Market

Survei: Investor Kripto Tetap Bertahan di Tengah Ketidakpastian Pasar

Published

on

Di tengah kondisi pasar yang tidak menentu, investor kripto tetap teguh memegang aset mereka. Menurut survei “2024 Global State of Crypto”, tingkat kepemilikan kripto stabil atau bahkan meningkat di beberapa negara, menunjukkan komitmen investor yang kuat meskipun pasar bergejolak.

Survei ini mengungkapkan bahwa investor di Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Singapura tetap optimis terhadap masa depan kripto.

Investor Ritel Tidak Menjual Aset Kripto Mereka

Di Amerika Serikat, 21% orang dewasa memiliki mata uang kripto, angka yang sama seperti tahun sebelumnya. Di Inggris, 18% penduduk terus memegang aset digital mereka.

Di Prancis, kepemilikan kripto naik dari 16% pada tahun 2022 menjadi 18% pada tahun ini. Namun, Singapura mengalami penurunan dari 30% menjadi 26%.

Advertisement
Penjualan Kripto Melambat dalam 6 Bulan Terakhir. Sumber: Laporan Keadaan Kripto Global Gemini 2024.

Baca juga: 8 Altcoin yang Berpotensi Meroket, Ada Apa?

Kenaikan kepemilikan ini dipicu oleh motivasi jangka panjang. Sekitar 65% dari pemilik kripto di negara-negara tersebut membeli kripto dengan harapan investasi jangka panjang, dan 38% melihat kripto sebagai lindung nilai terhadap inflasi. Hal ini menunjukkan pendekatan strategis dalam menghadapi kondisi pasar yang fluktuatif.

Penjualan Aset Kripto Menurun

Survei juga menemukan bahwa semakin sedikit investor yang menjual aset mereka dalam enam bulan terakhir dibandingkan dengan yang menjual lebih dari setahun lalu. Di Singapura, hanya 10% investor yang menjual aset mereka baru-baru ini, dibandingkan dengan 49% yang melikuidasi aset lebih dari setahun lalu. Ini menandakan adanya perubahan ke arah optimisme.

Bahkan, investor yang sudah keluar dari pasar pun mulai tertarik untuk kembali. Lebih dari 70% mantan pemilik kripto mempertimbangkan untuk berinvestasi kembali dalam setahun ke depan. Di antara investor saat ini, 57% merasa cukup yakin menjadikan kripto sebagai bagian penting dari portofolio mereka, dan 27% mantan investor berencana untuk kembali ke pasar.

Optimisme Jangka Panjang

epemilikan Kripto Berdasarkan Negara. Sumber: Laporan Keadaan Kripto Global Gemini 2024.

Temuan survei ini didukung oleh data dari CoinGecko, yang menunjukkan bahwa 54,1% investor optimis terhadap masa depan pasar kripto. Meski ada 31,6% yang pesimis, mayoritas pengembang (47,6%) tetap percaya pada masa depan kripto.

Selain itu, Exchange Traded Funds (ETF) Bitcoin telah menarik investor baru. Sekitar dua dari lima pemilik kripto di AS kini menyimpan sebagian portofolio mereka dalam ETF kripto, sementara 13% hanya memiliki kripto melalui dana ini.

Advertisement

Kripto Menjadi Isu Penting di Pilpres AS 2024

Menjelang pemilihan presiden AS 2024, kripto menjadi salah satu isu kampanye yang penting. Sebanyak 73% responden di AS mengaku akan mempertimbangkan posisi kandidat terkait mata uang kripto saat memberikan suara, dengan 37% menyatakan bahwa hal ini sangat memengaruhi keputusan mereka.

Dengan peluang ini, industri kripto memiliki kesempatan untuk menarik kembali mantan investor serta menarik minat investor baru.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading crypto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular

Exit mobile version