Business

Binance Akan Akuisisi FTX, Bantu Selamatkan Krisis Likuidasi

Published

on

Drama panjang di industri aset kripto mungkin akan segera berakhir. Binance akan mengakuisisi saingannya, FTX untuk menyelamatkan mereka dari krisis likuidasi dan melindungi para investor.

CEO Binance, Changpeng “CZ” Zhao, mengatakan pada hari Selasa (8/11) bahwa pihaknya telah menandatangani letter of intent untuk mengakuisisi FTX. Kesepakatan tersebut seperti klimaks dari kisruh yang sempat memanas antara Changpeng Zhao dan pendiri FTX, Sam Bankman-Fried di media sosial.

CZ mengatakan Binance mencapai keputusan setelah FTX meminta bantuan resmi untuk mengatasi masalah likuidasi di platform mereka. “Untuk melindungi pengguna, kami menandatangani LOI yang tidak mengikat, bermaksud untuk sepenuhnya mengakuisisi FTX dan membantu menutupi krisis likuiditas. Kami akan melakukan DD penuh dalam beberapa hari mendatang,” katanya dalam tweet.

Baca juga: Warning!! Mungkinkah FTT akan Crash juga seperti Luna?

Jika kesepakatan berhasil, itu akan menyatukan dua perusahaan crypto terbesar dan memperkuat status pendiri Binance, Changpeng Zhao, sebagai salah satu tokoh paling kuat yang membentuk masa depan industri kripto.

Advertisement

Akuisisi Penuh

Berita itu dikonfirmasi dalam tweet oleh Bankman-Fried. Dia berkata: “Segalanya telah menjadi berhubungan, dan investor pertama, dan terakhir FTX.com tetap sama: kami telah mencapai kesepakatan tentang transaksi strategis dengan Binance untuk FTX.com (menunggu DD dll).”

Kesepakatan itu akan membuat FTX diakuisisi sepenuhnya oleh Binance, sebagai imbalan untuk membantu perusahaan keluar dari masa krisis. Ketentuan lebih lanjut tidak diungkapkan oleh salah satu pihak.

Crypto exchange, FTX. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Drama Binance, FTX & Alameda Research Bikin Market Kripto Kocar-kacir

Baik Binance.US dan FTX.US, bursa terkait yang diatur Amerika Serikat dari kedua perusahaan, akan tetap independen.

Binance adalah pertukaran crypto paling berharga di dunia, diperkirakan bernilai lebih dari US$ 300 miliar. FTX bernilai US$ 32 miliar dalam putaran pendanaan terbarunya (Seri C) pada Januari tahun ini.

Sequoia, BlackRock, Tiger Global, Paradigma, Thoma Bravo, SoftBank, Ribbit Capital, Insight Partners, Lightspeed Venture Partners, Altimeter Capital, Coinbase Ventures, Sino Global, Bond dan Iconiq Growth berada dalam daftar investor FTX.

Advertisement

Popular

Exit mobile version