Bitcoin News

Tren Bitcoin 14-18 Octobull 2024: Sumber Liquidity Stimulus Tiongkok By Hoteliercrypto

Published

on

Artikel analisa tren Bitcoin (BTC) ini hasil kolaborasi Tokocrypto dengan Hoteliercrypto.

Biasanya Judul saya telat seminggu, jika beritanya positif dan lebih cepat seminggu, jika beritanya negatif. Cenderung Begitu. Jika Judulnya TP-TP maka efeknya adalah seminggu ke depan dari yang dijadwalkan.

Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Nah mari kita review minggu lalu. Chart kita lumayan Akurat

Secara data: 

Stimulus Tiongkok yg mengecewakan sudah terprediksi di hari Senin, Selasa yang tak ada data mencerminkan tak ada volume, tetapi saya salah di hari Rabu soal Fed Meeting Minutes, saya begitu yakinnya bahwa hasil meeting itu dovish karena sebagian besar Fed Member dovish seperti Kashkari yang memprediksi potongan 50 bps di FOMC November 2024, namun pasar terhenyak FOMC meeting minutes keluar Hawkish dan DXY melejit ke 102.8, menggerus Bitcoin

Kaget? Sedikit saja kagetnya, karena Bitcoin kembali lagi kan? Akibat CPI yang naik, Fed kembali Hawkish. Tapi ingat bottomnya adalah AS tak punya duit, dari mana mau biayain hawkishnya. PPI hari ini akan mengejutkan.

Itulah arti dari kalimat saya DXY bullrun, minyak bullrun namun Bitcoin juga bullrun, itu adalah tanda bahwa liquidity DXY tergerus, dan kenaikannya hanya disebabkan oleh berkurangnya jumlah sirkulasi koin Dollar. 

Akun dikunci, tak bisa kasih link

Data Minggu Depan

Mari kita bedah data minggu depan:

Senin, 14 October 2024

04.00 WITA: China New Loans reports + M2 Supply Tiongkok

Ilustrasi data China New Loans. Sumber: Investing.com.

Pada dasarnya, Bitcoin naik jika M1 Tiongkok naik, M1 adalah jumlah uang yang beredar termasuk Cash, Deposito jangka pendek, dan tabungan. 

Dan kenaikan jumlah pinjaman (China New Loan) mengkonfirmasi jika Tiongkok akan ambil sumber liquidity dari M2 Supply.

Ilustrasi data China M2 Money Stock YoY. Sumber: Investing.com.

Maka jika M2 Supply Tiongkok naik, Yuan akan Inflasi, dan Yuan akan jadi makanan Bitcoin atau sumber bensin, setelah beberapa mata uang lain. 

Jika M2 Supply Tiongkok naik, maka Bitcoin bisa punya bensin setahun ke depan, naiknya seberapa tajam tergantung seberapa besar kenaikan M2 Supply. Bitcoin dapat bensin dari melemahnya dollar akibat dedolarisasi walaupun DXY naik, serta meningkatnya Inflasi Yuan dari stimulus Tiongkok. 

Aduh pusing saya sama jam-jam ini, investing.com pake jam AS untuk menginformasikan jam Tiongkok, yang mana saya pakai jam Bali dan follower saya pakai jam Jakarta. 

Sumber: Investing.com.

03.00 WITA: Fed’s Waller Speaker 

Waller tak perlu dipusingkan, tapi kalimatnya bisa jadi ide seberapa dovish Fed melonggarkan kebijakan moneter.

Kira-kira Candle hari senin begini, JIKA pengumuman hari Sabtu sukses atas Stimulus Tiongkok.

Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Selasa, 15 October 2024

– No data kecuali New York Empire state manufacturing Index

Ilustrasi data US Empire State Manufacturing index. Sumber: Investing.com.

Kalau tak ada data besar, candle akan slow, cenderung merah dan retest. 

Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

New York dapat dikategorikan acuan ekonomi AS, jika hasilnya baik, ekonomi AS cenderung baik. Dan Dollar menguat. 

Rabu, 16 October 2024

– No data kecuali Export Price Index month

Ilustrasi data US Consumer Price Index. Sumber: Investing.com.

Jika Export membaik, DXY naik, jika Export AS tetap di angka Minus maka DXY turun.

Sama dengan Selasa, Rabu saya prediksi Slow volume, karena tak ada data, dan DXY tak dapat naik.

Kamis, 17 October 2024

– 08.30 WITA: Retail sales dan Claim data

Ilustrasi data China Retail Sales YoY. Sumber: Investing.com.

Retail sales yg keluar bebarengan dengan Claim data mengecilkan pengaruh claim data yang sudah kecil. Jika Retail sales naik maka DXY menguat. NFP yg naik seharusnya mengingkatkan Retail sales. Retail sales adalah data belanja masyarakat. 

Saya ingatkan, DXY bullrun, Minyak Bullrun, Bitcoin juga bullrun, alasannya bensin bullrun DXY bukan dari ekonomi yang naik, tetapi dari fungsinya sebagai Medium exchange store of Value. Ekonomi AS tetap Bucuk ditandai dengan tren Bitcoin yang naik. Bitcoin membongkar kebobrokan pemerintah mengatur sistem keuangan. Sehingga masa “Good News is Good news” itu adalah sekarang, tak perlu diinverse.

Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Jumat, 18 October 2024

09.30 WITA: China House Price

Ilustrasi data China House Prices YoY. Sumber: Investing.com.

Ingat, Pemerintah mencetak uang M2 Supply dari kenaikan harga rumah, jika harga rumah naik, tandanya pemerintah Tiongkok mulai cetak, jika pemerintah tidak cetak maka harga rumah ini akan terus ambles, itulah tanda deflasi. Tiongkok harus mengakhiri Periode deflasinya agar ekonominya kembali jalan, namun Tiongkok ingin memastikan bahwa stimulusnya dinikmati lokal, bukan asing.

10.00 WITA: China GDP + China Retail sales

lustrasi data China Gross Domestic Product. Sumber: Investing.com.

Seiring dengan membumbungnya berita stimulus, dapat dipastikan GDPnya naik, jika inflasi naik maka GDPnya Tiongkok naik. Emang begitu rumusnya. Jika GDP Tiongkok naik, tren Bitcoin naik.

lustrasi data China Retail Sales YoY. Sumber: Investing.com.

Retail Sales Tiongkok juga dapat dipastikan naik selama GDP naik, M2 supply naik dan ekonomi naik. Ini baik untuk Yuan dan buruk untuk Dollar.

10.00 WITA: China NBS

Pengumuman penting tentang kebijakan Ekonomi. 

20.30 WITA: Housing starts

Kita tahu M2 Supply AS naik keras, dan itu pastik diikuti oleh jumlah rumah baru yang dibangun. Jika Housing Starts naik, maka DXY naik, pada keadaan normal ini dapat mengoreksi Bitcoin, tapi karena kita dimasa Good news is Good news, Bitcoin tetap akan naik karena pembangunan rumah itu mengonfirmasi bahwa M2 supply naik.

Begini kira-kira Candle Jum’at

Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Itulah prediksi Tren Bitcoin minggu depan, untuk lebih detail dan konsultasi, bisa subscribe di X.com/hoteliercrypto

Ingat, semua ini hanyalah analisa pribadi, saya sering salah dan Bitcoin tidak nurut sama saya, karena saya bukan managernya, tetaplah analisa sendiri, dan jangan mengacau hanya pada satu sumber. Teliti ulang sebelum membeli.

Terima kasih sudah membaca


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular

Exit mobile version