Business

Genesis Terancam Bangkrut Potensi Kirim Bitcoin ke Titik Rendah Baru

Published

on

Perusahaan pemberi pinjaman aset kripto, Genesis, dikabarkan memiliki potensi untuk bangkrut, jika tidak mendapatkan modal baru untuk operasional bisnisnya. Genesis merupakan salah satu perusahaan yang terpaksa menghentikan penarikan dana, setelah memiliki eksposur dengan FTX.

Perusahaan dilaporkan menghadapi kesulitan mengumpulkan uang untuk unit pinjamannya dan mengatakan kepada investor bahwa mereka harus mengajukan kebangkrutan, menurut laporan Bloomberg mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

The Wall Street Journal, juga mengutip sumber melaporkan bahwa Genesis mencari dana dari Binance dan Apollo Global Management. Binance telah menolak untuk berinvestasi, dengan alasan potensi konflik kepentingan.

Genesis dan FTX

Crypto exchange, FTX. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Melihat Potensi Cuan Token Kripto saat Piala Dunia 2022

Dilaporkan pada 16 November, Genesis mengumumkan telah menghentikan sementara penarikan dengan alasan “gejolak pasar yang belum pernah terjadi sebelumnya” setelah keruntuhan FTX. Perusahaan sebelumnya mengungkapkan pada 10 November bahwa ada dana senilai sekitar US$ 175 juta yang tertahan di akun perdagangan FTX.

Kebangkrutan FTX membuat Genesis menghadapi krisis likuiditas dan sedang mencari pinjaman darurat besar-besaran untuk menyelamatkannya dari nasib serupa.

Advertisement

Penularan kehancuran FTX tersebar luas, dan Genesis telah menjadi salah satu yang paling terpukul. Itu telah menerima miliaran FTT -token asli FTX- sebelum kebangkrutan perusahaan. Selain itu, tingkat ketergantungannya pada FTX dapat menyebabkan kejatuhannya sendiri.

Bantahan

Seorang juru bicara Genesis mengatakan kepada Cointelegraph bahwa tidak ada rencana untuk mengajukan kebangkrutan “dalam waktu dekat” dan terus melakukan diskusi “konstruktif” dengan kreditor.

“Kami tidak memiliki rencana untuk mengajukan kebangkrutan dalam waktu dekat. Tujuan kami adalah untuk menyelesaikan situasi saat ini secara konsensus tanpa perlu mengajukan kebangkrutan. Genesis terus melakukan percakapan yang konstruktif dengan para kreditur.”

Bitcoin Jatuh

Ilustrasi Bitcoin.

Baca juga: Melihat Koleksi NFT Cristiano Ronaldo dengan Binance, Keunggulannya?

Berita awal yang menyebutkan Genesis berpotensi untuk bangkrut mengirim Bitcoin (BTC) ke level terendah baru dua tahun di US$ 15.480. Tapi harga telah sepenuhnya pulih kembali ke tempat sebelum cerita Bloomberg keluar, diperdagangkan sekitar US$ 15.786 pada pembaruan ini.

Harga Bitcoin bereaksi terhadap tekanan yang ditempatkan di pasar oleh penularan FTX yang meluas, mencapai level terendah tahunan setelah periode di mana banyak orang mengira titik terendah bear market telah ditemukan.

Advertisement

Data dari Glassnode menunjukkan Bitcoin: Realized Profit and Loss sebesar US$ 1,45 miliar untuk pekan tanggal 12 November, menempati peringkat keempat terbesar dalam sejarah.

Popular

Exit mobile version