Sejarawan Keuangan Inggris Niall Ferguson Mengatakan Bitcoin Adalah ‘Opsi untuk Digital Emas’

0
45

Niall Ferguson, sejarawan ekonomi dan keuangan Inggris, percaya bahwa Bitcoin (BTC) adalah “pilihan emas digital,” seperti yang dia katakan dalam wawancara dengan majalah blockchain Breaker Mag pada 13 Februari.
Ferguson, sejarawan terkenal dunia dan penulis empat belas buku seperti The Ascent of Money, menyatakan bahwa Bitcoin itu sendiri adalah “hanya uang dalam arti yang sangat terbatas,” menekankan bahwa cryptocurrency tertua tidak mampu menjadi uang sebagai alat pembayaran karena masif keriangan.
Namun, dalam waktu dekat, fungsi utama Bitcoin akan berfungsi sebagai jenis asuransi, Ferguson menyatakan, menjelaskan bahwa itu adalah aset yang sulit disita, dan siapa pun mungkin memegang kunci pribadi dengan cara yang sama seperti yang digunakan orang kaya Eropa untuk menimbun perhiasan emas. dan batu-batu berharga.
Sementara Ferguson mengatakan bahwa jelas bahwa uang masa depan akan digital, dia masih menyatakan skeptis tentang stablecoin, yang merupakan mata uang digital yang dirancang untuk memberikan volatilitas minimum dan dipatok pada mata uang fiat, komoditas atau algoritma.
Ferguson menyatakan bahwa mata uang fiat memang berkinerja sangat baik dalam beberapa tahun terakhir dalam hal inflasi. Dalam konteks ini, Ferguson mengatakan bahwa membangun pengganti untuk sesuatu yang telah dilakukan dengan baik sejak didirikan pada tahun 1970-an adalah “bukan strategi yang jelas menang.”
“Pembangun Stablecoin harus ingat bahwa Bitcoin adalah jenis aset yang tidak biasa, yang tidak berkorelasi erat dengan kelas aset lainnya. Investor seperti keanehan itu. ”
Mengenai masa depan uang, Ferguson menyatakan harapan bahwa komunitas global akan mengadopsi sistem pembayaran universal yang memperlakukan semua orang secara setara, dari “0,1 persen” hingga “kelas besar” orang-orang yang berada di luar sistem keuangan, dan harus bergantung pada uang tunai dan pinjaman hari gajian. Ferguson juga menyatakan keprihatinan tentang entitas terpusat besar yang mungkin mendapatkan kontrol atas transaksi pelanggan:
“Mimpi buruk saya adalah Amazon, Google, atau Facebook menciptakan beberapa versi dolar digital yang sangat populer di mana setiap transaksi akan dipantau oleh data besar platform jaringan dan sistem AI [kecerdasan buatan], ke tingkat yang lebih besar. Sejauh yang sudah benar. ”
Sebelumnya hari ini, Mike Novogratz, mantan mitra Goldman Sachs dan pendiri bank pedagang crypto Galaxy Digital, berpendapat bahwa Bitcoin akan menjadi emas digital, mengklaim bahwa itu akan menjadi uang berdaulat.