Connect with us

Launchpad

Satu Dekade Sejak Bitcoin Tercetus

Published

on

satu dekade bitcoin tercetus

satu dekade bitcoin tercetus

Jakarta – Satu dekade lalu, tepatnya 31 Oktober 2008, nama bitcoin tercetus. Kini, 10 tahun berlalu, bitcoin sudah menjadi salah satu cryptocurrency terkenal.

Sebagaimana dirangkum detikINET dari Reuters, berikut sejumlah momen-momen penting perjalanan bitcoin dalam dekade pertamanya. Semua diawali dengan sosok “Satoshi Nakamoto”.

31 Oktober 2008
Satoshi Nakamoto, yang tampaknya merupakan nama samaran karena belum teridentifikasi sampai sekarang, merilis paper akademis sepanjang sembilan halaman berisikan mekanisme bitcoin.

Karya tulis “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System” itu juga memberi deskripsi pertama mengenai karakteristik blockchain, teknologi penyokong mata uang digital.

12 Januari 2009
Transaksi bitcoin pertama tercatat dilakukan antara Nakamoto dengan pengembang Hal Finney, sebesar 100 BTC

12 Oktober 2009
Terjadi lagi transaksi dengan bitcoin. Kali ini melibatkan pengembang piranti lunak asal Finlandia, Martti Malmi, yang mengirimkan 5.050 bitcoin untuk ditukarkan dengan USD 5,02 ke NewLibertyStandard, salah satu anggota setia forum bitcoin. Transaksi ini dilakukan dengan PayPal. Bitcoin kemudian digunakan untuk mengembangkan situs pertukaran bitcoin baru yang disebut New Liberty Standard.

Advertisement

22 Mei 2010
Pengembang piranti lunak Laszlo Hanyecz membeli dua potong pizza seharga 10.000 BTC (bitcoin) dalam sebuah forum online.
Ini populer dipandang sebagai kali pertama mata uang digital digunakan sebagai alat tukar yang semestinya — membeli barang.

7 Juli 2010
Software baru bitcoin dirilis oleh komunitas pengembang dan dalam lima hari berikutnya muncul peningkatan sebesar 10 kali lipat dalam nilai tukarnya — dari USD 0,008 per bitcoin menjadi USD 0,08.

17 Juli 2010
Peluncuran Mt. Gox, yang pada prosesnya menjadi salah satu platform pertukaran bitcoin terbesar, sebelum bangkrut pada 2014.

28 Februari 2014
Mt. Gox menyatakan pailit setelah sejumlah hacker mencuri sekitar 850.000 bitcoin, dengan valuasi sekitar USD 500 juta, atau USD 28 juta dalam bentuk uang tunai. Kasus pencurian digital terbesar itu menegaskan adanya celah keamanan dalam mekanisme pertukaran dan risiko yang dihadapi oleh para investor dalam sektor yang tidak teregulasi.

10 Desember 2017
Operator pertukaran Chicago Cboe Global Markets Inc dan CME Group Inc meluncurkan perdagangan berjangka bitcoin, yang memungkinkan investor profesional ikut berspekulasi pada harga mata uang digital.

17 Desember 2017
Kemudahan perdagangan membuat Bitcoin mengantongi harga tukar yang tinggi. 1 BTC setara dengan USD 19,666.

29 Juni 2018
Bitcoin meluncur ke level terendah sejak puncaknya di bulan Desember 2017, menyusul regulasi yang lebih ketat di penjuru dunia dan menurunnya minat investor.

Advertisement

Saat ini nilai bitcoin masih relatif fluktuatif, bergantung pada banyak faktor salah satunya regulasi pemerintah setempat. Tapi yang pasti bitcoin kini sudah melewati rentang waktu 10 tahun sejak pertama kali dicetuskan pada 10 Oktober 2008 silam.

(krs/fyk)


Continue Reading
Advertisement

Popular