Business

CEO Celsius Mundur di Tengah Kebangkrutan, Harga CEL Anjlok

Published

on

CEO Celsius, Alex Mashinsky, resmi mengundurkan diri pada Rabu (27/9) di tengah proses kebangkrutan perusahaannya. Mashinsky berujar bahwa dia menyesal bahwa perannya di perusahaan pemberi pinjaman kripto tersebut bisa membawa kesengsaraan.

Alex Mashinsky, CEO Celsius Network telah mengajukan surat pengunduran diri kepada Dewan Direksi perusahaan. “Saya memilih untuk mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai CEO Celsius Network hari ini,” kata Mashinky dalam sebuah pernyataan.

“Namun demikian, saya akan terus mempertahankan fokus saya untuk bekerja membantu masyarakat bersatu di belakang sebuah rencana yang akan memberikan hasil terbaik bagi semua kreditur – yang telah saya lakukan sejak Perusahaan mengajukan kebangkrutan.”

Dalam surat resminya, Mashinsky mengatakan bahwa dia menyesali betapa banyak “gangguan” saat kehadirannya sebagai CEO perusahaan.

“Saya sangat menyesal tentang keadaan keuangan yang sulit yang dihadapi anggota komunitas kami,” tambahnya.

Advertisement
Celcius Network ditinggal Alex Mashinsky dari jabatan CEO.

Baca juga: Alasan Tingkat Adopsi Kripto Vietnam Tinggi, Kalahkan Indonesia

Kinerja Buruk

Mashinsky diduga bertanggung jawab atas serangkaian perdagangan yang buruk pada awal 2022 yang memicu kejatuhan Celsius Network. Awal mulanya Celsius adalah salah satu pemberi pinjaman kripto besar pertama yang membekukan penarikan pengguna, karenmarket jatuh pada pertengahan Juni tahun ini.

Setelah berminggu-minggu diam, perusahaan akhirnya mengajukan kebangkrutan, sambil mengungkapkan lubang utang sebesar US$ 1,2 miliar dolar AS di neraca.

Menjelang pengajuan kebangkrutan, data on-chain menunjukkan bahwa Celsius dengan tergesa-gesa membayar kembali uang untuk berbagai pinjaman DeFi guna menghindari dilikuidasi lebih dari US$ 440 juta dalam bentuk Bitcoin yang dijaminkan. Perusahaan akhirnya membayar kembali seluruh pinjaman dan memulihkan dana.

Perusahaan sejak itu memperoleh izin untuk menjual Bitcoin yang ditambang untuk membayar operasinya. Angka Juli menunjukkan operasinya mengalami kerugian, tetapi seorang hakim New York memutuskan bahwa langkah itu pada akhirnya akan membantu investor.

Celcius Network ditinggal Alex Mashinsky dari jabatan CEO.

Baca juga: Platform Metaverse Terbesar di Asia, Zepeto Tingkatkan Ekspansi Global

Awal bulan ini, pejabat Vermont menuduh bahwa Celsius diam-diam bangkrut sejak 2019 dan bahwa Alex Mashinsky telah membuat pernyataan palsu dan menyesatkan untuk membesar-besarkan kesehatan keuangan perusahaan.

Advertisement

Harga CEL Jatuh

Imbas dari kabar tersebut sempat membuat harga Celsius (CEL), kripto asli Celsius Network anjlok. Pergerakan harga CEL, tak lama setelah pengumuman itu muncul, terlihat menurun sebanyak 11% dan menyentuh titik US$ 1,31. Titik tersebut sekaligus menjadi harga terendahnya dari sejak 9 September lalu.

CEL sekarang diperdagangkan sangat dekat dengan garis support menaik. Terobosan di bawahnya kemungkinan akan mengarah ke posisi terendah tahunan yang baru.

Pada saat artikel ini ditulis harga CEL kini berada di level US$ 1,46 atau anjlok 4,15% dalam sehari terakhir. Peringkat CoinMarketCap saat ini adalah #96, dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar US$ 347.335.196.

Popular

Exit mobile version