HSBC Memroses Letter of Credit (LoC) dengan Blockchain

0
34

HSBC, salah satu bank terbesar di dunia asal Hong Kong, memroses letter of credit(LoC) dalam mata uang yuan menggunakan teknologi blockchain. Berjalan di platform Voltron, teknologi blockchain memungkinkan penerbitan LoC menjadi lebih cepat dari yang biasanya 5-10 hari menjadi 24 jam saja.

Voltron sendiri dikembangkan bersama oleh 8 bank besar, termasuk di antaranya adalah Standar Chartered dan HSBC sendiri dan memang diperuntukkan untuk sektor perdagangan internasional. Asas dari Voltron sendiri adalah blockchain Corda yang dibuat oleh konsorsium raksasa yang beranggotan lebih dari 100 perusahaan ternama termasuk pemerintah negara.

Penggagas Voltorn meliputi, Bangkok Bank, BNP Paribas, CTBC, HSBC, ING, Natwest, SEB dan Standard Chartered. Dalam uji coba 4 bulan lalu, telah bekerjasama dengan sejumlah 19 bank untuk memroses LoC, yakni ABN AMRO, Alfa Bank, Banco de Crédito del Perú-BCP, Banorte, Bci, China Everbright Bank Hong Kong Branch, CIB, Commerzbank Commercial Bank of Qatar, Ekman & Co AB, LH TRADING, MUFG, Natixis, National Bank of Egypt, RBI, SABB, Scylla, Standard Bank, Societe Generale dan The Saudi British Bank.

“Sejauh ini Voltron hanya digunakan untuk transaksi individual, namun ke depan diharapkan bisa digunakan lebih luas untuk kalangan institusi dengan biaya yang jauh lebih murah,” dilansir dari CNBC Indonesia hari ini, Rabu (04/09/2019).

Menurut dari data dari SWIFT, pada tahun 2018 bank menerbitkan LoC lebih dari US$750 miliar dari dan keluar Tiongkok saja.

Letter of credit atau surat kredit adalah sebuah cara pembayaran internasional yang memungkinkan eksportir menerima pembayaran tanpa menunggu berita dari luar negeri setelah barang dan berkas dokumen dikirimkan keluar negeri dan akan memudahkan pihak-pihak yang berada di dalamnya.

Lazimnya, LoC memiliki fasilitas atas pembayaran di muka atau tenggang waktu tertentu. LoC juga memberikan keuntungan kepada eksportir maupun importir dalam pembayaran barang yang sesuai persyaratan pada LoC, menampung kendala dan menyelesaikan masalah pada eksportir dan importir. [Cnbcindonesia, Ledgerinsights, Voltron/vins]