Connect with us

Crypto

Pengusaha Muda Bitcoin Erik Finman Luncurkan CoinBits Pesaing Coinbase

Published

on

Dilansir dari CCN, pengusaha Bitcoin, Erik Finman, yang menjadi miliuner pada usia 18 tahun, ingin membawa kripto kepada publik melalui platform investasi barunya yang disebut CoinBits. Finman sangat percaya diri dalam konsepnya sehingga dia memproyeksikan bahwa dia akan mampu mendapatkan satu juta pelanggan dalam 12 bulan ke depan untuk platform miliknya itu.

Pemuda putus sekolah menengah yang berusia 20 tahun ini mengatakan kepada MarketWatch bahwa platformnya lebih unggul daripada saingannya seperti Coinbase dan Robinhood karena jauh lebih ramah bagi pengguna.

Finman meluncurkan CoinBits pada April 2019 lalu. Dia menyatakan telah menginvestasikan US$100.000 sejauh ini untuk membangun CoinBits.

Cara kerja CoinBits secara otomatis mengumpulkan pembelanjaan kartu kredit dan debit Anda ke dolar terdekat dan menginvestasikan perbedaan dalam bitcoin untuk Anda. Platform ini juga menawarkan opsi untuk melakukan investasi satu kali. Pengguna dapat mengatur tabungannya agar sesuai dengan profil risiko keuangan mereka.

Pendekatannya mirip dengan yang digunakan oleh aplikasi investasi seperti Acorns dan Stash, yang memungkinkan Anda secara otomatis menginvestasikan perubahan cadangan dari pembelanjaan kartu kredit dan debit Anda. Finman mengatakan dia ingin CoinBits menjadi “berkah” bitcoin dan dengan demikian membuat kripto lebih mudah diakses oleh orang kebanyakan.

Kisah seorang pemuda bernama Erik Finman menjadi sebuah legenda kripto, ketika dirinya menjadi jutawan bitcoin dalam semalam. Fenomena pemuda tersebut yang menggunakan uang US$1.000 yang diberikan neneknya ketika dia berusia 12 tahun untuk membeli bitcoin pertamanya. Pada saat itu, mata uang virtual yang tidak jelas tersebut diperdagangkan hanya dengan US$12 per token. Enam tahun kemudian, saat usianya 18, Finman menjadi seorang jutawan, berkat lonjakan harga meteorik dari bitcoin.

Tidak mengherankan, Finman adalah perma-bull bitcoin yang percaya bitcoin adalah gelombang masa depan. Namun, untuk setiap kisah sukses bitcoin, ada banyak kisah peringatan. Salah satu contoh adalah podcast kripto Peter McCormack.

Advertisement

Seperti yang dilaporkan CCN, McCormack kehilangan US$1 juta selama bear market terjadi pada mata uang kripto. McCormack mulai berinvestasi dalam bitcoin pada tahun 2016, setelah agen periklanan London ia berhasil ditutup. Dia mengatakan dia mulai dengan investasi awal sebesar £5.000 (US $6.400).

Ketika harga naik, dia membeli BTC lebih banyak lagi. Ketika nilai kepemilikannya melonjak menjadi US$300.000 pada musim semi 2017, McCormack terpikat dan dia mengakui terjebak dalam hype dan berharap dia telah mengambil semuanya sebelum gelembung itu pecah. Pada Desember 2017, ketika harga bitcoin melonjak hingga hampir US$20.000, portofolio McCormack telah menggelembung menjadi US$1,2 juta.

McCormack mengatakan hype media dari pasar kripto yang saat itu sedang berkembang memicu bitcoin mania. Perubahan harga yang tidak menentu menjadi berita utama yang tak terhitung jumlahnya. Seperti investor pemula lainnya yang menjadi kaya dengan cepat tetapi tidak memiliki keterampilan mengelola uang, McCormack mengakui bahwa ia menghabiskan uang dengan ceroboh.

Hari ini Peter McCormack masih bullish untuk kripto. Tapi dia telah mengurangi gaya hidupnya dan bertahan sebagai podcaster.

Jika McCormack terdengar akrab di kalangan kripto hari ini, itu karena ia dituntut oleh Craig Wright, yang memprokalimirkan dirinya sendiri sebagai Satoshi Nakamoto. Seperti yang dilaporkan CCN sebelumnya, Wright menuduh McCormack mencemarkan nama baiknya ketika McCormack menyebutnya “penipu.” Pada April 2019, Wright mengajukan gugatan pencemaran nama baik kepada McCormack, dengan meminta ganti rugi sebesar £100.000 (atau sekitar US$130.000).

Sumber: CCN

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular