Bitcoin News

Bitcoin Mencetak Rekor Baru di 3 Negara: Harga BTC Tembus $31K

Published

on

Harga Bitcoin baru-baru ini mencetak rekor baru karena menembus level US$ 30.000 atau sekitar Rp 450 juta untuk pertama kali sejak April 2023. Menariknya, kenaikan Bitcoin ini juga membuat anomali volatilitas di tiga negara, Argentina, Venezuela, dan Lebanon. Ada apa?

Dikutip Cointelegraph, Bitcoin (BTC) mengetuk level US$ 31.000 atau sekitar Rp 465 juta untuk ketiga kalinya tahun ini pada tanggal 25 Juni lalu, karena penutupan mingguan menjanjikan volatilitas. Data TradingView menunjukkan pergerakan harga BTC yang berfokus pada level tertinggi tahunan.

Harga BTC tetap kuat selama akhir pekan karena perhatian terfokus pada peristiwa geopolitik di Rusia dan negara-negara sekitarnya. Dengan ketegangan yang berkurang pada hari itu, keingintahuan atas reaksi pasar pada pembukaan 26 Juni tetap ada, dengan penutupan lilin mingguan — yang sudah menjadi sumber volatilitas klasik — menjadi yang utama.

Raih Level Tertinggi Bitcoin

Illustrasi Bitcoin.

Baca juga: Peluang Karir di Industri Blockchain dan Web3: Potensi di Indonesia

Dalam analisis terbaru, trader populer Rekt Capital menempatkan “skenario paling bullish” untuk penutupan mingguan di atas angka penting US$ 30.000.

“BTC pada pertengahan April ditolak dari resistensi $30.000. Mari kita lihat apakah $BTC dapat mengubah US$ 30.000 menjadi dukungan,” posting selanjutnya ditambahkan pada akhir pekan.

Advertisement

Analis kripto, Michaël van de Poppe mengatakan sedikit kurang percaya diri, pendiri dan CEO firma perdagangan Eight, mempertanyakan kemampuan bulls untuk mempertahankan momentum kenaikan.

“Bitcoin membuat harga tinggi yang bagus, di mana ia menyapu harga tertinggi tahunan,” katanya kepada para pengikut Twitter.

Anomali Harga Bitcoin

Grafik 1 hari BTC/TRY. Sumber: TradingView.

Baca juga: Deutsche Bank hingga Fidelity Bikin Bitcoin Bergairah, Optimis Naik Tinggi

Terlepas dari penurunan volatilitas terhadap dolar AS, Bitcoin berhasil mencetak rekor baru di tiga negara minggu ini.

Di Argentina, Venezuela, dan Lebanon, BTC mencapai level tertinggi yang pernah ada terhadap mata uang lokal. Bagi negara-negara tersebut, tren tersebut terus berlanjut sepanjang tahun 2023 karena inflasi dan pilihan kebijakan ekonomi makro dengan cepat mengikis daya beli.

Di Turki, di mana lira jatuh ke posisi terendah baru terhadap dolar, BTC/TRY mendekati area puncaknya sejak Desember 2021.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan Nabung kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, nabung kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular

Exit mobile version