Bitcoin News

Prediksi Harga BTC, Jika ETF Bitcoin Spot Disetujui SEC

Published

on

Pakar industri di ekosistem pasar kripto terus menyuarakan optimisme atas persetujuan ETF Bitcoin spot. Selain itu, keputusan penting dalam gugatan Grayscale dapat bertindak sebagai preseden hukum dan peraturan untuk persetujuan ETF spot di Amerika Serikat.

Sebelumnya, CoinGape melaporkan bahwa analis JP Morgan yakin Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) akan dipaksa untuk menyetujui ETF Bitcoin Grayscale menjadi ETF spot. Namun, masih harus dilihat perusahaan mana di antara perusahaan seperti Blackrock, Ark Invest, Fidelity Bitwise yang akan menerima pengajuan ETF.

Gelombang Baru Investasi Bitcoin

Penggiat komunitas kripto percaya bahwa persetujuan ETF dapat mendatangkan gelombang dana baru ke pasar aset digital. Lark Davis, seorang investor Bitcoin, mengatakan diperkirakan antara US$ 20 miliar hingga US$ 30 miliar uang tunai dapat diinvestasikan dalam Bitcoin, ketika ETF disetujui. Sebagai gambaran, jumlah ini bisa bernilai sekitar 50% dari seluruh BTC yang ada di bursa kripto saat ini.

“Perkiraannya adalah bahwa ETF Bitcoin spot akan menghasilkan US$ 20 miliar-US$ 30 miliar uang tunai segar ke dalam Bitcoin. Itu akan membeli sekitar setengah dari seluruh koin di bursa dengan harga saat ini.”

Grafik harga emas saat Gold Trust ETF diluncurkan di Amerika Serikat. Sumber: X (@TheCryptoLark).

Baca juga: Bursa Komoditi Nusantara akan Jadi Pusat Informasi Kripto di Indonesia

Konsep ETF yang didukung oleh aset non-pemerintah secara historis berhasil dengan baik di Amerika Serikat. Misalnya, peluncuran SPDR Gold Trust ETF (GLD), dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas pada bulan November 2004 ternyata sukses. Setelah peluncuran ETF pertama yang didukung emas, nilai emas terus meningkat selama bertahun-tahun. Akankah harga BTC mengulangi tren serupa setelah ETF Bitcoin disetujui?

Advertisement

Prediksi Harga BTC

Berdasarkan angka perkiraan, pemasukan baru setidaknya dapat memicu reli Bitcoin sebesar 50% dari kisaran saat ini. Michael Saylor, salah satu pendiri MicroStrategy dan pendukung Bitcoin, terus percaya pada aset tersebut karena perusahaan memproyeksikan pembelian BTC lebih lanjut, memperkuat posisinya sebagai pemegang Bitcoin institusional terbesar.

Sementara itu, Davis menjelaskan kemenangan hukum tidak menjamin hal itu akan terjadi, tapi setidaknya SEC harus mempertimbangkan permintaan ini secara adil. Kenaikan Bitcoin menarik pasar kripto lainnya naik. Namun, kurang dari seminggu kemudian, mata uang digital terkemuka dunia ini kembali ke level US$ 26.000 dan bahkan turun sedikit.

Musim panas dan musim semi ini, beberapa pemain besar Wall Street, termasuk Ark Invest yang dijalankan oleh investor terkenal Cathie Wood, dan dana manajemen terbesar di dunia BlackRock, mengajukan pengajuan mereka ke SEC untuk mendapatkan izin meluncurkan ETF spot Bitcoin. Keputusan pengajuan Ark Invest telah ditunda oleh SEC.

Seperti dilansir U.Today baru-baru ini, pakar Bloomberg, Eric Balchunas, yakin dengan izin yang akan datang untuk meluncurkan ETF spot Bitcoin. Ia yakin kemungkinan hal tersebut kini meningkat sekitar 75% pada tahun ini dan 94% pada akhir tahun 2024.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Popular

Exit mobile version