Connect with us

Crypto

Adopsi Bitcoin Skala Besar, Apakah Dapat Ditangani?

Published

on

Adopsi sangatlah penting bagi Bitcoin. Namun, pengadopsian dalam skala besar masih menyisakan beberapa pertanyaan serius apakah bitcoin dan blockchain dapat benar-benar menangani pengadopsian ini.

Sementara bitcoin memiliki telah menyaksikan sejumlah peningkatan signifikan dalam beberapa bulan dan tahun ini, hal ini masih belum cukup substansial untuk mendorongnya mendekati ke level dimana seluruh dunia dapat menggunakan cryptocurrency.

Ini akan memperlihatkan bahwa kapasitas maksimal bitcoin saat ini bahkan tidak sampai 1% yang dibanggakan jaringan Visa. namun, pengembang Bitcoin Core saat ini percaya bahwa dengan suksesnya penerapan Lightning Network, hal ini akan dapat menangani jumlah transaksi yang tak terbatas.

Keadaan bitcoin saat ini

Saat ini, jumlah transaksi tertinggi bitcoin saat ini telah diproses dalam setiap harinya adalah 490.000 (pada 14 Desember, 2017), menurut Blockchain.com yang berhasil di lebih dari 20.000 transaksi per jam. Sementara Visa mampu memproses maksimalnya 65.00 transaksi per detik yang dapat mencapai 240 juta per jam dan sekitar 5.6 juta transaksi per hari.

Jelasnya, perbandingan ini tidak menguntungkan bagi bitcoin, mengingat bahwa itu hanya menunjukan bahwa kapasitas bitcoin 0.0087% dari Maksimum teoritis Visa. Dikatakan, Visa mengklaim pada 2016 bahwa mereka mengelola rata-rata 150 juta transaksi per hari, yang berarti bahwa jumlah tertinggi transaksi aktual yang diproses Bitcoin mencapai 0,33% dari jumlah rata-rata harian Visa.

Namun, sebagai pengamat Bitcoin akan sangat sadar, komunitas pengembang cryptocurrency baru-baru ini telah memperkenalkan  sejumlah pembaruan teknis dan inovasi. Yang paling menonjol adalah SegWit, yang menghapus data tanda tangan dari setiap blok (dengan demikian memberikan ruang), dan pengembang Bitcoin Core, Nicolas Dorier, mengatakan kepada Cryptonews.com mengenai meningkatnya kapasitas maksimum Bitcoin lebih lanjut.

“Ini kurang lebih 720.000 per hari maksimum, dengan asumsi adopsi 100% SegWit yang belum terjadi,” katanya.

Dorier menambahkan bahwa karena batching transaksi, “ini memungkinkan untuk mengirim ke beberapa pihak dalam satu transaksi untuk kemudahan dalam ruang yang sama. Kira-kira akan ada sekitar 900.000 pembayaran setiap harinya.”

Dengan kata lain, mengenai keadan bitcoin saat ini, jumlah transaksi maksimal yang dapat diproses dalam 24 jam adalah 900.000. Walaupun mengesankan tetapi tetap saja ini adalah teknologi yang masih di uji coba. Ini tidak cukup untuk cryptocurrency adopsi dan tidak dapat digunakan dalam apapun yang berskala besar.

Advertisement

Baca juga: Hak Cipta Craig Wright Sebagai Penemu Bitcoin Diragukan

Masalah lingkungan

Ada masalah lain yang membatasi pengadopsian bitcoin, yaitu masalah biaya listrik dan dampak lingkungan yang telah didokumentasikan oleh para peneliti seperti Alex de Vries (Digiconomist) PwC.

Contohnya pada bulan Maret, de Vries merilis berita yang mana dia menyimpulkan bahwa Bitcoin bertanggung jawab atas konsumsi setidaknya 40 TWh listrik di 2018, sama dengan konsumsi domestik Hongaria. Mengenai rata-rata transaksi harian yang mencapai 223.002 (berhasil menggunakan data Blockchain.com untuk 2018), ini berarti bitcoin meraih proses skala 150 juta transaksi per hari, ini akan memakan 26.900 TWh per tahun: 200 TWh lebih dari jumlah listrik yang dikonsumsi seluruh dunia pada 2018.

Harus ditunjukkan bahwa konsumsi energi Bitcoin tidak meningkat secara linear dengan jumlah transaksi yang diprosesnya. Sementara, jika Bitcoin diperbarui untuk menjadikannya mampu memproses 150 juta transaksi per hari, kemungkinan bitcoin juga akan menyaksikan perubahan pada mekanisme konsensus dan kebutuhan energi

Perhitungan ini menggarisbawahi kesulitan mempersiapkan Bitcoin untuk penggunaan massal, sementara Alex de Vries sendiri mengatakan kepada Cryptonews.com bahwa kalaupun tidak ada arah hubungan, konsumsi tenaga akan meningkatkan volume transaksi.

“Secara sejarah, penggunaan kekuatan telah tumbuh pesat dari volume transaksi (Sementara itu, secara signifikan meningkatkan jejak energi per transaksi), sehingga tentu saja berpotensi untuk meningkat dengan cepat,” jelasnya. “Perhatikan bahwa pasar Bitcoin yang mendasarinya masih sangat tidak likuid hingga saat ini, jadi Anda tidak perlu banyak arus masuk untuk peningkatan nilai pasar yang relatif besar (pendorong utama untuk konsumsi listrik)

Ekspansi masa depan

Disamping pembatasan bitcoin, ada tanda-tanda bahwa bitcoin akan mengakomodasi pengadopsian masal di masa depan. Pengembang Bitcoin Cre bekerja secara senantiasa untuk meningkatkan kinerjanya, dengan salah satu yang paling menonjol adalah tanda tangan Schnorr, yang menggabungkan beberapa tanda tangan transaksi menjadi satu.

“Jika sepenuhnya diadopsi, kami akan diuntungkan dari pengurangan ukuran 25% dari transaksi.” kata Nicolas Dorier. “Namun, agregasi tanda tangan memiliki insentif yang menarik karena memberi penghargaan batching transaksi yang lebih besar,” ia menambahkan, menunjukan bahwa transaksi batching bersama akan semakin meningkatkan kapasitas.

Selain itu, ada Lightning Network, yang sementara masih dalam ‘fase pengujian’ memiliki potensi untuk meningkatkan kapasitas Bitcoin dengan margin yang lebar.

Advertisement

“Jika Lightning Network menyebar, pertanyaan tentang penghitungan transaksi tidak akan terlalu penting, karena memungkinkan untuk memberikan jumlah pembayaran tanpa batas dengan satu transaksi,” kata Dorier.” Penghitungan transaksi hanya akan menjadi penting sebagai batasan jumlah saluran lightning yang dapat dibuat atau ditutup dalam sehari, tapi saya tidak berpikir ini akan menjadi masalah dalam waktu dekat, bahkan dalam 10 tahun ke depan. “

Sumber

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular