Market

Perkiraan Suku Bunga The Fed dari BlackRock, Bitcoin (BTC) Meningkat?

Published

on

Pasar kripto dan Bitcoin akan selalu menjadi sorotan dalam penentuan kebijakan moneter yang diambil oleh The Federal Reserve (The Fed) di Amerika Serikat. The Fed memiliki kendali atas suku bunga, yang kemudian memiliki dampak besar pada berbagai aset keuangan, termasuk kripto terkemuka, seperti Bitcoin (BTC).

Saat ini, sejumlah entitas keuangan dan analis pasar telah memberikan perkiraan terkait dengan arah yang mungkin diambil oleh The Fed dalam hal suku bunga, dan salah satu perusahaan yang menonjol dalam hal ini adalah BlackRock, salah satu manajer investasi terbesar di dunia.

BlackRock telah menjadi suara yang sangat dihormati dalam dunia keuangan, dengan aset di bawah manajemennya mencapai triliunan dolar AS. Perusahaan ini memiliki sejarah panjang dalam membuat prediksi yang akurat terkait dengan perkembangan ekonomi dan kebijakan moneter.

Oleh karena itu, ketika BlackRock memberikan perkiraan terkait dengan suku bunga The Fed, banyak orang di seluruh dunia keuangan cenderung mendengarkannya dengan seksama.

Proyeksi Suku Bunga The Fed

BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.

Baca juga: Dominasi Bitcoin Meningkat! Bagaimana Akan Pengaruhi BTC dan Altcoin?

BlackRock, mengatakan bahwa The Fed kemungkinan akan mempertahankan suku bunga tetap tinggi hingga tahun 2024.

Advertisement

Pada titik ini, Laura Cooper, ahli strategi investasi makro senior di BlackRock, mengatakan kepada Dow Jones Newswires bahwa The Fed harus mempertahankan suku bunga dalam wilayah pembatasan hingga tahun 2024 karena tekanan inflasi yang sedang berlangsung.

“Meskipun ada tanda-tanda kuat penurunan inflasi, inflasi kemungkinan akan tetap berada di atas target FED sebesar 2% karena tekanan harga. Pada titik ini, kami memperkirakan FED akan mempertahankan suku bunga stabil pada hari Rabu namun tetap membuka pintu bagi kenaikan suku bunga di masa depan,” kata Cooper.

Gagasan untuk tetap berpegang pada data ekonomi AS akan meluas karena Ketua Fed Jerome Powell tetap siap untuk mempertahankan opsi pengetatan lebih lanjut jika diperlukan.

“Di sini kami berpendapat bahwa suku bunga harus tetap berada di zona pembatasan hingga pertengahan tahun 2024, setelah itu suku bunga harus disesuaikan kembali ke arah netral,” tambah Cooper.

Bitcoin naik?

Ilustrasi aset kripto Bitcoin dan XRP. Sumber: FX Empire.

Baca juga: Asosiasi dan OJK Kolaborasi Perkuat Perdagangan Kripto di Indonesia

Sebelumnya, Bitcoin mencapai puncaknya sebesar $69.000 pada November 2021, ketika FED mulai menaikkan suku bunga.

Advertisement

Karena pasar bearish berikutnya berhubungan langsung dengan kenaikan suku bunga FED, perubahan kebijakan diperkirakan akan mengakhiri pasar bearish dan BTC dapat kembali ke masa lalu.

Seperti yang mungkin Anda ingat, BlackRock mengajukan permohonan ke SEC untuk mendapatkan ETF Bitcoin spot pada bulan Juni. Penerapan ini berdampak positif pada harga BTC sehingga menyebabkan BTC naik.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apa pun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas berisiko tinggi.

Advertisement

Popular

Exit mobile version