Market

Bitcoin dan Saham AS Melemah Imbas Sikap The Fed

Published

on

Harga Bitcoin (BTC) dan indeks saham AS melemah pada hari Kamis (2/1) pagi pasca The Fed mempertahankan laju suku bunga acuan pada level 5,25%-5,50%. Kebijakan ini mungkin mengurangi harapan pasar terhadap penurunan suku bunga pada pertemuan berikutnya di bulan Maret 2024.

“Berdasarkan rapat hari ini, saya ingin menyampaikan kepada Anda bahwa menurut saya komite tidak akan mencapai tingkat kepercayaan pada saat rapat bulan Maret untuk mengidentifikasi bulan Maret sebagai waktu yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Tapi itu harus dilihat,” kata Ketua The Fed Jerome Powell.

Harga Bitcoin (BTC) sedikit berubah dalam beberapa menit setelah pengumuman Fed, berlanjut di sekitar $42.122. Bitcoin akhir-akhir ini berfluktuasi, namun secara kasar datar selama beberapa minggu terakhir.

Pasar tradisional menemukan S&P 500 dan Nasdaq berada di posisi terendah sesi, masing-masing turun 1% dan 1,5%. Bagi S&P 500, ini adalah hari terburuk sejak September, dan sejak Oktober bagi Nasdaq.

Para investor berharap bahwa serangkaian penurunan suku bunga, bersamaan dengan permintaan dari ETF baru dan separuhnya pada bulan April mendatang (di mana pasokan Bitcoin akan berkurang sebesar 50%), dapat memicu pergerakan baru ke level tertinggi baru.

Investor Bitcoin sebagian besar fokus pada ETF spot dan halving yang akan datang, namun kebijakan moneter bank sentral juga kemungkinan akan memainkan peran yang cukup besar dalam prospek harga pada tahun 2024.

Inflasi Mereda, tapi…

Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: REUTERS / Yuri Gripas

Baca juga: Anthony Scaramucci Prediksi Bitcoin Capai Rp 2,6 Miliar Pasca Halving

“Indikator-indikator terbaru menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi telah berkembang dengan kecepatan yang solid. Peningkatan lapangan kerja telah melambat sejak awal tahun lalu namun tetap kuat, dan tingkat pengangguran tetap rendah. Inflasi telah mereda selama setahun terakhir namun tetap tinggi,” pernyataan FOMC.

Advertisement

Mengacu pada kemungkinan penurunan suku bunga, Federal Reserve mengatakan bahwa “Komite tidak memperkirakan akan tepat untuk mengurangi kisaran target sampai mereka memperoleh keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju 2%.”

Kepala Riset CoinShares James Butterfill menyarankan bahwa seiring dengan semakin banyaknya lembaga keuangan yang berpartisipasi di pasar melalui berbagai ETF bitcoin spot, bitcoin akan menjadi lebih responsif terhadap keputusan suku bunga.

“Harga Bitcoin telah selaras dengan ekspektasi suku bunga pasar berjangka, menunjukkan bahwa bitcoin akan menjadi lebih responsif terhadap data makro yang sensitif terhadap suku bunga, seperti gaji dan CPI, terutama karena kegembiraan seputar ETF berkurang,” kata Butterfill kepada The Block.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular

Exit mobile version