NFT

Jual-Beli NFT Enggak Pakai Ribet di TokoMall

Published

on

NFT (non-fungible token) adalah sebuah token unik yang merepresentasikan kepemilikan aset digital seperti foto, video, lagu hingga meme yang disimpan di blockchain. Bisa dibilang NFT adalah sebuah sertifikasi kepemilikan terhadap sebuah file digital.

NFT lagi rame banget jadi topik obrolan orang-orang akhir ini. Kehadiran NFT dirasa sebagai solusi terhadap permasalahan replikasi atau plagiasi konten yang sering menjadi permasalahan dalam dunia digital.

Di Indonesia sendiri aset digital NFT masih tergolong baru, belum ada data lengkap mengenai tren pertumbuhannya. Namun, mengutip Dappradar, tren transaksi penjualan NFT secara global menyentuh angka US$ 25 miliar sepanjang 2021.

Ada NFT marketplace lokal yaitu TokoMall sebagai platform seniman atau konten kreator membuat karyanya menjadi aset digital. TokoMall sebagai pelopor marketplace NFT pertama yang ada di Indonesia, sangat mendukung artis hingga kreator lokal.

Baca juga: Miris! NFT Tweet Pertama Jack Dorsey Dijual Rp 689 Miliar, hanya Ditawar Tertinggi Rp 4 Juta

Advertisement

Mereka bisa membuat konten dalam bentuk tokenisasi NFT mulai dari tiket konser hingga karya lainnya seperti image, video, audio, hingga opini itu bisa di-NFT kan. Hingga konten NFT itu bisa menjadikan pundi-pundi keuangan mereka.

Penjualan NFT juga memberikan artis dan kreator lokal peluang untuk mendapat royalti setiap karyanya terjual kembali. Hal ini dianggap dapat memecahkan masalah lain dari karya seni digital, yakni kurangnya apresiasi terhadap seniman atas karya seninya.

NFT juga memberikan sebuah pengalaman baru yang mendekatkan penggemar dengan artis atau konten kreator. Selain penggemar mengoleksi produk NFT (dari nilai estetika), mereka juga bisa mendapatkan benefit lain dari NFT yang mereka pegang. Ini juga bisa dimonetisasi lagi sehingga mendapatkan pemasukan baru.

Simak video berikut jika ingin tahu lebih lanjut soal TokoMall.

Advertisement

Popular

Exit mobile version