindahkan pengalaman pembelian dan rantai pasokan ke Web3. Masalah kendaraan dan keberlanjutan juga sedang dieksplorasi.

Deniz Keskin, Direktur Manajemen Merek dan Kemitraan Porsche, mencatat bahwa Web3 menawarkan cara bagi perusahaan untuk memberikan pengalaman digital baru kepada konsumennya. Terlebih lagi, NFT dan teknologi Web3 lainnya memperluas proses kreatif, memungkinkan merek untuk berkreasi bersama dengan pelanggan mereka dan memberikan lebih banyak pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

“Bertualang ke area baru selalu menjadi semangat merek kami,” kata Keskin.

“Kami sangat senang memasuki Web3 dengan koleksi NFT pertama kami. Tujuan kami adalah perluasan merek kami ke lingkungan yang sepenuhnya digital. Dan idealnya, untuk bertemu teman baru di sepanjang jalan.”

Continue Reading

NFT

Mattel Luncurkan Marketplace NFT dan Koleksi NFT Hot Wheels

Published

on

Mattel luncurkan koleksi NFT Hot Wheels perluas bisnis digital. Foto: Mattel.

Mattel telah meluncurkan marketplace NFT sendiri menjadi bagian dari Mattel Creations. NFT Hot Wheels Garage, menjadi koleksi pertama Mattel Digital Collectibles yang akan diluncurkan pada 15 Desember mendatang.

Mattel Creations Digital Collectibles Marketplace dibangun di atas blockchain Flow, jaringan yang cepat, terdesentralisasi, dan ramah lingkungan yang dirancang untuk mendukung aplikasi terdesentralisasi skala konsumen yang melayani audiens arus utama.

Dikembangkan oleh tim yang sama di belakang mobil die-cast Hot Wheels, Series 4 dari NFT Hot Wheels Garage adalah cara terbaru bagi para penggemar untuk mengumpulkan karya seni digital yang berharga dan langka dari IP Mattel yang ikonik dan menampilkan beberapa desain mobil paling populer dalam format digital.

Mobil Koleksi NFT Hot Wheels

Mattel luncurkan koleksi NFT Hot Wheels perluas bisnis digital. Foto: Mattel.
Mattel luncurkan koleksi NFT Hot Wheels perluas bisnis digital. Foto: Mattel.

Baca juga: Justin Bieber Beli NFT Bored Ape Rp 20 M, Berapa Harga Sekarang?

Karya seni Series 4 terdiri dari 60 mobil dari McLaren, Chevrolet, Honda, Aston Martin, Oldsmobile, Pagani, dan Cadillac, serta banyak Hot Wheels original. Dijual dalam kemasan dengan harga masing-masing US$ 25, pelanggan dapat membeli hingga delapan paket per transaksi. Setiap paket mencakup tujuh item NFT Hot Wheels dari tiga kategori: empat item Basic, dua item Epic, dan satu item Rare.

Kolektor yang cukup beruntung untuk menerima koleksi digital Premium atau Treasure Hunt (Pagani Huayra, ’82 Cadillac Seville, ’69 COPO Corvette, Chevy Silverado Off Road, atau McLaren F1 GTR) akan dapat menukarnya dengan replika die-cast fisik. Mobil die-cast kelas premium ini termasuk di antara beberapa kendaraan Hot Wheels paling langka.

Fokus Bisnis Digital

Mattel tidak akan mengharuskan pengguna memiliki aset kripto untuk melakukan pembelian dan akan mengintegrasikan platform perdagangan peer-to-peer yang akan memungkinkan kolektor untuk memperdagangkan koleksi digital mereka di awal tahun 2023.

Mattel luncurkan koleksi NFT Hot Wheels perluas bisnis digital. Foto: Mattel.
Mattel luncurkan koleksi NFT Hot Wheels perluas bisnis digital. Foto: Mattel.

Baca juga: Bappebti Terbitkan Regulasi Baru Lindungi Investor Kripto di Indonesia

“Dengan meluncurkan marketplace sendiri, kami dapat menerjemahkan IP Mattel yang ikonik ke dalam seni digital, terlibat langsung dengan pelanggan kami dan memberikan pengalaman pengguna yang terbaik di kelasnya,” kata Ron Friedman, Wakil Presiden di Mattel Future Lab.

