Uni Emirat Arab-Arab Saudi Dorong Mata Uang Digital Aber

0
109

Bank Sentral UEA (UAECB) dan Otoritas Moneter Arab Saudi (SAMA) bersama kemarin mengumumkan bahwa mereka akan bersama-sama meluncurkan proyek mata uang digital “Aber” dengan tujuan menggunakan blockchain dan mendistribusikan teknologi buku besar untuk penyelesaian jasa keuangan antara kedua negara. Namun, saat ini hanya untuk penggunaan percobaan dan hanya tersedia untuk beberapa bank di kedua negara.

Menurut pengumuman itu, Aber berada dalam kerangka pembuktian konsep untuk memahami dan mempelajari teknologi dan kelayakan melalui aplikasi praktis dan penentuan dampaknya terhadap biaya pengiriman uang. Rencana tersebut akan memungkinkan kedua negara untuk memahami persyaratan untuk mengeluarkan mata uang digital, memberikan opsi tambahan untuk sistem transfer fiskal pusat dari kedua negara, dan memungkinkan beberapa bank untuk lebih langsung dalam menangani pengiriman uang keuangan. Aber juga dapat menjadi sistem cadangan tambahan di luar sistem pembayaran dan penyelesaian pusat domestik untuk mencegah yang sebelumnya terganggu karena alasan apa pun.

Pengumuman mengatakan bahwa bank sentral di beberapa negara telah memulai program percontohan untuk mengeksplorasi mata uang digital dan aplikasi blockchain. Bank Sentral Uni Emirat Arab dan Otoritas Moneter Arab Saudi juga berharap untuk memulai proyek percontohan untuk belajar dan mengambil manfaat darinya. Meskipun kedua negara telah membentuk sistem pusat mereka sendiri untuk pengiriman uang dan transaksi domestik, dan telah membuktikan kelayakan mereka, kedua negara memilih untuk meluncurkan proyek bersama daripada secara independen karena mereka percaya bahwa masih ada beberapa bidang untuk pengembangan pengiriman uang internasional lebih lanjut.

Menurut pernyataan itu, Bank Sentral Uni Emirat Arab dan Otoritas Moneter Arab Saudi berharap bahwa baik lokal maupun internasional akan mendapat manfaat dari rencana tersebut. Selain itu, Aber pada awalnya akan fokus pada teknologi. Jika tidak ada kendala teknis, persyaratan ekonomi dan hukum akan dipertimbangkan untuk penggunaan di masa mendatang.