Mengenal IONChain Agar Perangkat IoT Menjadi Aman

0
81

Internet of Things (IoT) merupakan bagian Revolusi Industri 4.0. Blockchain dapat membantu semua perangkat yang terhubung dengan Internet agar lebih aman. Ini dapat sebagai landasan bagi aplikasi dan pertukaran nilai. Hal tersebut diutarakan Liu Tao, pendiri IONChain, dalam siaran pers yang diterima Redaksi beberapa hari lalu.

Layaknya rantai ion dalam unsur kimia yang saling berhubungan, IONChain dibuat sebagai rantai yang menghubungkan perangkat-perangkat IoT. Keunggulan IONChain dibandingkan proyek serupa adalah mampu diterapkan di sektor B2B2C (business to business to consumer).

“Dengan teknologi IoT pengguna dapat melakukan berbagai hal secara otomatis, seperti memesan stok makanan di kulkas yang telah habis. IONChain memastikan semua perangkat tetap aktif sehingga berjalan lancar,” jelas Tao.

Blockchain dibutuhkan dalam komunikasi Internet, sebab tidak semua perangkat yang terhubung ke Internet saling terhubung. Memang, perangkat-perangkat tersebut berada dalam satu jaringan yang sama, tetapi tidak ada jalur komunikasi langsung di antaranya. Di sinilah blockchain dibutuhkan untuk membangun jalur komunikasi langsung antar perangkat agar dapat berfungsi seutuhnya.

Mengingat ada jalur komunikasi antar perangkat, maka dibutuhkan keamanan yang tinggi untuk IoT, bahkan harus lebih aman dibandingkan jaringan Internet sendiri, jelas Tao. Semua perangkat seperti mobil, kunci rumah, alat pacu jantung dan sebagainya akan terhubung dengan Internet, maka keamanannya menjadi sangat penting. Jika seorang peretas berhasil menyerang atau merampas data, maka hal tersebut akan menyebabkan kerugian bagi pengguna.

Selain itu, agar perangkat IoT berfungsi sepenuhnya, dibutuhkan sistem akun. Sistem ini akan melakukan transfer nilai, seperti kulkas pintar yang memesan makanan dan mengendalikan robot untuk mengambil makanan tersebut. Robot itu bisa jadi harus diberi “uang” dan menyerahkan aturan pengendaliannya ke perangkat lain.

BERITA TERKAIT  Bos Binance: Saya Tak Paham Trading Bitcoin

“Dengan demikian IONChain berusaha menjawab tiga tantangan sekaligus, yaitu jalur komunikasi langsung antar perangkat, keamanan bagi landasan komunikasi dan sistem akun untuk transfer nilai. Agar tantangan itu bisa dijawab, harus ada perangkat IoT lintas merek dan lintas vendor yang terhubung dengan IONChain. Semua perangkat bisa jadi mesin penambang yang turut mengamankan jaringan IONChain dan mendapat imbalan darinya,” tambahnya. [ed]