“Ini adalah evolusi terbaru dari upaya digital kami, dan kami berharap dapat segera membagikan lebih banyak tetes yang terinspirasi oleh beberapa merek Mattel favorit dunia.”

Mattel adalah perusahaan mainan pertama yang meluncurkan NFT dan terus berkembang dalam koleksi digitalnya. Rilisan Hot Wheels NFT Garage sebelumnya langsung terjual habis, begitu pula koleksi koleksi digital Barbie bekerja sama dengan rumah mode, Balmain.

Continue Reading

NFT

Melihat Koleksi NFT Cristiano Ronaldo dengan Binance, Keunggulannya?

Published

on

Melihat koleksi NFT Cristiano Ronaldo dengan Binance.

Koleksi NFT pertama Cristiano Ronaldo akhir telah meluncur pada Jumat, 18 November sebagai bagian dari kemitraan eksklusif selama beberapa tahun dengan Binance, ekosistem blockchain terkemuka di dunia dan penyedia infrastruktur aset kripto.

Peluncuran ini didukung oleh kampanye pemasaran global yang menampilkan Ronaldo, yang bertujuan untuk memperkenalkan Web3 kepada para penggemarnya melalui dunia NFT.

“Kami percaya metaverse dan blockchain adalah masa depan internet,” kata Co-Founder Binance dan Chief Marketing Officer, He Yi.

“Kami merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan Cristiano untuk membantu lebih banyak orang memahami blockchain dan menunjukkan bagaimana kami membangun infrastruktur Web3 untuk industri olahraga dan hiburan.”

Tampilan NFT Ronaldo

Melihat koleksi NFT Cristiano Ronaldo dengan Binance.
Melihat koleksi NFT Cristiano Ronaldo dengan Binance.

Baca juga: Justin Bieber Beli NFT Bored Ape Rp 20 M, Berapa Harga Sekarang?

Koleksi perdana Cristiano Ronaldo NFT menampilkan tujuh patung animasi dengan empat tingkat kelangkaan: Super Super Rare (SSR), Super Rare (SR), Rare (R), dan Normal (N). Setiap patung NFT menggambarkan Ronaldo dalam momen ikonik dalam hidupnya, mulai dari tendangan yang menentukan karier hingga masa kecilnya di Portugal.

45 NFT CR7 dengan nilai tertinggi (5 SSR dan 40 SR) akan diadakan untuk dilelang di pasar Binance NFT. Lelang akan tetap terbuka selama 24 jam, dengan NFT diberikan kepada penawar tertinggi. Harga penawaran akan dimulai dari 10.000 BUSD untuk SSR dan 1.700 BUSD untuk SR.

Sisa 6.600 NFT (600 R dan 6.000 N) akan ditawarkan di Binance mulai dari 77 BUSD untuk kelangkaan Normal.

Utilitas dan Keuntungan

Jelang Piala Dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Ramaikan Dunia NFT.
Jelang Piala Dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Ramaikan Dunia NFT.

Baca juga: Elon Musk Beri Pandangan Soal Masa Depan Aset Kripto

Setiap item NFT yang dikoleksi memiliki tingkat kelangkaan yang akan hadir dengan fasilitas eksklusifnya sendiri, mulai dari:

  • Pesan pribadi dari Cristiano Ronaldo.
  • Merchandise CR7 & Binance bertanda tangan.
  • Akses terjamin untuk semua hadiah CR7 NFT mendatang.
  • Kotak Misteri CR7 gratis.
  • Masuk ke dalam hadiah dengan merchandise dan hadiah bertanda tangan.

Selain itu, pengguna baru yang mendaftar di Binance.com (dan menyelesaikan KYC) akan menerima Cristiano Ronaldo Mystery Box. Kotak-kotak ini mungkin berisi NFT Ronaldo edisi terbatas. CR7 Mystery Boxes tersedia untuk 1,5 juta pengguna Binance baru pertama yang mendaftar.

Continue Reading

Popular