Koin Libra Miliki Manfaat dan Risiko Dalam Perekonimian

0
51
Selama konferensi, ketua Fed ditanya apakah ia khawatir apakah token libra Facebook dapat merusak Fed dan mengikis kekuatannya untuk mempengaruhi perekonomian.

Fed dan bank sentral masih percaya diri

Sebagai tanggapan, Powell mengatakan dia percaya bahwa masyarakat masih jauh dari mata uang digital yang digadang-gadang akan menggantikan mata uang bank sentral, dan bahwa bank sentral tidak terlalu khawatir tentang tidak lagi dapat menerapkan kebijakan moneter karena mereka diberikan masa pertumbuhan dari kelas aset digital .

Powell menegaskan bahwa Facebook akan membahas proyeknya dengan Fed, dia mencatat bahwa perusahaan:

“Membuat putaran yang cukup luas di seluruh dunia dengan regulator, pengawas dan banyak orang akan membahas rencana mereka dan termasuk kami. Ini adalah sesuatu yang kami cari, kami bertemu dengan berbagai perusahaan sektor swasta dalam teknologi keuangan dan hanya ada sejumlah besar inovasi yang terjadi di sana.”

Selain itu, Powell mengatakan dia percaya akan ada potensi manfaat dan risiko terutama dari mata uang digital seperti koin Libra, yang akan memiliki aplikasi besar secara prospektif.

Dia mengatakan dia mengutarakan sentimen gubernur Bank of England (BoE) Mark Carney bahwa ia percaya “kita akan berakhir dengan harapan yang cukup tinggi dari sudut pandang keselamatan dan kesehatan dan peraturan jika mereka memutuskan untuk maju dengan sesuatu.”

Mengenai apakah koin libra harus berada di bawah peraturan formal apa pun, Powell mengklarifikasi bahwa:

Baca juga: Litecoin Berhasil Puncaki Pasar Crypto

“Kami tidak memiliki otoritas penuh atas cryptocurrency. Mereka bermain di dunia kita melalui perlindungan konsumen dan pencucian uang tetapi saya akan mengatakan bahwa melalui forum internasional kami memiliki input signifikan ke dalam sistem pembayaran dan memainkan peran penting dalam sistem pembayaran di sini di Amerika Serikat.”

Berbagai Tanggapan Politikus Dunia

Pejabat pemerintah di seluruh dunia telah menyatakan berbagai pendapat tentang token baru Facebook, yang dapat berpotensi terpapar dengan 2,7 miliar pengguna gabungan setiap bulan.

Segera setelah white paper libra diterbitkan, ketua Komite Layanan Keuangan A.S. meminta agar Facebook menghentikan pengembangan proyek. Komite Perbankan Senat AS diatur untuk mendengarkan kesaksian tentang proyek pada 16 Juli.

Menteri Ekonomi dan Keuangan Prancis, Bruno Le Maire mengatakan bahwa pemerintah bermaksud untuk “meminta jaminan” dari Facebook terkait Libra

Cointelegraph juga melaporkan bahwa Ketua Komite Duma Negara Rusia di Pasar Keuangan, Anatoly Aksakov mengatakan bahwa negara itu tidak akan melegalkan penggunaan token.

Sumber