Dompet QuadrigaCX Sudah Kosong dan Tak Digunakan Sejak April 2018?

0
79

Firma audit Big Four, Ernst & Young (EY) merilis “Laporan Monitor Ketiga” mereka dalam proses perlindungan kreditor pertukaran crypto Kanada QuadrigaCX pada 1 Maret lalu.

Dalam laporan tersebut, firma audit telah mengidentifikasi 6 dompet kripto yang terpisah yang digunakan terutama untuk menyimpan Bitcoin (BTC), mata uang yang paling digunakan pada platform tersebut. Terlepas dari satu transaksi Bitcoin yang tidak disengaja berjumlah hampir $ 500.000, tidak ada setoran di dompet sejak April 2018. Selanjutnya laporan itu menyatakan:

“Saat ini, pemohon tidak dapat mengidentifikasi alasan kenapa Quadriga mungkin berhenti menggunakan identifikasi Cold Wallet Bitcoin untuk setoran pada bulan April 2018, namun, Monitor dan Management akan melanjutkan mereview database Quadriga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.”

Pada awal Februari, exchange diajukan untuk perlindungan kreditor setelah kematian pendirinya, Gerald Cotten, mereka kehilangan akses ke Cold Wallet dan kunci yang sesuai, yang seolah-olah memegang aset yang dimiliki berbagai klien. Semenjak itu, exchange tersebut, pengadilan, EY dan para investigator telah menavigasi proses yang berbelit-belit untuk memastikan kemana dana tersebut pergi.

Baca juga: Pendiri Quadriga Terlambat Ungkap Penyimpanan Crypto Di Siaran Podcast Lama

ada 14 akun samaran

Laporan hari ini juga menyatakan bahwa dalam proses investigasinya, EY telah menemukan 14 akun pengguna yang mungkin dibuat diluar proses normal oleh Quadriga dan bahwa “tampaknya Akun Identifikasi dibuat dengan berbagai alias (samaran).” Laporan berlanjut:

“Akun yang diidentifikasi dibuat secara internal tanpa pelanggan yang sesuai dan digunakan untuk berdagang di platform Quadriga. [EY] selanjutnya disarankan bahwa setoran ke dalam Akun Identifikasi tertentu mungkin dibuat secara sengaja dan selanjutnya digunakan untuk berdagang di platform Quadriga.”

Monitor juga mencoba untuk mengamankan transaksi dan data saldo akun dari platform, yang disimpan di cloud oleh Amazon web Services, namun:

“Dikarenakan akun tersebut menjadi akun pribadi atas nama Tuan Cotten, AWS telah mengidentifikasi bahwa ini tidak dapat memberikan Monitor akses ke Akun AWS untuk mengizinkan salinan data yang hosting harus amankan.”

Awal minggu ini, cryptocurrency exchange, Kraken ditawarkan $100,000 reward untuk tips yang dapat mengarah kepada penemuan dana Quadriga yang hilang. Reward tersebut dapat dikumpulkan dalam fiat atau mata uang digital, Kraken mengatakan “Semua petunjuk yang dikumpulkan oleh Kraken akan diberikan kepada FBI [Biro Investigasi Federal], RCMP [Royal Canadian Mounted Police] atau otoritas penegak hukum lainnya, yang memiliki kepentingan aktif dalam kasus ini.”

Sumber