Mahasiswa Universitas India Membuat Sistem Berbasis Blockchain untuk Voting Online

0
33

Sekelompok mahasiswa dari sebuah universitas di India telah menciptakan sistem pemungutan suara (Voting) berbasis blockchain yang memungkinkan para pemilih untuk memberikan suara mereka secara online.

Sistem voting ini dikembangkan oleh tiga siswa dari Malla Reddy Engineering College for Women, ungkap outlet bisnis lokal dan publikasi keuangan, The Hindu BusinessLine, pada 21 Oktober. Dorongan di balik gagasan itu adalah untuk menghilangkan tantangan memilih di daerah perkotaan seperti antrian panjang di pusat pemungutan suara.Sistem ini diuji di komunitas yang terjaga keamanannya – komunitas berdinding yang terdiri dari jalan-jalan perumahan kecil dan termasuk fasilitas bersama – dan dilaporkan menunjukkan tingkat keamanan yang tinggi dan resistensi terhadap gangguan.

Penempatan Blockchain dalam pemungutan suara semakin menarik karena berbagai negara di seluruh dunia telah bereksperimen dengan teknologi ini, terutama bertujuan untuk membawa lebih banyak transparansi dan memperluas partisipasi pemilih. Sebelumnya pada bulan Oktober, dua negara di Amerika Serikat mengumumkan bahwa mereka akan menerapkan pemungutan suara berbasis blockchain dalam pemilihan khusus pada bulan November 2019.

Disisi lain, sebelumnya, raksasa elektronik Taiwan, HTC, telah meluncurkan smartphone Exodus 1s, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan Full Node Bitcoin di ponsel tersebut.Sejalan dengan pengumuman pada Mei 2019, HTC meluncurkan Exodus 1s di Lightning Conference di Berlin pada 19 Oktober dan mulai menjual perangkat pertama selama menggunakan jaringan pembayaran Lightning, kata perusahaan itu dalam siaran pers kepada Cointelegraph.

Exodus 1s yang baru adalah versi berbiaya lebih rendah dari ponsel HTC bertenaga blockchain, Exodus 1, yang baru-baru ini menambahkan dukungan untuk Bitcoin Cash (BCH). Dibandrol € 219 ($ 233), perangkat baru ini tersedia untuk dibeli menggunakan Bitcoin, Ether (ETH), Litecoin (LTC), Binance Coin (BNB) dan Bitcoin Cash, kata perusahaan itu.Selain menampilkan opsi beli, jual, kirim, terima, tukar dan pinjamkan, HTC mengklaim bahwa Exodus 1s adalah smartphone pertama yang mampu menjalankan Full Node BTC.