Connect with us

Market Analysis

Bitcoin Alami Lonjakan Pending Transaksi Bikin Pasar Kripto Merah

Published

on

Ilustrasi bear market. Sumber: Shutterstock.

Bitcoin pada hari ini Senin (8/5) mengalami koreksi setelah sideways, selama satu pekan kemarin dan tidak mengalami lonjakan transaksi. Bitcoin kembali turun di bawah US$ 28.500 dan terus melakukan penurunan secara signifikan. Koreksi ini disebabkan karena adanya lonjakan transaksi di jaringan Bitcoin dengan total transaksi yang belum diselesaikan per hari ini yaitu lebih dari 390.000 transaksi dengan total block yang perlu diselesaikan sebesar 179 block.

Trader Eksternal Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, melihat hal tersebut juga menyebabkan adanya efek “bottleneck,” yang membuat kemacetan transaksi di jaringan Bitcoin. Untuk menyelesaikan transaksi ini diperlukan tambahan satu hari dengan catatan hari ke depannya tidak ada transaksi di Bitcoin. Karena kebanyakan transaksi ini membuat biaya pengiriman Bitcoin mengalami lonjakan hampir 330%. Biaya normal ketika jaringan Bitcoin berjalan normal hanya sebesar US$ 0,16-US$ 0,4 dan untuk pengiriman instan sebesar US$ 2,2-US$ 2,5, namun sekarang untuk penyelesaian transaksi instan lebih dari US$ 8 per transaksi. 

Hal ini terjadi juga pada bursa kripto, Binance yang memiliki total transaksi aset kripto tertinggi di dunia membatasi penarikan Bitcoin di platformnya karena ada masalah dengan transaksi pending yang terjadi di jaringan blockchain Bitcoin. Tentu ini menjadi isu yang buruk, karena dana mereka tidak bisa ditarik dalam bentuk Bitcoin. Sehingga para trader dan investor menjual Bitcoin mereka karena masalah ini, membuat harga BTC terjun 2,8 persen pada hari ini. Binance juga telah memberikan komitmen bahwa aset kripto milik mereka tetap ama. Binance per hari ini, 2x membatasi penarikan Bitcoin dan belum ada keterangan hingga kapan untuk pembukaan penarikan kembali. 

Crypto Heat Map by Coin360.com.

Baca juga: Deloitte Integrasi Jaringan Blockchain untuk Kredensial Digital

Pasar Aset Kripto mengalami pemerosotan efek dari terganggunya jaringan Bitcoin sehingga menimbulkan lonjakan transaksi pada hari ini. Dominan harga mengalami koreksi dengan rata rata penurunan sebesar 2-4% untuk aset yang berada di top 10 berdasarkan kapitalisasi pasar. Bitcoin berada pada harga US$ 28,344, ETH US$ 1,865, BNB $320 dan XRP US$ 0,439. Kapitalisasi aset bitcoin dengan dominasi sebesar 46,39%. 

Sentimen Pasar Kripto

Sentimen lainnya yang berdampak pada pasar kripto adalah Ketua The Fed, Jerome Powell memperingatkan, jika Amerika Serikat gagal bayar terhadap utangnya, maka akan terjadi bencana ekonomi dan keuangan. Ekonomi AS sedang di tahap yang mengkhawatirkan karena funds rate dari The Fed berada pada 5-5,25 persen yang merupakan titik tertinggi setelah agustus 2007 lalu. 

Tentu kenaikan ini membuat bank-bank yang berada di AS mengalami pemerosotan harga saham lebih dari -50 persen dengan pencatatan 778 bank. Banyak negara juga mulai meninggalkan dollar AS (dedollarisasi). Ini merupakan ancaman yang nyata untuk ekonomi AS dan mungkin menjadi kabar baik untuk pasar aset kripto dan bisa saja menjadi sentimen tambahan ketika Bitcoin bull run di 2024

Fear & Greed Bitcoin Index by alternative.me.

Sentimen positif aset kripto mengalami penurunan dibanding dengan minggu lalu yang sempat mencoba retest harga di US$ 30.000 namun hanya mencapai $29800. pada saat ini Fear and Greed Index berada pada poin 64. Per Senin (8/5) mengalami penurunan empat poin akibat adanya penurunan hari ini dan sentimen buruk tentang terkendalanya jaringan blockchain Bitcoin. Diprediksi akan terjadi penurunan lanjutan untuk poin Fear and Greed index.

