3 Jenis Investor Dalam Menghadapi Tingkat Resiko

0
314

Didalam dunia investasi, tentu saja kita semua telah memahami bahwa investasi yang menguntungkan pasti memiliki resiko, dikenal pula dengan istilah high risk high return, begitupula dalam investasi di bidang aset kripto yang baru baru ini sedang menjadi primadona karena kenaikannya yang signifikan. Tapi tidak dipungkiri juga bahwa investasi di Aset Kripto memiliki tingkat resiko yang berimbang.

Para pelaku investasi disebut investor, Pada dasarnya ada tiga jenis investor yang memiliki respond berbeda terhada resiko investasi. Mari kita coba bahas satu per satu.

1. Tidak senang risiko (risk averse).

Investor jenis ini adalah investor yang tidak senang terhadap risiko. Tentunya, ia memiliki konsekuensi tidak dapat mengharapkan tingkat return yang terlalu tinggi juga. Investor jenis ini biasanya sangat mengutamakan tingkat keamanan investasinya dibandingkan dengan tingkat return yang ditawarkan oleh suatu produk investasi.

Biasanya investor ini masih lebih menyukai berinvestasi di dalam aset stablecoin yang tingkat votalitasnya tidak terlalu tinggi, semisal Digix, Paxos dan Tether .

2. Netral terhadap risiko (risk neutral).

Investor jenis ini adalah investor yang cukup menerima adanya risiko, tetapi tidak akan mau mengambil risiko lebih untuk mencoba mendapatkan tingkat return yang lebih tinggi. Tingkat return yang mereka harapkan biasanya lebih tinggi daripada investor yang risk averse, dan tentunya mereka juga telah memiliki risiko minimal yang dapat diterima.

3. Menyukai risiko (risk seeker).

Investor jenis ini biasanya telah mengerti bahwa return yang tinggi akan diikuti dengan tingkat risiko yang tinggi pula. Mereka sudah berani mencoba mengambil kesempatan dan juga berinvestasi pada produk investasi yang memiliki tingkat risiko yang relatif tinggi.

Biasanya, investor ini sudah sangat sedikit menginvestasikan dananya di dalam aset stablecoin. Umumnya, mereka telah membagi investasinya ke jenis kripto aset yang memiliki votalitas tinggi seperti Bitcoin dan TTC.