Connect with us

Crypto

Ethereum Kehilangan Pangsa Pasarnya!

Published

on

Ketika Ethereum diluncurkan pada 2015 lalu, Ethereum dipuji sebagai penerus Bitcoin karena menawarkan yang memungkinkan programer untuk menciptakan aplikasi yang dapat menunjukan transaksi secara otomatis daripada hanya sekedar exchange.

Ethereum sebagai opsi

Sekarang, setelah hampir empat tahun, jaringan yang mengelola mata uang digital Ether kehilangan pangsa pasarnya. Proyek yang sudah lama dijanjikan ini menggembar-gemborkan fitur yang lebih baik berikan kepada platform saingan dan beberapa startup menggunakan koin seperti EOS dan Stellar untuk mengumpulkan dana melalui initial coin offering disamping masalah peraturan yang ketat mengenai penjualan.

“Kenyataannya adalah bahwa sampai enam hingga sembilan bulan terakhir, tidak ada pilihan lain selain Ethereum,” kata Kyle Samani, co-founder dari dana lindung nilai Multicoin Capital Management di Austin, Texas.

Migrasi ke jaringan lain mungkin membebani permintaan untuk Ether yang telah terikat dalam beberapa bulan terakhir. Investor tidak selalu harus membeli ke dalam ICO, yang secara tradisional dikeluarkan melalui jaringan. Pemain video-game daring tidak harus bergantung pada Ether untuk membeli barang dagangan dalam game – seperti senjata atau bahkan virtual cat – yang sekarang ditampilkan dalam banyak aplikasi yang disebut terdistribusi, atau dapps.

“Memiliki Ethereum hari ini adalah opsi yang Anda pikir akan menjadi jaringan di masa depan,” kata Travis Kling, pendiri dana lindung nilai crypto Ikigai yang berbasis di Los Angeles.

“Sejauh proyek pesaing Ethereum mendapatkan daya tarik dengan pengembang, dengan pengguna, dengan dapps yang dibangun di atas platform, yang akan dilihat oleh pasar sebagai hal yang merusak nilai keseluruhan Ethereum, dan yang dapat memiliki dampak harga negatif di Ether.”

Pangsa pasar untuk dapps sudah bergeser. Hanya 28 persen pengguna dapps yang ada di jaringan Ethereum pada bulan Januari, dibandingkan dengan 100 persen setahun sebelumnya, menurut pelacak DappRadar. EOS menyumbang 48 persen pengguna dapps aktif, sementara Tron telah meraih 24 persen, DappRadar ditemukan. Dari total dapp yang dirilis pada bulan Januari, Ethereum masih di depan, dengan 40 persen pangsa pasar, menurut DappRadar. EOS dan Tron masing-masing sudah sekitar 30 persen.

Baca juga: Ethereum Foundation Temukan Bug di ABIEncoderV2 and Solidity

Masalah di ethereum

“Alasan mengapa mereka mendapat begitu banyak adopsi, protokol-protokol baru itu, adalah bahwa mereka menawarkan kecepatan yang jauh lebih baik, transaksi per detik,” kata Patrick Barile, chief operating officer DappRadar. “Volume transaksi yang bisa mereka lakukan jauh lebih tinggi. Itu berarti jika Anda memiliki aplikasi dapp, maka Anda memiliki pengalaman pengguna yang jauh lebih baik. “

Waktu konfirmasi transaksi rata-rata Ethereum adalah sekitar 13 detik, meskipun telah melonjak jauh lebih tinggi. Beberapa jaringan lain mengunggulkan kecepatan kurang dari satu detik, memungkinkan aplikasi baru seperti game aksi untuk merasa seperti itu terjadi dalam waktu nyata.

Advertisement

Salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, mengakui perubahan itu, meskipun ia mengatakan itu bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

“Ini pasti kehilangan beberapa petunjuk, dan saya pikir karena, pertama, hal semacam itu tak terhindarkan dan tidak dapat dihindari karena Ethereum adalah tujuan umum pertama, smart contract,” kata Buterin pada podcast Unchained, Selasa. “Itu bagian dari proses yang tak terhindarkan.”

Lambat dan butuh biaya tinggi

Kecepatan lambat Ethereum dan biaya tinggi juga merupakan alasan mengapa beberapa startup mengeluarkan token mereka di tempat lain. Alpharetta, Ternio yang berbasis di Georgia menawarkan koinnya, TERN, pada Stellar tahun lalu, karena mereka membutuhkan jaringan Stellar yang lebih cepat, kata Kepala Eksekutif Ternio Daniel Gouldman. Perusahaan akan menggunakan kartu debit kripto prabayarnya.

“Jika Anda berada di drive-through McDonald, dan menunggu 20 menit karena jaringan Ethereum saat ini kelebihan beban. Dengan Stellar itu cepat dan murah,” kata Gouldman. “Untuk yang kami coba capai adalah produk yang jauh lebih baik.” Transaksi yang berjalan di Stellar harganya lebih murah daripada transaksi Ethereum, katanya, membuatnya jauh lebih menarik bagi pengguna.

Ethereum mungkin masih menghadapi tantangan terbesarnya. Binance, operator pertukaran crypto terbesar di dunia, berencana untuk meluncurkan Rantai Keuangan dalam beberapa bulan. Binance telah menyiapkan 10 proyek yang koinnya berjalan di Ethereum, tetapi berencana untuk bermigrasi, kata Zhao Changpeng, kepala eksekutif Binance.

“Tahun ini kita akan bekerja sangat keras untuk mendorong pengadopsian,” kata Zhoa.

Jangan hitung Ethereum dulu. Sebagian besar penawaran token masih berbondong-bondong ke Ethereum, di mana mereka percaya mereka dapat mengumpulkan dana paling banyak. Proyek ini memiliki basis penggemar besar dan dukungan pengembang.

“Hal yang benar-benar bersinar tentang Ethereum adalah komunitasnya yang dinamis,” Hudson Jameson, anggota Yayasan Ethereum, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Semua orang terus membangun dan mendukung tujuan terlepas dari pasar. Semua kemajuan terbaru tentang Plasma and Serenity (Eth2) benar-benar berbicara tentang itu.”

Pengembang bekerja untuk meningkatkan kecepatan jaringan dan transaksi, dengan peningkatan besar diharapkan dalam beberapa bulan.

“Rencana penskalaan Ethereum adalah proses multi-tahun dan sangat sulit dieksekusi, sehingga pengembang mencoba opsi lain,” kata Kling.

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular