NFT

Yuk, Kenalan dengan Game MMORPG MIR4 yang Berbasis NFT

Published

on

Saat ini, di era di mana Web3 sudah mulai merajalela, game tidak lagi menjadi sebuah produk hiburan. Namun, game juga bisa dimainkan untuk memberikan penghasilan tambahan, seperti game NFT yang beberapa waktu belakangan sangat populer. Salah satu game NFT yang dianggap paling bisa menghasilkan yaitu MIR4, sebuah game MMORPG yang berbasis NFT.

Lantas, seperti apa game NFT yang satu ini dan bagaimana cara mainnya agar pemain bisa mendapatkan penghasilan? Yuk, simak informasi selengkapnya!

Baca juga: Ini 5 Game NFT Gratis yang Dapat Memberi Keuntungan 

Apa itu MIR4?

Source: Steam – MIR4 

MIR4 adalah game berbasis NFT dengan genre MMORPG, di mana game ini dimainkan oleh banyak pemain secara online dan setiap pemainnya memiliki peran masing-masing alias role-playing sebagai ksatria perang

Latar yang digunakan dalam game ini mayoritas berasal dari budaya oriental klasik khas Asia Timur, terkhusus Korea Selatan. Sebab, game NFT yang satu ini dikembangkan oleh developer sekaligus publisher game asal Korea Selatan yaitu Wemade Co., Ltd. dan dirilis di seluruh dunia pada 26 Agustus 2021 lalu.  Melansir Steam, saat ini sudah terdapat lebih dari 43 ribu pemain di seluruh dunia.

Advertisement

Jangan khawatir, Anda masih bisa memainkan game nft ini secara cuma-cuma sebab game ini adalah free-to-play. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan sejumlah aset kripto dengan melakukan mining atau penambangan. Sebab, MIR4 memiliki native token yang dikenal dengan sebutan DRACO. 

Native Token dan Aset dalam Game NFT MIR4

Source: CoinAlpha – DRACO 

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, game NFT ini memiliki native token yaitu DRACO. 

Bagi para pemain, dengan memiliki DRACO berarti bisa mengantarkan mereka untuk mendapatkan keuntungan. 

DRACO juga banyak digunakan pemain untuk membeli NFT yang ada di dalam game. Per tanggal 13 Juli 2022, satu keping DRACO dihargai senilai 0,1823 USD melansir XDRACO, marketplace NFT MIR4.

Bagaimana cara mendapatkan DRACO?

Untuk mendapatkan DRACO, salah satu cara yang banyak dilakukan pemain adalah dengan mengumpulkan Darksteel. 

Advertisement

Darksteel (DS) adalah resource utama dalam game, yang mana kegunaannya sangat banyak untuk kelangsungan gameplay. Misi utama bagi para ksatria adalah untuk mengumpulkan DS. 

Tanpa DS, para ksatria tidak bisa melakukan farming maupun mining. Para pemain bisa melakukan mining DS di “Hidden Valley” yang sudah disediakan oleh para pengembang MIR4. 

Per Februari 2022, setidaknya pemain harus mengumpulkan 400-600 ribu DS terlebih dahulu untuk mendapatkan 1 DRACO, ya. 

Meskipun Darksteel adalah komponen dari game MIR4, tetapi Anda tidak bisa semudah itu dalam mendapatkannya. 

Setidaknya Anda harus terlebih dulu mencapai level 40 untuk bisa menambang Darksteel di Hidden Valley. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya dengan menyelesaikan Quest dan Mission

Advertisement

Sementara itu, NFT yang ada di dalam MIR4 terdiri dari karakter game dan collectible items

Seperti yang diketahui, masing-masing pemain akan role-playing sebagai karakter ksatria perang. Karakter yang dimiliki tersebut juga bisa dibuat menjadi NFT dan dijual di marketplace, lho! Harganya pun bisa beragam, tergantung dengan kelangkaan atribut dan skill yang dimiliki.

Selain itu, ada juga collectible items sebagai NFT yang bisa Anda dapatkan dalam game MIR4. 

Umumnya, collectible items ini terdiri dari equipment dan atribut dari karakter. Mulai dari senjata hingga pakaian ksatria, seperti baju zirah dan sepatu.

Bagaimana Cara Mendaftar MIR4?

Cara mendaftar MIR4 cenderung mudah, yaitu sebagai berikut.

  1. Anda hanya perlu men-download game-nya terlebih dahulu. 
    1. MIR4 bisa didapatkan di berbagai macam platform mulai dari Windows, Steam, App Store, hingga Google Play Store. 
    2. Untuk mulai bermain di perangkat PC, Anda juga bisa men-download di website resmi MIR4 yaitu https://mir4global.com/. Sebelum itu, pastikan perangkat yang Anda gunakan sesuai dengan spesifikasi game NFT ini, ya, agar game bisa di-download dan dimainkan dengan lancar.

Setelah itu, Anda bisa membuat akun dan mendaftar MIR4

  1. Jika Anda adalah pemain baru, maka Anda harus mendaftar lewat akun Google, Apple ID, atau Facebook. 
  2. Sebaliknya, apabila Anda sudah pernah membuat akun dan bermain MIR4, Anda bisa memilih untuk transfer data. 
  3. Terdapat opsi lain yang bisa Anda pilih untuk bermain tanpa harus mendaftar, yaitu sebagai Guest.

Cara Bermain MIR4

Source: Steam – MIR4 

Setelah mengetahui serba-serbi permainan yang bisa memberikan pemasukan bagi para pemainnya ini, saatnya pahami tata cara bermain MIR4. 

Advertisement
  1. Di awal permainan, Anda akan diberikan arahan berupa tutorial dan automatic gameplay untuk memperkenalkan fitur dalam game
  2. Selanjutnya, Anda bisa melengkapi equipment juga skill karakter Anda. Ada lima karakter yang bisa Anda pilih, yaitu Warrior, Sorcerer, Taoist, Lancer, dan Arbalist.

Source: Steam – MIR4 

  1. Setelah itu, saatnya Anda menjalankan Quest serta Mission yang tersedia dalam game
  2. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa bergabung dengan klan yang terdiri dari 50 pemain untuk kemudian bertanding dengan klan lain. 
  3. Aktivitas lainnya juga bisa Anda lakukan seperti mulai farming dan mining untuk Darksteel, mengumpulkan sekutu untuk mendapatkan rare loot secara cuma-cuma, hingga pengepungan kastil musuh. 

Tentunya, agar level Anda bisa terus meningkat, Anda harus banyak melakukan beragam aktivitas dalam game.

Jadi, itulah penjelasan mengenai serba-serbi game MMORPG berbasis NFT yang bernama MIR4. Tertarik untuk mencobanya? 
Jika Anda ingin tahu lebih dalam seputar dunia NFT, khususnya NFT art yang masih terus digemari oleh berbagai kalangan secara global, Anda bisa mendaftarkan diri di TokoMall dan gabung ke komunitas NFT TokoMall di Discord atau Telegram. Yuk, saatnya terjun ke dunia NFT sebagai Official Partner (Kreator) ataupun Creator (Kolektor) sekarang!

Popular

Exit mobile version