Connect with us

Crypto

4 Negara Yang Tidak Menyukai Libra

Published

on

Pemerintah di seluruh dunia terus waspada setelah raksasa media sosial Amerika Facebook mengumumkan mata uang digital blockchain yang diijinkan, bernama Libra.Tidak mengherankan, prospek mata uang digital alternatif yang didukung swasta tidak persis menggairahkan regulator keuangan di Amerika Utara, Eropa, dan Asia.
Berikut adalah empat negara yang benar – benar tidak menyukai Libra Facebook.

Prancis bukan penggemar Libra

Jika melihat berita di media, Prancis mungkin telah menjadi penentang Libra yang paling vocal menyuarakan terkait pemblokiran pengembangan cryptocurrency tersebut.

Le Maire sendiri telah menjadi pengkritik Libra yang sangat blak-blakan sejak cryptocurrency yang diakui oleh Facebook diumumkan. Ia mengulangi klaimnya bahwa raksasa media sosial tidak mampu melindungi privasi dan data penggunanya sendiri, dengan demikian, tidak boleh dipercaya apabila ia mengeluarkan mata uang sendiri.

Jerman setuju dengan Prancis

Jerman adalah negara Eropa lain yang secara ketat menentang cryptocurrency milik Facebook, Libra. Menteri Keuangan negara itu, Olaf Scholz, menyatakan kemarin bahwa pembuat kebijakan Jerman menolak untuk menerima mata uang paralel dan bahwa Berlin akan menentang Libra dan proyek serupa lainnya.

Baca juga: Menepis Isu Negatif Libra, FB Gunakan Perusahaan Lobi

Sejalan dengan banyak negara, Jerman mengambil pendekatan blockchain yang bukan crypto dengan rencana untuk menerapkan strategi blockchain yang terperinci dan menyeluruh sedini hari ini. Strategi itu diperkirakan hanya memiliki sedikit ruang untuk penerapan stablecoin, terutama mata uang swasta seperti Libra.

Sebuah dokumen yang dilihat oleh organisasi berita internasional dilaporkan menyatakan: Pemerintah Federal akan bekerja di tingkat Eropa dan internasional untuk memastikan bahwa stablecoin tidak akan menjadi alternatif bagi mata uang resmi.

Advertisement

Jerman juga mendukung mitranya dari Eropa pada hari Jumat ketika Perancis menyatakan bahwa Libra menghadirkan risiko bagi sektor keuangan dan tidak boleh diizinkan di benua itu.

Amerika Serikat geram dengan ‘Power Play’ Facebook

Sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia, Amerika Serikat secara tidak terduga mengambil sikap sangat skeptis terhadap salah satu perusahaan lokal yang berupaya untuk menumbangkan dolar AS dengan mata uang digital alternatif. Hampir segera setelah Libra diumumkan, Kongres AS meminta Facebook untuk menghentikan pengembangan mata uang kripto sementara anggota parlemen memperhatikan situasi dengan baik.

Presiden AS Donald Trump juga turun ke Twitter untuk menimbang Libra, menyatakan bahwa ia bukan pro-Bitcoin atau pro-cryptocurrency dan bahwa Facebook harus melalui saluran peraturan yang tepat jika ingin menjadi bank.

Facebook kemudian dipanggang dalam sidang Kongres oleh para legislator di kedua sisi lorong, dengan politisi seperti Alexandria Ocasia-Cortez meletakkan ketidakpercayaan pemerintah AS terhadap Libra pada pemikiran dan berat.

Mengingat masalah profil tinggi terkait privasi Facebook, seperti skandal Cambridge Analytica, tidak mengherankan bahwa anggota parlemen Amerika (dan global) akan kritis terhadap kemampuan perusahaan untuk menarik mata uang digitalnya sendiri.

 China yang ingin menangkan perlombaan

Republik Rakyat Tiongkok adalah negada dengan ekonomi terkuat lain yang bukan penggemar Libra dengan alasan yang sedikit berbeda.

Pemerintah negara terpadat di dunia memandang cryptocurrency Facebook sebagai pesaing cryptocurrency yang dikeluarkan bank sentralnya sendiri, yang saat ini sedang dalam pengembangan. Seperti bank sentral negara lain, PBOC tidak mau mengizinkan mata uang pribadi untuk melemahkan otoritas keuangannya di negara tersebut.

Advertisement

Menambah kekhawatiran bagi otoritas Cina adalah fakta bahwa dolar AS mungkin memainkan peran besar dalam mendukung Libra. Wang Xin juga mencatat:

“Jika mata uang digital terkait erat dengan dolar AS, itu bisa membuat skenario di mana mata uang berdaulat akan hidup berdampingan dengan mata uang digital sentris dolar AS. Tetapi pada dasarnya akan ada satu bos, yaitu dolar AS dan Amerika Serikat. Jika demikian, itu akan membawa serangkaian konsekuensi ekonomi, keuangan, dan bahkan politik internasional. “

Pada akhirnya, masih ada benang merah di antara negara-negara yang telah mengambil sikap anti-Libra yang kuat – yaitu, bahwa mereka tidak percaya Facebook untuk melindungi privasi pengguna dengan benar dan bahwa mereka tidak mau mengizinkan perusahaan swasta untuk menumbangkan sistem keuangan yang sudah ada.

Sumber

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular