Perdana! Sertifikat Kelahiran di Brazil Pakai Blockchain

0
33

Mulanya biasa saja dan memang tak ada yang luar biasa pada bayi laki-laki asal Brazil ini. Tapi, baru-baru ini Álvaro de Medeiros Mendonça dikabarkan sebagai bayi pertama di Brazil yang sertifikat kelahirannya dicatatkan di blockchain. Di dunia blockchain ini termasuk luar biasa. Mengapa?

Keunggulan utama teknologi blockchain adalah setiap data digital yang disimpan ke dalamnya akan menjadi permanentalias kekal selamanya, tak dapat dihapus sama sekali. Karena sifat itu pulalah blockchain dipercaya sebagai teknologi masa depan di mana nilai trust yang dihasilkan sangat besar.

Dengan keunggulan itu pulalah blockchain bisa diterapkan di sejumlah industri, tak hanya industri keuangan, tetapi pula kesehatan di mana sertifikat kelahiran bisa direkam di blockchain, sehingga datanya dapat lebih terpercaya dan sahih.

BERITA TERKAIT  Blockchain Life 2019 Digelar 16-17 Oktober 2019 di Moskow

Apa yang terjadi pada adik kita Álvaro sebenarnya adalah proyek uji coba antara IBM dan Growth Tech di Brazil supaya proses pencatatan menjadi lebih cepat dan hemat biaya dan dapat dipercaya.

Sebelumnya Ayah Alavaro, Waldyr Mendonça, diundang oleh rumah sakit untuk ikut serta dalam proyek yang dikembangkan oleh perusahaan Growth Tech dalam kemitraan dengan IBM. Waldyr, yang sehari-hari bekerja sebagai salesman, mengatakan blockchain telah membuat prosedur lebih cepat.

“Butuh waktu kurang dari lima menit untuk mendaftar,” kata Waldyr.

Carlos Rischioto, Perwakilan IBM Blockchain di Amerika Latin, menjelaskan bahwa metode pendaftaran data kelahiran ini memiliki tiga tahap.

“Pertama, surat pernyataan kelahiran dibuat oleh pihak rumah sakit. Kemudian orang tua membuat identitas digital pada platform milik Growth Tech berikut data dan foto yang divalidasi. Ketiga, semua informasi secara otomatis dikirim ke sistem registrasi (mitra rumah sakit) untuk merekam sertifikat dan mengirimkannya kembali kepada orang tua,” jelas Rischioto.

BERITA TERKAIT  Apakah Semua Bisnis Membutuhkan Blockchain?

Sistem sertifikasi seperti ini kelak bisa diterapkan di sistem pencatatan ijazah seperti surat kontrak jual beli tanah dan sejenisnya.