Home Crypto Regulator Inggris FCA Usulkan Larangan Produk Mata Uang Kripto

Regulator Inggris FCA Usulkan Larangan Produk Mata Uang Kripto

0
65

Dilansir dari The Guardian, regulator pasar Inggris mengusulkan larangan terhadap instrumen keuangan yang terkait dengan mata uang kripto digital seperti bitcoin, dengan memperingatkan bahwa produk tersebut dapat menyebabkan kerugian besar bagi konsumen ritel yang tidak memahami risiko atau nilainya.

Otoritas itu, Financial Conduct Authority (FCA), mengatakan produk-produk seperti derivatif dan surat berharga yang diperdagangkan di bursa atau Exchange-Traded Notes (ETN) yang mereferensikan aset kripto “tidak sesuai” dengan investor kecil. Hal ini mengacu “volatilitas ekstrem” harga aset kripto, kesulitan dalam menilai mereka, pemahaman konsumen yang tidak menentu tentang apa yang mereka beli, dan meningkatnya risiko kejahatan keuangan.

“Investor berpotensi menderita kerugian karena kerugian mendadak dan tidak terduga jika mereka berinvestasi dalam produk-produk ini”, ungkap FCA yang memperkirakan bahwa larangan tersebut akan menguntungkan konsumen dengan kisaran antara 75 juta dan 234,3 juta poundsterling setahun.

Larangan yang diusulkan akan memengaruhi produk keuangan yang kompleks seperti contract for difference (CFD), option, dan kontrak berjangka, serta uang kertas yang diperdagangkan.

Christopher Woolard, Direktur Eksekutif strategi dan kompetisi di FCA, mengatakan: “Seperti pekerjaan kami di CFD yang lebih luas dan pasar opsi biner, kami akan bertindak ketika kami melihat produk-produk buruk dijual ke konsumen ritel. Ini adalah kontrak kompleks yang dibangun di atas aset kompleks. Sebagian besar konsumen tidak dapat secara baik menilai turunan berdasarkan aset kripto yang tidak diregulasi. Harga sangat fluktuatif dan seperti yang kita lihat secara global, kejahatan finansial di pasar aset kripto dapat menyebabkan kerugian mendadak dan tidak terduga. Oleh karena itu, jelas bagi kami bahwa derivatif dan wesel yang diperdagangkan ini adalah investasi yang tidak sesuai untuk konsumen ritel.”

Woolard sebelumnya memperingatkan Facebook terhadap rencananya untuk membuat mata uang kripto baru milik mereka yang bernama Libra yang akan diluncurkan tahun depan. Rencana Facebook itu akan membutuhkan pengawasan ketat dari regulator.

Salah satu pendiri Facebook, Chris Hughes, mengatakan pada bulan ini bahwa Libra dapat memungkinkan perusahaan yang terlibat dalam skema tersebut untuk menggunakan kekuasaan atas negara.

Salah satu kekhawatiran FCA adalah volatilitas harga mata uang digital. Fluktuasi nilai bitcoin membuktikan contoh utama dari kekhawatiran mereka. Harga bitcoin turun di bawah US$10.000 (£7.950) pada hari Selasa, yaitu turun 30% dari puncak minggu lalu yang hampir US$14.000. Bitcoin telah mendekam di bawah US$6.000 selama berbulan-bulan tetapi digembleng oleh rencana Libra Facebook.

Bitcoin memiliki sejarah ayunan liar dan beberapa analis mengatakan bahwa nilai bitcoin bisa naik kembali ke US$20.000, atau bahkan jatuh serendah US$3.000. Pada akhir 2017 nilai bitcoin hampir mencapai US$20.000 sebelum keruntuhan spektakuler pada 2018.

Ketidakstabilannya adalah salah satu faktor yang mengurangi harapan tentang kemampuannya mengganggu sistem keuangan global.

Sumber: The Guardian