Untuk pekan ini bisa menjadi minggu yang tenang bagi pasar kripto. Tidak ada indikator ekonomi AS yang menarik minat investor. Hanya satu laporan ekonomi terkait core CPI AS yang melihatkan kenaikan harga konsumen bisa menjadi fokus perhatian investor, karena para ekonom akan mencoba untuk mengukur apakah pasar kerja yang lebih kuat dari perkiraan menambah kekakuan inflasi di AS.

Advertisement

Analisis Pergerakan Harga BTC, ADA, JASMY

Bitcoin (BTC) Potensi Terkoreksi

BTC/USDT Binance by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Bitcoin terkonfirmasi breakdown dari channel nya dan potensi koreksi harga ke harga US$ 25.000. Namun sebelum ke harga ini tentu ada beberapa support seperti pada harga US$ 27.300 sebagai support terakhir sebelum jatuh ke harga US$ 25.300. Pada area US$ 27.000 Bitcoin kemungkinan akan mengalami sideways dan pull back sedikit. 

Untuk para trader diharapkan memperhatikan kunci support pada harga US$ 27.300 dan US$ 25.000. Apabila trader scalper bisa menunggu pada area tersebut untuk melakukan pembelian atau Dollar Cost Averaging (DCA). Secara jangka panjang Bitcoin tetap pada track on bullish, namun untuk kuartal kedua diprediksi akan mengalami penurunan harga

PancakeSwap (Cake) Sell dan tinggalkan

CAKE/USD BINANCE by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Baca juga: 5 Aset Kripto dengan Potensi Kenaikan Terbaik di Minggu Ini

PancakeSwap adalah platform pertukaran desentralisasi pertama dan terbesar yang ada di jaringan Binance Smart Chain. Native tokennya bernama CAKE potensi mengalami koreksi yang sangat dalam diakibatkan adanya pengajuan proposal untuk insentif bagi liquidity provider dan orang yang stake CAKE. Proposal ini mengubah APY dan APR yang sebelumnya berkisar 60%-90% per tahun menjadi 10-18% pertahun. Penurunan APR dan APY ini disebabkan karena pengembang CAKE ingin mengurangi efek inflasi dari token yang tercetak di blockchain dan sepenuhnya reward bagi stakers hanya dari fee transaksi di platform Pancakeswap saja. 

Dengan adanya perubahan ini maka CAKE sudah tidak menarik lagi bagi stakers dan investor. Maka secara berjamaah mulai meninggalkan CAKE dan mencari DEX lain dengan APR dan APY yang lebih menarik seperti Biswap. Token CAKE mengalami penurunan lebih dari -45% setelah proposal ini di luncurkan. Cake terus menyentuh swing low-nya dan bahkan kemungkinan CAKE akan terus mengalami penurunan harga di bawah US$ 1.

Dogecoin (Doge) Potensi Koreksi

DOGE/USD Binance by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Pergerakan DOGE potensi mengalami penurunan walaupun akhir-akhir ini sedang booming token kripto meme seperti PEPE, MONK, dan FLOKI. Namun, DOGE sebagai inisiator token meme pertama mengalami pelemahan. Ada banyak sebab penurunan ini seperti DOGE sudah tidak booming, adanya kompetitor proyek memecoin lain serta kondisi pasar aset kripto seperti Bitcoin yang mengalami pelemahan. 

Potensi penurunan DOGE berada di harga US$ 0,0664. Memang secara fundamental, token memecoin hampir tidak ada fungsinya kecuali untuk keperluan transaksi komunitasnya. DOGE juga perlu sentimen tambahan seperti sentimen dari Elon Musk untuk menaikkan harga. Token memecoin tidak cocok untuk disimpan jangka waktu lama karena bersifat gambling dan minim utilitas. Bahkan proyek yang memiliki utilitas juga bisa mengalami penurunan hingga di bawah harga pembukaan pasarnya. Namun bagi trader, koin meme dinilai memiliki fluktuasi yang bagus untuk hedging atau sekadar scalping.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular