Academy

Aplikasi Investasi Crypto Terbaik untuk Pemula

Published

on

Apakah Anda bingung memilih mana aplikasi investasi crypto terbaik untuk pemula? Memang sekarang sudah banyak aplikasi crypto, namun tidak semuanya memberikan fitur dan kemudahan yang ramah bagi investor atau trader pemula.

Aplikasi crypto menjadi platform yang penting untuk dipelajari sebelum Anda memulai trading crypto. Anda membutuhkan aplikasi yang andal dan aman dengan memperhatikan beberapa hal penting berikut.

Cara Memilih Aplikasi Crypto

Meski di Indonesia sudah banyak aplikasi crypto, tapi tidak sedikit aplikasi yang justru membuat bingung investor pemula. Tips berikut akan membantu Anda dan para pemula dalam menemukan aplikasi crypto terbaik.

1. Legalitas

Usahakan untuk memilih aplikasi crypto dengan izin yang resmi. Di Indonesia, perusahaan atau aplikasi yang bergerak di industri crypto harus terdaftar dan memiliki lisensi PFAK di Bappebti. Perusahaan yang memiliki izin resmi tersebut pasti lebih terjamin dan telah lulus uji dengan baik.

Advertisement

Bagi pemula yang mungkin pengetahuannya belum sebanyak mereka yang sudah berpengalaman, lebih berisiko salah pilih aplikasi. Oleh sebab itu, untuk cari aman, pilih aplikasi dengan legalitas jelas.

Dengan kegiatan perusahaan yang diawasi undang-undang, Anda akan lebih tenang dalam bertransaksi di aplikasi tersebut. Jika ada pelanggaran yang dilakukan perusahaan tersebut, maka lebih mudah untuk Anda mengurusnya ke ranah hukum.

Anda juga bisa mencari informasi aplikasi crypto yang dikelola oleh perusahaan anggota bursa kripto Indonesia. Cari review di internet dari sumber terpercaya untuk membantu Anda mendapatkan rekomendasi yang tepat.

2. Reputasi dan Keamanan

Aplikasi crypto terpercaya adalah aplikasi yang memiliki reputasi dan keamanan yang dapat diandalkan. Mengenai reputasi aplikasi yang berkualitas, Anda bisa mencari informasinya melalui forum online dan sumber terpercaya lainnya.

Advertisement

Aplikasi dengan reputasi yang baik biasanya memiliki fitur yang dapat diandalkan dan memenuhi standar keamanan yang baik. Keamanan aplikasi crypto yang Anda gunakan memang perlu diperhatikan dengan benar.

Aplikasi investasi crypto terbaik untuk pemula yang aman untuk transaksi bisa dilihat dari beberapa hal seperti menggunakan autentikasi dua faktor (2FA) untuk mengamankan akses pengguna, ada fitur mirror access, dan cold wallet.

3. Kelengkapan Fitur dan Tampilan Interaktif

Investor maupun trader pemula, sebaiknya mempertimbangkan fitur dan tampilan aplikasi. Kelengkapan fitur terutama wallet atau dompet digital akan memudahkan Anda dalam mengakses dan menyimpan crypto secara aman.

Bagi pemula yang masih perlu penyesuaian dengan grafik crypto, ada baiknya untuk memilih aplikasi dengan tampilan yang nyaman dan mudah dipahami. Jika tampilannya lebih sederhana, pemula akan lebih mudah dan cepat dalam memahami cara kerja pasar crypto.

Advertisement

Aplikasi dengan tampilan interaktif mungkin menjadi aplikasi crypto terbaik untuk Anda. Ini dikembalikan lagi pada preferensi masing-masing investor atau trader. Namun, disarankan untuk mempelajari tampilan dan navigasi dalam aplikasi tersebut sebelum Anda menggunakannya untuk transaksi crypto.

4. Jumlah Aset Crypto

Aset crypto yang kini bisa diperdagangkan secara online sudah sangat banyak. Ketika Anda mencari aplikasi investasi crypto terbaik untuk pemula, pilih aplikasi yang menyediakan perdagangan untuk aset crypto yang Anda inginkan.

Umumnya, aplikasi crypto menyediakan banyak pilihan aset agar pengguna bisa bertransaksi dengan crypto berbeda-beda dengan mudah. Anda dapat mengelola serta mengembangkan aset crypto Anda dalam satu aplikasi.

Meski demikian, jumlah aset crypto yang banyak bukan menjadi patokan utama sebuah aplikasi bisa diandalkan. Beberapa aplikasi mungkin membatasi pilihan aset crypto dalam jumlah tertentu. Tujuannya untuk mencegah risiko pembobolan keamanan dan gangguan teknis.

