Media Pemerintah Tiongkok Bantah Uang Digital Bank Sentral Siap Terbit

0
20

Media pemerintah Tiongkok mengklaim uang digital bank sentral (CDBC) Negeri Tirai Bambu tersebut tidak akan meluncur pada November 2019. Ini berbanding terbalik dengan sejumlah laporan dari media lain, berdasarkan sumber-sumber internal.

Menurut Global Times, uang digital bank sentral Tiongkok tidak akan disebarkan pada November, kendati ada kabar yang mengkonfirmasikan proyek itu sudah siap meluncur. Global Times adalah media berbahasa Inggris di Tiongkok milik Partai Komunis dan diduga memiliki ikatan yang kuat dengan otoritas Tiongkok.

Melalui Twitter, Global Times membantah berita beredar yang menyatakan uang digital bank sentral akan terbit akhir tahun ini.

“Membantah laporan media tentang uang digital pemerintah akan beredar dalam bulan-bulan depan, bank sentral Tiongkok menyebut berita itu spekulasi tidak akurat,” tulis Global Timesbelum lama ini.

Spekulasi mengenai uang digital tersebut muncul setelah beredar laporan oleh Forbesmengutip mantan Ketua Strategi Keuangan Global China Construction Bank yang juga dikonfirmasi oleh narasumber lain.

BERITA TERKAIT  Bos Binance: Saya Tak Paham Trading Bitcoin

Menurut dua orang dalam, Bank Sentral Tiongkok berencana menerbitkan uang digital di bulan November dengan terlebih dulu mendistribusikannya ke perusahaan besar seperti Alibaba, Tencent dan Union Pay selain ke Bank of China dan Agricultural Bank of China. Setelah itu, bank sentral Tiongkok bertanggung jawab menyebarkan uang digital tersebut ke 1,3 miliar penduduk Tiongkok.