Bitcoin News

Bank DBS: Bitcoin Masih Merupakan Peluang Besar

Published

on

Bank DBS, perusahaan jasa keuangan Singapura masih percaya bahwa Bitcoin tetap merupakan peluang besar dalam ekonomi dan belum pernah terjadi sebelumnya, meskipun ada kekhawatiran tentang volatilitas yang tinggi di pasar kripto. Terlebih saat ini sedang menghadapi crypto winter.

Dikutip Crypto Potato, DBS menyatakan bahwa kemampuan Bitcoin untuk memproses transaksi berkelanjutan tanpa memerlukan rekanan pusat untuk kliring menjadikannya peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah.

Ahli strategi investasi bank dan Senior Vice President (SVP) Bank DBS, Daryl Ho, mencatat Bitcoin agak didorong oleh utilitasnya, yang memungkinkan transfer nilai melalui desentralisasi, sehingga menghilangkan kebutuhan akan pihak pusat.

“Sebagian besar metode yang Anda gunakan untuk memperdagangkan aset memerlukan pihak kliring pusat untuk memverifikasi perdagangan. Jadi, masih ada peluang uang fiat tidak bisa dibeli karena sistem moneter fiat masih diatur oleh bank sentral,” katanya.

Bank DBS dan The Sandbox kolaborasi luncurkan metaverse interaktif. Foto: Getty Images.

Baca juga: Bank DBS dan The Sandbox Kolaborasi Luncurkan Metaverse Interaktif

Likuiditas Kapan Saja

Menurut Ho, Bitcoin memiliki keuntungan yang proses perdagangannya dibuka 24/7 dan memungkinkan mereka untuk mengumpulkan uang tunai dan likuiditas kapan saja. Berbeda dengan orang-orang yang memiliki aset tertentu yang dapat melikuidasi mereka sesuka hati karena bursa ditutup di beberapa titik.

Advertisement

Ho juga mencatat bahwa volatilitas Bitcoin tidak mempengaruhi keunikan dan manfaatnya.

“Saya pikir Bitcoin masih unik apakah harganya berubah atau tidak. Jika kita hanya melihat secara murni berdasarkan harga, Anda akan melihat banyak volatilitas dan itu tidak banyak memberi tahu Anda tentang manfaat apa yang sebenarnya dibawanya,” tambahnya.

Ilustrasi Bitcoin.

Baca juga: Bank DBS Singapura Hadirkan Layanan Aset Digital

DBS Raih Rekor Volume Perdagangan BTC

Terlepas dari tren turun saat ini di pasar kripto, DBS telah mengalami pertumbuhan dalam aktivitas terkait kripto.

Pada bulan Juni, platform aset digital bank, DBS Digital Exchange (DDEx), mencatat lonjakan signifikan dalam volume perdagangan Bitcoin meskipun pasar jatuh dan runtuhnya Terra-Luna masing-masing pada bulan April dan Mei.

Pertukaran itu mengungkapkan bahwa klien institusionalnya tidak khawatir tentang kecelakaan itu, sebaliknya, mereka sibuk membeli Bitcoin dengan harga lebih murah. Menurut DDEx, volume perdagangan BTC yang tercatat pada bulan Juni empat kali lebih tinggi dari April.

Advertisement

Popular

Exit mobile version