Dilansir dari Forbes, harga Bitcoin telah naik hampir tiga kali lipat sejak awal tahun ini, dan sebagian besar orang mengaitkan pergerakan harga tersebut dengan sensasi pada mata uang kripto Libra Facebook yang akan datang, meskipun Libra sangat berbeda dari Bitcoin.

Meskipun bitcoin hancur tahun ini, hampir semua altcoin (koin alternatif) besar belum mampu mengikuti mata uang kripto pertama, terbesar, dan paling populer di dunia tersebut. Faktanya, Bitcoin SV (BSV) dan Chainlink (LINK) adalah dua token alternatif yang harus melawan bitcoin selama tiga bulan terakhir, menurut Longhash.

BSV terutama didukung oleh sekte pribadi di sekitar seseorang yang mengaku sebagai pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto tetapi tidak pernah bisa membuktikannya. Bahkan, banyak orang di ruang kripto menyebutnya sebagai seorang penipu atau scam artist.

Di sisi lain, LINK adalah token yang terkait dengan proyek yang mencoba menyelesaikan masalah oracle Ethereum. LINK tidak akan dianggap sebagai aset kripto utama di awal tahun, tetapi tokennya naik 839% terhadap dolar AS sejauh ini, menurut OpenMarketCap.

Masalah oracle pada dasarnya adalah bahwa platform kontrak pintar seperti Ethereum tidak memiliki pengetahuan tentang data dunia nyata. Hal ini secara efektif berarti bahwa, misalnya, kontrak pintar sederhana ketika dua pengguna Ethereum bertaruh pada hasil acara olahraga akan melibatkan pihak ketiga yang tepercaya untuk memutuskan siapa yang memenangkan taruhan setelah acara selesai.

Solusi Chainlink untuk masalah oracle melibatkan penggunaan jaringan oracle yang terdesentralisasi untuk menurunkan risiko yang terkait dengan menempatkan kepercayaan pada satu pihak ketiga. Bagaimanapun, salah satu prinsip utama dari teknologi ini adalah bahwa pihak ketiga yang tepercaya adalah lubang keamanan dan harus dihindari dengan cara apa pun.

Meskipun Chainlink menggunakan mekanisme seperti reputasi agunan untuk meningkatkan keandalan oracle dalam sistemnya, itu mungkin tidak menyelesaikan masalah oracle secara keseluruhan, karena itu adalah pertanyaan yang hanya dapat dijawab setelah proyek telah beroperasi di medan “liar” untuk jangka waktu yang lama. Hal ini mungkin saja sesuatu seperti Augur atau Bitcoin Hivemind dapat diperlukan untuk menyediakan jaringan oracleyang cukup terdesentralisasi.

Advertisement

Token LINK digunakan dalam jaringan Chainlink untuk kegiatan seperti membayar data dan memasang agunan. Model ekonomi ini berupaya menciptakan insentif yang tepat agar nilai LINK naik karena lebih banyak entitas datang ke jaringan untuk menyediakan layanan oracle.

Meskipun model ini tampak masuk akal pada pandangan pertama, tidak jelas apakah token LINK tambahan diperlukan. Sama seperti bagaimana Uniswap akhirnya meluncurkan jaringan bursa terdesentralisasi di Ethereum tanpa token asli, situasi serupa dapat terjadi dengan Chainlink. Sudah ada solusi lain, seperti kontrak log diskrit, yang ada di medan “liar” dan bertujuan untuk menyelesaikan masalah oracle dengan cara yang berbeda tanpa perlu sesuatu seperti LINK.

Meskipun LINK telah menjadi kesayangan pasar aset kripto pada tahun 2019, penting untuk diingat bahwa koin jenis ini dapat jatuh secepat ketika naik, terutama ketika mereka naik secepat LINK tahun ini.

Sebagai salah satu anekdot mengenai tingginya spekulasi yang kemungkinan ada di pasar LINK, harus ditunjukkan bahwa subreddit tentang perdagangan LINK memiliki lebih banyak pelanggan daripada subreddit utama proyek. Namun, pengguna Twitter menunjukkan bahwa subreddit untuk spekulasi harga LINK ada berbulan-bulan sebelum subredditChainlink utama dibuat, yang berarti efek jaringan kemungkinan juga ikut berperan di sana.

Sumber: Forbes