Home Crypto Sosok Satoshi Nakamoto Baru Membuat Keributan di Komunitas

Sosok Satoshi Nakamoto Baru Membuat Keributan di Komunitas

0
69

Dilansir dari InsideBitcoins, sebuah posting di internet pada hari Minggu (18/08/2019) mengirim gelombang kejutan di seluruh komunitas kripto ketika seorang pria mengklaim sebagai Satoshi Nakamoto yang asli, pencipta Bitcoin. Salah satu pendiri Bloq, Jeff Garzik, yang berhubungan dengan Satoshi melalui email sebelum kepergiannya, telah menghancurkan klaim tersebut.

Posting blog terbaru mengklaim bahwa Satoshi Nakamoto yang asli akan mengungkapkan identitas aslinya pada hari Selasa. Pada hari Senin lalu, penulis posting blog baru mengklaim bahwa pengembang bitcoin itu sebenarnya adalah warga negara Pakistan yang sekarang tinggal di Inggris. Dia mengubah namanya dari Bilal Khalid menjadi James Caan. Dia juga memposting dua posting blog sebelumnya karena respon yang diterimanya.

Jeff Garzik, salah satu pelopor Bitcoin, mengatakan bahwa tulisan dalam posting terbaru tersebut tidak sama dengan komunikasi yang ia miliki dengan Satoshi. Dia berkata, “Gaya penulisannya sama seperti yang saya miliki.” Ia menambahkan bahwa tampaknya Satoshi belum muncul kembali. Dia juga percaya bahwa informasi yang disediakan di posting blog pertama tersebut sebenarnya hanya data yang tersedia untuk umum dan hal tersebut seperti penipuan biasa di komunitas.

Pencipta legendaris Bitcoin awalnya secara teratur memposting di forum kripto dan berbicara dengan beberapa nama top di industri kripto sebelum dia menghilang secara misterius dari mata publik. Selama bertahun-tahun, beberapa orang mengaku sebagai Satoshi Nakamoto. Ini termasuk ilmuwan Australia Craig Wright yang telah mempertahankan klaimnya selama bertahun-tahun, meskipun hal tersebut telah ditolak oleh beberapa anggota industri kripto. Wright sekarang menjadi bagian dari beberapa kasus pengadilan yang dapat membantunya membuktikan bahwa ia adalah penemu Bitcoin yang sebenarnya. Dia juga secara teratur mengirimkan pemberitahuan hukum kepada orang-orang yang membantah klaimnya.

Tokoh lainnya, seperti John McAfee, mengklaim telah mengetahui nama asli Nakamoto dan menggodanya juga. Namun, dia juga gagal membuktikan yang sebenarnya. Satu-satunya hal yang Satoshi perlu lakukan adalah menggunakan tanda tangan digital yang hanya dia yang tahu. Tidak ada yang melakukan itu sejauh ini, yang merupakan bukti kuat terhadap klaim penipuan mereka. Bahkan Caan, penggugat baru, mengatakan bahwa Bitcoin-nya hilang karena kerusakan pada hard drive komputernya. Perhatikan bahwa Satoshi menambang jutaan Bitcoin awal dan bisa mencapai kekayaan 10 miliar dolar.

Sumber: InsideBitcoins