Advertisement

Dengan cara ini, pengguna bisa bertransaksi dengan lancar dan aman. Kemungkinan aplikasi memproses transaksi lambat juga lebih kecil.

5. Biaya dan Fee yang Rendah

Bagi pemula yang ingin investasi crypto harus memahami dulu biaya-biaya yang terdapat dalam transaksi crypto. Kebanyakan aplikasi menerapkan biaya tambahan bagi pengguna yang melakukan transaksi, deposit, dan penarikan.

Setiap aplikasi membebankan biaya yang bervariasi sehingga Anda sebaiknya cari aplikasi dengan fee yang sesuai kantong. Hindari aplikasi yang biaya pertukaran crypto-nya tinggi. Jika biayanya tinggi, Anda akan menghabiskan lebih banyak uang setiap kali memproses transaksi.

Aplikasi investasi crypto terbaik untuk pemula adalah aplikasi yang biayanya rendah dan jelas. Biasanya, informasi biaya disediakan di menu khusus sehingga memudahkan investor dalam mempelajarinya. Biaya transaksi umumnya juga muncul sebelum Anda konfirmasi transaksi.

Advertisement

6. Deposit

Deposit adalah langkah awal untuk Anda mulai membeli atau berinvestasi crypto. Cari aplikasi yang menyediakan deposit yang terjangkau. Artinya, Anda bisa menyetor deposit sesuai dengan kemampuan modal Anda dalam mencoba investasi crypto.

Pilih aplikasi yang menawarkan kemudahan deposit, misalnya melalui e-wallet atau alat pembayaran lain. Jangan lupa juga untuk deposit juga akan dikenai biaya transaksi. Jadi, perhatikan biaya deposit pada aplikasi crypto yang akan Anda gunakan.

7. Dukungan Mata Uang Fiat

Bagi pemula yang belum memiliki aset crypto sama sekali, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih aplikasi crypto yang didukung mata uang fiat seperti Rupiah. Dengan fitur ini, Anda akan lebih mudah untuk melakukan deposit, membeli crypto dan menjual crypto dengan Rupiah, hingga menarik crypto ke Rupiah.

Aplikasi crypto yang mendukung Rupiah menawarkan fleksibilitas bagi pengguna dalam bertransaksi maupun investasi crypto. Dengan aplikasi seperti ini, Anda bisa melakukan transaksi dengan cepat. Metode pembayaran dengan Rupiah biasanya melalui dompet elektronik atau e-wallet.

Advertisement

8. Keberadaan Asuransi

Dalam memilih aplikasi investasi crypto terbaik untuk pemula, pertimbangkan aspek penting seperti asuransi. Beberapa aplikasi menyediakan asuransi untuk melindungi aset pengguna terhadap kerugian yang tidak terduga.

Misalnya, risiko aset pengguna hilang karena kesalahan penukaran. Anda dapat mempelajari kebijakan asuransi pada aplikasi crypto untuk memastikan sejauh mana perlindungan yang ditawarkan dari asuransi tersebut untuk aset Anda.

9. Cermati Peran Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan atau customer service adalah aspek penting yang perlu Anda pertimbangkan. Sebagai investor pemula, kerap kali ada pertanyaan dan kendala yang membutuhkan bantuan dari pihak aplikasi.

Anda mungkin bingung harus pencet tombol mana, atau melakukan transaksi apa terlebih dahulu, dan sebagainya. Dengan adanya layanan CS ini akan membantu Anda mengatasi kendala teknis dengan cepat sehingga Anda tidak perlu mengorbankan banyak waktu dan kenyamanan.

Advertisement

Pertimbangkan aplikasi dengan customer service yang cepat dan responsif. Layanan pelanggan yang siap menanggapi pertanyaan dan kendala Anda secara solutif.

FAQ

Bisakah Menggunakan Crypto untuk Membayar Belanja Online?

Ya. Beberapa platform belanja daring menyediakan pembayaran dengan crypto.

Apa Langkah Awal Belajar Crypto?

Advertisement

Belajar apa itu crypto dan pilih aplikasi crypto yang tepat untuk pemula.

Apa Saja Aplikasi Trading Crypto?

Ada banyak aplikasi trading crypto di Indonesia dan salah satu yang terdaftar di Bappebti adalah Tokocrypto dari PT Aset Digital berkat.

Apakah Trading Crypto Bisa Pakai HP?

Advertisement

Ya. Anda bisa menggunakan aplikasi investasi crypto terbaik untuk pemula seperti Tokocrypto melalui perangkat pintar Android maupun iOS.

Referensi: https://bappebti.go.id/pedagang_aset_kripto

Popular

Exit mobile version