Rakuten Hadirkan Aplikasi Pembayaran Baru Untuk Dukung Crypto

0
48

Perusahaan e-commerce Jepang, Rakuten mengumumkan pembaruan utama dari aplikasi mobile Rakuten Pay yang akan diluncurkan pada 18 Maret mendatang, menurut rilis pendapatan perusahaan tersebut di 2018. Struktur baru aplikasi hadir untuk memberikan dukungan untuk pembayaran cryptocurrency selain fiat.

Menurut materi presentasi Rakuten untuk kuarter keempat dan 2018, versi terbaru aplikasi tersebut akan menampilkan “Semua solusi pembayaran tertanam dalam satu platform.”

Hadirkan Rakuten Edy juga

Cointelegraph melaporkan di Januari, materi terbaru mengkonfirmasi, Rakuten (dikenal sebagai Amazon versi Jepang) telah mengungkapkan revisi struktur perusahaannya. Perusahaan yang direstrukturisasi termasuk perusahaan crypto exchange “Everybody’s Bitcoin” sebagai bagian dari anak perusahaan pembayaran yang baru didirikan, Rakuten Payment. Anak perusahaan pembayaran, yang sebelumnya merupakan anak perusahaan loyalitasnya dengan nama “Spotlight, juga akan mencakup layanan kartu prabayar perusahaan, Rakuten Edy.

Baca juga: Rakuten Memindahkan Exchange Crypto ke Anak Perusahan Baru

Rilis laba menentukan bahwa perusahaan Edy akan didukung aplikasi yang diperbarui dan juga menunjukan dukungan pembayaran kode QR.  Walaupun pembaruan aplikasi tersebut tidak secara eksplisit mendukung crypto, spesifikasi perusahaan bahwa “solusi semua pembayaran” akan didukung pada platform menyiratkan dukungan untuk pembayaran crypto sebagai bagian dari anak perusahaannya, Rakuten Payment.

Rakuten mengakuisisi crypto exchange Jepang, Everybody’s Bitcoin di bulan Agustus 2018 dalam kesepakatan $2.4 juta. Pada saat itu, perwakilan perusahaan melaporkan bahwa perusahaan tersebut “mempertimbangkan masuk ke dalam industri pertukaran cryptocurrency” sebagaimana mereka percaya “Peran pembayaran berbasis cryptocurrency dalam e-commerce, ritel offline, dan di pembayaran P2P akan tumbuh di masa depan.”

Dalam rilis pendapatannya, Rakuten melaporkan pemasukan net untuk 2018 sekitar 141.9 juta yen (sekitar $1.3 milyar), meningkat 28.4 persen dari tahun 2017.

Di bulan Maret 2015, Rakuten juga mengumumkan bahwa mereka telah mulai menerima Bitcoin (BTC) sebagai opsi pembayaran di portal Amerika-nya, Rakuten.com.

Perusahaan Another Japanese internet and finance giant, SBI Holdings, juga menunjukan ketertarikan dalam crypto sphere. SBI Holdings meluncurkan crypto exchangenya sendiri, Vctrade, di bulan Juli. Exchange tersebut mulai menerima simpanan dalam beberapa bentuk cryptocurrency utama pada Desember 2018.

Sumber