Dilansir dari CCN, penurunan Bitcoin baru-baru ini ke bawah US$10.000 memecah komunitas mata uang kripto yang sudah retak menjadi dua kubu yang berbeda. Di satu sisi adalah orang-orang optimis yang percaya bahwa penurunan Bitcoin menjadi US$9.400 hanyalah sebuah blip dalam perjalanan ke bulan, dan peluang bagus untuk membeli lebih banyak koin. Di sisi lain adalah mereka yang percaya pompa musim panas sudah berakhir dan lebih banyak kerugian akan terjadi dalam waktu dekat.

Garis analisis teknis yang berlekuk-lekuk dapat digunakan untuk mendukung kedua pernyataan tersebut. Jadi, dengan kedua alasan tersebut dalam pertimbangan, berikut adalah tiga indikator sederhana yang sangat menyarankan bahwa sekarang adalah waktu yang mengerikan untuk membeli Bitcoin.

1. Kegagalan Harga Bitcoin untuk Menembus Double-Top

Formasi double-top mengacu pada puncak kembar yang dapat dilihat pada grafik aset yang paling diperdagangkan ketika mereka mencapai puncak lonjakan harga. Double-top dapat ditemukan di sepanjang sejarah sepuluh tahun Bitcoin, dan salah satunya datang baru-baru ini pada bulan Juli.

Ketika harga BTC mencapai $13.770 pada tanggal 26 Juni, diikuti oleh penurunan 26% menjadi $9.800, kemudian lonjakan cepat kembali ke $13.000.

Jika Bitcoin terus menembus titik harga dua kali lipat ini, artikel ini akan diberi judul positif dan bukan negatif. Sebaliknya, jika BTC gagal menembus double-top, dan untuk semua maksud dan tujuan, sepertinya puncak telah datang dan pergi.

2. Penurunan Besar dalam Volume Perdagangan

Advertisement

Indikator sederhana lain yang bisa kita lihat adalah volume perdagangan BTC yang menyusut dengan cepat. Ketika harga memuncak pada akhir Juni, volume perdagangan Bitcoin mencapai $45 miliar, menurut CoinMarketCap. Dalam 24 jam terakhir, volume perdagangan berfluktuasi antara $13-17 miliar. Mengambil titik tengah, itu berarti perdagangan telah menurun 66% hanya dalam dua bulan.

3. Bitcoin Tidak Dominan seperti yang Anda Pikirkan

Salah satu indikator yang tampaknya bullish yang sering dirujuk adalah meningkatnya dominasi Bitcoin. Meskipun benar bahwa bagian Bitcoin dari kapitalisasi pasar kripto sedang meningkat, bagiannya dari volume perdagangan keseluruhan pasar secara signifikan lebih rendah.

Ketika kita melihat OpenMarketCap, yang dimaksudkan untuk menarik data hanya dari bursa yang tepercaya, kita melihat pangsa aktual Bitcoin dari pasar perdagangan harian mendekati 48%.Platform yang sama menunjukkan pangsa BTC dari volume perdagangan pasar menjadi serendah 33% selama musim semi sementara altcoin memompa dengan keras.

Sumber: CCN