Bursa Efek Australia Ingin Mengawasi Sistem Perdagangan Blockchain

0
49

Anak perusahaan Australia dari operator pasar Chi-X meminta Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC) untuk menyelidiki kemungkinan dampak teknologi blockchain pada kegiatan perdagangan.

Reuters melaporkan pada 30 Oktober bahwa bursa saham Chi-X Australia khawatir bahwa sistem blockchain baru yang diterapkan oleh Australian Securities Exchange (ASX) – satu-satunya pesaing Chi-X Australia – dapat memberikan keuntungan yang tidak adil.

ASX akan mengganti Sistem Subregister Elektronik Clearing House (CHESS) dengan platform blockchain baru untuk aktivitas registrasi, kliring dan penyelesaiannya. Michael Somes, penasihat umum Chi-X, mengatakan bahwa sistem blockchain akan membuat masalah yang sudah ada menjadi lebih buruk:

“Ada parit besar di sekitar bisnis kliring dan penyelesaian ASX … Dan proyek penggantian CHESS mungkin membuatnya lebih besar.  Akan sangat sulit bagi kompetisi untuk menjembatani parit itu – saya tidak mengatakan itu tidak akan terjadi … tapi itu perlu diatur seolah-olah itu tidak akan terjadi.”

Lebih lanjut Somes menyarankan bahwa harus ada kerangka kerja legislatif yang memungkinkan ACCC untuk melakukan intervensi.

Selain menjadi pesaing tunggal ASX, Chi-X Australia juga merupakan satu-satunya kliennya, yang sepenuhnya bergantung pada ASX untuk layanan kliring, menurut Reuters. Disisi lain, sebelumnya, cryptocurrency seperti Bitcoin bukanlah uang sungguhan, menurut pernyataan yang diterbitkan oleh parlemen federal Jerman pada 28 Oktober.

Menurut pengumuman, aset yang ditawarkan oleh lanskap cryptocurrency saat ini – seperti Bitcoin – hanya menyediakan sebagian fitur yang diharapkan dari uang tradisional. Pernyataan berjudul “token Kripto bukan uang sungguhan” didasarkan pada jawaban yang diberikan oleh pemerintah federal Jerman untuk pertanyaan dari kelompok parlementer Partai Demokrat Bebas.

Jawaban yang diberikan mendefinisikan fitur dasar uang sebagai berikut: pertukaran dan alat pembayaran, penyimpanan nilai, dan unit akun. Pengumuman menunjukkan bahwa volume pembayaran yang dilakukan menggunakan kripto terbatas jika dibandingkan dengan mata uang fiat.